Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Oleh : Dirk Christ | Minggu, 12 Mei 2019 | 08:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang.

Banyak sekali manfaat bila kita meluangkan sedikit waktu untuk melakukan ‘ritual’ ini sebelum melakukan aktivitas. Bahkan ada beberapa kebiasaan sarapan yang dapat membantu menyehatkan kulit Anda.

Seperti dikutip dari Boldsky.com, menjelaskan bahwa pola sarapan berpengaruh pada kesehatan kulit Anda. Bila Anda ingin mendapatkan kulit sehat dari sarapan, mulailah mengubahnya dengan membiasakan sarapan sehat, seperti di bawah ini:

1. Minum air putih
Sekitar 90 persen orang cenderung minum kafein setelah mereka bangun pagi. Bila ingin memiliki kulit sehat, sebaiknya hindari kebiasaan ini. Sebab kafein justru akan membuat kulit Anda kering.

Sebenarnya sah saja meminumnya, namun sebaiknya sebelum menyeruput kopi atau teh di pagi hari, Anda harus mendahuluinya dengan minum air putih. Hal ini untuk menghindari pengaruh pada kulit secara langsung.

Namun membiasakan diri meminum air putih akan memberikan dampak baik untuk tubuh terutama kulit, daripada meminum kopi.

2. Cuka sari apel
Cuka sari apel merupakan bahan ‘ajaib’ yang memiliki banyak manfaat, tak hanya untuk tubuh tapi juga bagi kulit dan rambut. Campurkan 1-2 sendok cuka sari apel dengan segelas air hangat dan minumlah setiap pagi. Cuka sari apel ini juga sering digunakan untuk mengobati perut kembung. Kandungan enzim di dalamnya juga membantu memecah karbohidrat kompleks dan lemak dalam tubuh.

3. Hindari mengkonsumsi karbohidrat tinggi 
Pastikan Anda menghindari makanan berkarbohidrat tinggi, sebab di dalamnya terdapat banyak kandungan gula.

Pada biskuit dan kue yang mengandung gula ini memicu insulin dalam tubuh, sehingga merusak kapasitas tubuh dalam memproduksi kolagen. Orang yang terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat tinggi indeks glikemik akan membuat kulit kering dan menyebabkan munculnya kerutan pada wajah.

4. Tambahkan zinc (zat seng)
Zinc merupakan salah satu unsur penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat ini membantu kelenjar tubuh untuk meningkatkan produksi minyak, yang menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi. Mengonsumsi zinc dengan jumlah yang tepat dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak dan menjaga kulit kenyal dan lembut.

5. Asam lemak omega 3
Asam lemak omega 3 merupakan kandungan penting yang diperlukan oleh tubuh untuk mendapatkan kulit dan rambut yang sehat. Lemak baik ini mendorong tubuh untuk memproduksi senyawa anti-inflamasi yang baik bagi kesehatan kulit. Untuk mendapatkan asupan ini, Anda bisa menambahkan biji rami dan ikan saat sarapan.

6. Stop makan junk food
Tidak bisa dipungkiri, banyak orang yang terburu-buru. Mereka ingin mencari sarapan yang praktis dan menghemat waktu, junk food lah solusinya. Tapi sebaiknya kebiasaan ini perlu dihindari, karena makanan cepat saji ini tidak memberikan energi, justru menambah lemak dalam tubuh. Terlalu sering sarapan dengan makanan cepat saji, bisa menyebabkan tanda-tanda penuaan dini pada wajah.

7. Jus kemasan
Meskipun sehat, namun jus kemasan ini hanyalah terbuat dari ekstrak buah-buahan. Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi kandungan gula yang tinggi pada saat sarapan. Kandungan gula pada jus buatan ini tergolong tinggi, yang bila dikonsumsi terus-menerus akan memicu kenaikan insulin dan tumbuhnya jerawat




Fokus : Sarapan


#Sehat #Kulit
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 3 menit yang lalu

Waspada, Stres Pengaruhi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata stres berkaitan dengan mengalami serangan jantung, hal ini ditemukan oleh..
Mamin - 11 jam yang lalu

Makanan Terbaik untuk Program Diet Anda

Wartakesehatan.com - Saat memilih jenis makanan, anda harus memilih makanan yang terutama mengandung serat lebih banyak,..
Obat & Penyakit - 12 jam yang lalu

Obati Batuk dan Flu dengan Kunyit

Wartakesehatan - Musim hujan yang datang tak menentu sering membawa bakteri dan virus yang bisa membuat kita mengalami..
Mamin - 13 jam yang lalu

Makanan Cepat Saji bisa Merusak Hormon

Wartakesehatan - Bila Anda ingin sehat, sebaiknya lupakan kesukaan mengonsumsi makanan cepat saji atau fast..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Konsumsi Buah Naga

Wartakesehatan.com - Buah naga termasuk dalam tanaman kaktus-kaktusan. Buah naga ada yang berwarna merah dan ada yang..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Menangis Membuang Racun Pada Tubuh

Wartakesehatan.com - Air mata yang menetes berasal dari kelenjar lakrimal atau saluran air mata. Tak hanya untuk meluapkan..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Tidur Siang bisa Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

4 Asupan Sehat Ini Ternyata picu Ngantuk Siang Hari

Wartakesehatan - Untuk membangkitkan semangat tubuh, mungkin kita bisa memanfaatkan khasiat dengan mengkonsumsi beberapa..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Mulai Memasuki Masa Menopause, Ini Ciri-cirinya

Wartakesehatan.com - Menurut penelitian, wanita yang akan memasuki masa menopause akan dimulai dengan tanda terjadinya:-..
Ibu & Anak - 20 jam yang lalu

Alasan Ilmiah Ibu Hamil Dilarang Merokok

Wartakesehatan.com - Wanita hamil dilarang konsumsi jamu, tidak boleh olahraga terlalu berat, tidak boleh terlalu capek dan..

+Indeks