Ini Dia Tanda - Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Oleh : nurul kinanti | Jumat, 25 Mei 2018 | 14:09 WIB



Wartakesehatan.com - Rata-rata tubuh memerlukan air putih sebanyak 8 gelas per hari.

Meski begitu, tidak sedikit orang yang hanya butuh asupan air di bawah 8 gelas tapi tidak sedikit pula yang butuh asupan air di atas 8 gelas per hari.

Kekurangan asupan air putih sangat berbahaya bagi kesehatan. Ada bermacam dampak buruk yang bakal dirasa tubuh ketika ia tidak mendapat asupan air putih cukup. Dan kekurangan asupan air putih ini sendiri sering disebut dengan dehidrasi.

Dilansir dari laman boldsky.com, berikut tanda tubuh yang mengalami dehidrasi:

Haus Berlebih
Aktivitas yang padat tidak jarang akan menguras energi dan asupan cairan dalam tubuh. Inilah yang nantinya membuat kamu merasa haus berat. Haus berat bisa menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan cairan. Ini juga menjadi tanda bahwa tubuh kurang fit

Para ahli mengungkapkan bahwa selain haus berat, berkurangnya nafsu makan menjadi salah satu tanda utama bahwa tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi berat juga sering menyebabkan perut mual, pusing dan perasaan tidak nyaman setiap kali melihat makanan.

Rasa Lelah Berlebih
Pernah merasa sangat lelah, punggung pegal-pegal dan pinggul sakit? Bisa saja ini terjadi karena kamu kekurangan asupan air putih. Tubuh lelah berlebih bisa disebabkan karena kurangnya cairan di dalam tubuh. Rasa lelah yang ada merupakan mekanisme pertahanan diri agar pemiliknya istirahat cukup dan konsumsi air putih cukup juga konsumsi berbagai makanan bernutrisi tinggi.

Tidak Fokus
Para ahli percaya jika ketika tubuh kekurangan cairan, ini berpengaruh besar terhadap kinerja otak. Seseorang yang kekurangan asupan air putih akan rentan terhadap penurunan kinerja otak. Kekurangan air putih juga menyebabkan tidak fokus, gagal paham, emosi tidak stabil hingga sinus dan pusing.

Urin Berwarna Kuning Pekat
Urin yang sehat adalah yang berwarna bening. Jika urin berwarna kuning pekat, ini menandakan tubuh mengalami dehidrasi atau kebutuhan cairan di dalamnya tidak tercukupi dengan baik.

Diare
Kurangnya asupan air putih akan membuat sistem pencernaan tidak bekerja dengan baik. Alhasil, pencernaan akan mengalami berbagai masalah mulai dari kembung, mual, diare hingga susah buang air besar.

Kulit Kering & Kaku
Saat tubuh mengalami dehidrasi, kulit juga akan rentan mengalami masalah. Masalah yang sering terjadi merupakan kulit kering, bersisik, kaku dan pecah-pecah. Untuk dapatkan kulit lembab serta cantik, memakai lotion dari luar saja tidak cukup. Perlu perawatan dari dalam yakni dengan konsumsi air putih cukup juga perbanyak konsumsi sayur dan buah.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
3 hari yang lalu

Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

+Indeks