Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Oleh : Dirk Christ | Minggu, 12 Mei 2019 | 08:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang.

Banyak sekali manfaat bila kita meluangkan sedikit waktu untuk melakukan ‘ritual’ ini sebelum melakukan aktivitas. Bahkan ada beberapa kebiasaan sarapan yang dapat membantu menyehatkan kulit Anda.

Seperti dikutip dari Boldsky.com, menjelaskan bahwa pola sarapan berpengaruh pada kesehatan kulit Anda. Bila Anda ingin mendapatkan kulit sehat dari sarapan, mulailah mengubahnya dengan membiasakan sarapan sehat, seperti di bawah ini:

1. Minum air putih
Sekitar 90 persen orang cenderung minum kafein setelah mereka bangun pagi. Bila ingin memiliki kulit sehat, sebaiknya hindari kebiasaan ini. Sebab kafein justru akan membuat kulit Anda kering.

Sebenarnya sah saja meminumnya, namun sebaiknya sebelum menyeruput kopi atau teh di pagi hari, Anda harus mendahuluinya dengan minum air putih. Hal ini untuk menghindari pengaruh pada kulit secara langsung.

Namun membiasakan diri meminum air putih akan memberikan dampak baik untuk tubuh terutama kulit, daripada meminum kopi.

2. Cuka sari apel
Cuka sari apel merupakan bahan ‘ajaib’ yang memiliki banyak manfaat, tak hanya untuk tubuh tapi juga bagi kulit dan rambut. Campurkan 1-2 sendok cuka sari apel dengan segelas air hangat dan minumlah setiap pagi. Cuka sari apel ini juga sering digunakan untuk mengobati perut kembung. Kandungan enzim di dalamnya juga membantu memecah karbohidrat kompleks dan lemak dalam tubuh.

3. Hindari mengkonsumsi karbohidrat tinggi 
Pastikan Anda menghindari makanan berkarbohidrat tinggi, sebab di dalamnya terdapat banyak kandungan gula.

Pada biskuit dan kue yang mengandung gula ini memicu insulin dalam tubuh, sehingga merusak kapasitas tubuh dalam memproduksi kolagen. Orang yang terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat tinggi indeks glikemik akan membuat kulit kering dan menyebabkan munculnya kerutan pada wajah.

4. Tambahkan zinc (zat seng)
Zinc merupakan salah satu unsur penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat ini membantu kelenjar tubuh untuk meningkatkan produksi minyak, yang menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi. Mengonsumsi zinc dengan jumlah yang tepat dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak dan menjaga kulit kenyal dan lembut.

5. Asam lemak omega 3
Asam lemak omega 3 merupakan kandungan penting yang diperlukan oleh tubuh untuk mendapatkan kulit dan rambut yang sehat. Lemak baik ini mendorong tubuh untuk memproduksi senyawa anti-inflamasi yang baik bagi kesehatan kulit. Untuk mendapatkan asupan ini, Anda bisa menambahkan biji rami dan ikan saat sarapan.

6. Stop makan junk food
Tidak bisa dipungkiri, banyak orang yang terburu-buru. Mereka ingin mencari sarapan yang praktis dan menghemat waktu, junk food lah solusinya. Tapi sebaiknya kebiasaan ini perlu dihindari, karena makanan cepat saji ini tidak memberikan energi, justru menambah lemak dalam tubuh. Terlalu sering sarapan dengan makanan cepat saji, bisa menyebabkan tanda-tanda penuaan dini pada wajah.

7. Jus kemasan
Meskipun sehat, namun jus kemasan ini hanyalah terbuat dari ekstrak buah-buahan. Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi kandungan gula yang tinggi pada saat sarapan. Kandungan gula pada jus buatan ini tergolong tinggi, yang bila dikonsumsi terus-menerus akan memicu kenaikan insulin dan tumbuhnya jerawat




Fokus : Sarapan


#Sehat #Kulit
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Tips Sehat Jaga dan Turunkan Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Tingginya kadar kolesterol dalam aliran darah dapat memblokir pembuluh darah dan meningkatkan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Cara Sehat Agar Tidur Nyenyak

Wartakesehatan.com - Bagi sebagian orang tidur tak semudah yang dibayangkan. Ada kalanya, sudah 10 menit, 20 menit, bahkan..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Menangis Memiliki 5 Manfaat Kesehatan

Wartakesehatan.com - Sering menangis tidaklah selalu identik dengan cengeng, memiliki mental lemah dan..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Air Dingin dan Air Hangat

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa ahli gizi, air hangat bermanfaat dalam memudahkan proses pencernaan, sementara air dingin..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Makan Kulit Ayam Goreng untuk Buka Puasa? Sehat atau Ngga

Wartakesehatan.com - Meski rasanya sangat enak, sebetulnya sehat atau tidak makan kulit ayam goreng untuk buka puasa? Dikutip..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Konsumsi Yoghurt Dapat Meredakan nyeri PMS

Wartakesehatan.com - Kandungan probiotiknya memberi keuntungan bagi kesehatan pencernaan, begitu juga dengan kalsium dan..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Inilah Manfaat Angkat Beban Bagi Otak

Wartakesehatan.com - Studi terbaru menunjukkan bahwa salah satu latihan yang paling bermanfaat yang dapat dilakukan untuk..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Cara Mudik Sehat Bagi Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Mudik membutuhkan waktu yang tidak sebentar, maka itu membutuhkan kondisi fisik dan mental ibu hamil yang..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Buah Sehat yang Bisa Dikonsumsi Di Bulan Ramadhan

Wartakesehatan.com - Sering kali, karena kesalahan pola makan, perut kita justru membuncit dan ekstra lemak muncul menjelang..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Jaga Kesehatan Gigi Agar Terlihat Putih Sehat

Wartakesehatan.com -  Dengan gigi yang putih dan bersih ini tentunya akan menambah rasa percaya diri. Munculnya tren..

+Indeks