Konsumsi Jengkol bisa atasi Sembelit dan Cegah Diabetes

Oleh : Dirk/MP | Senin, 20 Mei 2019 | 09:10 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Olahan jengkol banyak disukai orang Indonesia. Makanan ini seperti dibenci dan dirindukan. Dibenci karena memiliki bau yang juga populer, dan dirindukan karena memiliki rasa khas yang menggugah selera.

Jengkol atau dalam bahasa latin Archidendron pauciflorum merupkan tumbuhan khas wilayah Asia Tenggara. Di berbagai daerah di Indonesia banyak terdapat pohon jengkol. Pohonnya besar dan biasa dijadikan bahan kayu pada bangunan. Di kota-kota besar, jengkol dijual di pasar-pasar tradisional dan dengan harga yang menggiurkan.

Di Indonesia, jengkol sudah seperti saudara kandung petai atau pete. Keduanya memiliki bau khas, terutama berpengaruh terhadap bau urin, tapi rasanya jangan ditanya. Jengkol punya kelebihan lain, pengolahannya lebih beragam dan semakin membuat jengkolers makin cinta.

Kalau MP Friends gemar makan jengkol, jangan hanya makan tanpa tahu apa khasiatnya. Berikut merahputih.com sajikan 10 manfaat mengonsumsi jengkol bagi kesehatan, diolah dari berbagai sumber.

1. Mencegah diabetes

Mengonsumsi jengkol dalam jumlah berlebihan memang tak baik bagi kesehatan. Jadi, mengonsumsi jengkol sebagai bahan makanan bisa dilakukan dengan normal untuk mendapatkan khasiat yang terkandung di dalamnya.

Salah satu manfaat mengonsumsi jengkol yaitu mencegah diabetes. Zat dalam jengkol dapat menurunkan kadar gula darah dengan cepat.

2. Bermanfaat untuk kesehatan jantung

Kandungan antioksidan dalam jengkol dapat berdampak positif bagi kesehatan jantung. Racun dalam tubuh akan sulit masuk ke dalam pembuluh karena zat-zat antioksidan dalam jengkol ini.

Jengkol juga bermanfaat untuk mencegah penghambatan di pembuluh darah sehingga jantung dapat berfungsi dengan baik.

3. Manfaat kesehatan bagi ibu hamil

Jengkol dapat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Hal itu salah satunya karena jengkol memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat mencegah sembelit pada ibu hamil.

Selain kandungan serat itu, jengkol juga memiliki kandungan kalsium tinggi yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang pada janin menjadi lebih kuat.

4. Mencegah anemia

Jengkol mengandung zat besi yang baik untuk mencegah kekurangan produksi sel darah merah. Kekurangan zat besi dalam tubuh akan berakibat juga terhadap produksi sel darah merah.

Seperti diketahui, anemia merupakan gangguan kesehatan berkurangnya jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin dalam darah. Kekurangan zat besi atau terkena anemia berakibat pada tubuh yang lemah atau tidak bersemangat.

5. Mencegah tulang keropos

Mengonsumsi jengkol dapat membantu pencegahan tulang keropos atau osteoporosis. Hal itu berarti juga memperkuat tulang maupun gigi.

Kandungan kalisum dan fosforlah yang membuat jengkol baik untuk tulang dan gigi.

6. Baik bagi wanita yang sedang haid

Manfaat langsung jengkol bagi wanita yang sedang haid atau menstruasi hampir sama dengan poin 4, yaitu mencegah anemia. Wanita yang sedang menstruasi sangat baik mengonsumsi jengkol dalam jumlah cukup.

Wanita yang sedang menstruasi berarti secara umum berkurangnya zat besi darah. Kekurangan zat besi saat menstruasi berakibat pada tubuh yang lemah atau tidak bersemangat. Maka dengan mengonsumsi jengkol sangat baik karena zat besi yang terkandung di dalamnya.

7. Membantu mengatasi sembelit

Kesehatan tubuh sangat berhubungan dengan kelancaran pencernaan.

Bagi yang ingin menurunkan berat badan, mengonsumsi jengkol sangat baik. Jengkol memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga dapat melancarkan buang air besar (BAB).

8. Pembantukan jaringan tubuh

Jengkol memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Protein dapat membantu pembentukan jaringan dalam tubuh.

Penelitian menyebutkan jengkol bahkan memiliki kandungan protein jauh lebih banyak dibandingkan dengan kandungan protein pada kacang hijau dan kedelai.

9. Jengkol dapat membasmi radikal bebas

Jengkol memiliki beberapa kandungan vitamin seperti seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C.

Vitamin A dapat menjaga kesehatan mata. Vitamin A dan vitamin C juga bermanfaat sebagai antioksidan. Antioksidan ini dikenal sebagai zat kuat untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker

10. Mencegah cacat pada bayi

Kita sebelumnya membahas bahwa mengonsumsi jengkol sangat baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Lebih spesifik, jengkol dapat mencegah kecacatan pada bayi.

Manfaat jengkol bayi bayi karena kandungan asam folat. Asaf folat ini dapat mencegah cacat bawaan pada bayi.

Jengkol memang makanan desa yang populer di Indonesia. Rasanya yang khas juga dibarengi dengan khasiatnya yang segudang. Namun demikian, mengonsumsi jengkol secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Bagi jengkolers, tetap harus ingat bahwa setiap yang berlebihan tidak baik.

Salah satu yang tidak disukai dari jengkol karena baunya, terutama jengkol berpengaruh terhadap bau urin menjadi sangat menyengat. 

 



Fokus : Jengkol


#Diabetes #Sembelit
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Seks - 5 jam yang lalu

Ereksi 3-5 kali Semalam Menandakan Kesehatan Pria

Wartakesehatan.com - Seorang Profesor dan Direktur dari Divisi Urologi di Southern Illinois University School of Medicine,..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Konsumsi Pare Menyembuhkan Gangguan Pernafasan

Wartakesehatan.com - Ternyata pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Dampak Buruk Minum Teh Setelah Makan

Wartakesehatan.com - Tahukah kalian kalau ternyata minum teh setelah makan punya dampak buruk bagi tubuh? Dikutip..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Dampak Tak Terduga Dari Diabetes

Wartakesehatan.com - Menurut Osama Hamdy Direktur Inpatient Diabetes Program at the Joslin Diabetes Center, Boston,..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Buah Srikaya Ampuh Turunkan Kolesterol Jahat

Wartakesehatan.com - Buah srikaya cukup mudah ditemui dimanapun. Di toko buah atau pun di pasar. Buah srikaya memiliki daging..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Konsumsi Cokelat Meningkatkan Sirkulasi Darah

Wartakesehatan.com - Bagi mereka yang takut gemuk sering kali menghindari coklat. Karena kandungan lemak yang..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

6 Manfaat Terong yang Perlu Anda Tahu

Wartakesehatan.com - Terong mempunyai banyak jenis mulai dari terong ungu, belanda dan juga terong bulat dan masih..
Mamin - 12 jam yang lalu

Bahaya !! Makanan Sehat Ternyata Mengandung Racun

Wartakesehatan.com - Ini dia lima makanan yang dianggap sehat, namun ternyata mengandung racun berbahaya, seperti dilansir..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

6 Manfaat Sehat Buah Pir

Wartakesehatan.com - Buah Pir merupakan buah yang memiliki rasa buah yang manis keasaman yang menjadikannya sangat segar..
14 jam yang lalu

Bayam Efektif Mengurangi Kembung

Waartakesehatan.com - Makanan sehat merupakan kunci untuk menjaga tubuh tetap sehat dan mendapatkan berat badan ideal,..

+Indeks