Sayuran Hijau Baik untuk Kesehatan Otak Anda

Oleh : Dirk/jpnn | Minggu, 12 Mei 2019 | 21:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Semakin hijau warna sayuran, maka makin tinggi pula kandungan nutrisinya. Sayuran hijau sering disebut-sebut sebagai makanan super dengan manfaat kesehatan ajaib mulai dari mencegah kanker hingga menangkal peradangan.

Sayuran seperti bayam, kale dan lobak super ampuh untuk kesehatan otak.

Sebuah studi baru dari University of Illinois menemukan bahwa lutein, pigmen yang ditemukan dalam sayuran berwarna hijau gelap membantu mempertahankan fungsi kognitif dan ketajaman mental usia otak.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers di Aging Neuroscience menambah bobot hipotesis, bahwa seluruh diet makanan nabati mendukung kesehatan otak dan mencegah penurunan kognitif.

Lutein merupakan bagian dari kelompok yang terjadi secara alami pada pigmen tumbuhan yang dikenal sebagai karotenoid.

Kangkung, bayam dan dandelion hijau memiliki kandungan lutein tertinggi dari setiap makanan, tetapi protein ini juga bisa ditemukan dalam kuning telur, rempah-rempah tertentu dan sayuran seperti brokoli, kembang kol dan kubis Brussel.

Setelah sayuran atau makanan tersebut tertelan, lutein terakumulasi di otak, di mana mereka kemungkinan memainkan peran dalam saraf.

Nutrisi yang ditimbun di dalam otak bisa berkontribusi untuk kesehatan otak seumur hidup.

"Sebagai nutrisi saraf, lutein bisa mendukung struktur dan fungsi dalam membran saraf dan akhirnya mendukung fungsi kognitif yang bergantung pada membran saraf," kata penulis utama studi, Marta Zamroziewicz, seperti dilansir laman MSN, Rabu (1/2).

Penelitian yang dipublikasikan tahun lalu juga menemukan bahwa sayuran hijau bisa memperlambat penurunan kognitif, efek yang peneliti kaitkan dengan tingkat tinggi lutein, serta nutrisi vitamin K, folat dan beta-karoten.

"Penelitian ini memberikan bukti yang menunjukkan bahwa nutrisi tertentu mungkin penting untuk memperlambat aspek-aspek tertentu dari penuaan di otak," pungkas Zamroziewicz.




Fokus : Sayuran Hijau


#Kesehatan #Otak #Sayuran
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 6 menit yang lalu

Cara Alami Atasi Perut Kembung

Wartakesehatan.com - Perut kembung adalah kondisi dimana perut terasa kenyang walaupun belum makan, dan biasanya juga..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Banyak Hutang awas Dampaknya bagi Kesehatan!

Wartakesehatan.com - Mungkin besarnya utang sudah selalu dihubungkan dengan efek buruk bagi kesehatan. Beberapa ancaman..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Ketahui, 10 Kategori Mimpi Basah

Wartakesehatan.com - Mimpi basah atau dalam bahasa medis disebut emisi nokturnal adalah peristiwa alami yang dialami pria...
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

5 Manfaat Belimbing bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Belimbing merupakan buah yang berasal dari wilayah negara dengan iklim tropis. Belimbing merupakan..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

5 Tips Mencegah Ganasnya Diabetes

Wartakesehatan.com - Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang sangat tinggi...
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Alasan Mengapa Kita Gampang Kehilangan Energi

Wartakesehatan.com - Banyak diantara kita yang sering kehilangan energi meski masih pagi hari. Biasanya tiba-tiba merasa..
Mamin - 6 jam yang lalu

Waspada, Daging Merah pengaruhi Raut Wajah

Wartakesehatan - Hampir setiap makanan seperti hamburger, steak atau jenis-jenis kuliner berbahan dasar daging sapi atau..
Mamin - 7 jam yang lalu

Ingin Anak Bertumbuh dengan Sehat berikan Makanan Bernutrisi

Wartakesehatan - Anak adalah salah satu pemberian Tuhan yang paling mulia oleh sebab itu kita harus menjaga dan mendidik dengan..
Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

Kenali Gangguan Jantung dan Tanda-tandanya!

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri beberapa orang percaya bahwa serangan jantung adalah penyakit yang menghantui orang tua,..
Tekhnologi - 20 jam yang lalu

Rokok Elektrik Membahayakan Kesehatan Gigi

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rokok elektrik dapat membahayakan kesehatan gigi dan gusi..

+Indeks