Bengkoang Baik untuk Diet Diabetes

Oleh : nurul kinanti | Jumat, 14 September 2018 | 20:14 WIB



Wartakesehatan.com- Buah-buahan memang merupakan bahan pangan yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Salah satunya adalah bengkoang. Jenis buah-buahan ini sudah dikenal sejak dulu sebagai salah satu bahan alami yang berkhasiat bagi kecantikan kulit. 

Buah berbentuk umbi ini biasanya dinikmati sebagai rujak, asinan dan manisan. Selain baik bagi kecantikan kulit, bengkoang juga mempunyai manfaat lain untuk kesehatan tubuh lho!

Nggak percaya? Berikut 5 manfaat bengkoang bagi kesehatan tubuh yang dirangkum brilio.net dari hellosehat.com :
1. Mengatasi masalah pencernaan.

Salah satu kandungan pada bengkoang adalah serat makanan. Kandungan ini nyatanya baik untuk membantu proses pencernaan tubuh. Dengan adanya serat pada bengkoang, tentunya bengkoang akan berdampak baik untuk mengatasi sembelit, perut kembung, diare, hingga gangguan pencernaan lainnya. 

2. Meningkatkan sistem imun tubuh

Dalam julmah 100 gram buang bengkoang, sudah terkandung 40% kebutuhan dosis vitamin C harian di dalam tubuh. Seperti yang diketahui, asupan vitamin C dalam tubuh mempunyai peranan penting dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu,, vitamin C yang terkandung dalam bengkoang mengandung zat antioksidan alami yang mampu memerangi radikal bebas hasil polusi. 

3. Baik bagi kesehatan tulang.

Bengkoang juga kaya akan mineral penting untuk tubuh. Mineral tersebut meliputi kandungan magnesium, zat tembaga dan zat besi. Mineral tidak hanya berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang tubuh saja, namun juga bermanfaat untuk menyembuhkan dan memicu pertumbuhan tulang baru yang rusak. 

4. Baik untuk kesehatan otak.

Vitamin B6 atau piridoksin yang terdapat pada bengkoang memiliki khasiat untuk mengembangkan kemampuan kognitif dan fungsi otak lainnya. Tak hanay itu saja, vitamin B6 juga berperan baik untuk mengubah asam protein menjadi asam amino yang digunakan tubuh untuk membantu memperbaiki proses metabolisme dan kerja organ tubuh. 

5. Baik untuk diet diabetes

Tidak hanya kandungan seratnya saja yang tinggi, bengkoang juga mengandung kadar glukosa rendah yang baik untuk diet bagi penderita diabetes. Kadar oligofruktosa inulin dalam bengkoang adalah sejenis karbohidrat yang sulit dicerna tubuh. Jadi, tidak perlu mengkhawatirkan tentang kadar gula darah dalam tubuh yang naik saat mengonsumsi bengkoang dalam jumlah banyak. 




#Bengkoang
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
3 hari yang lalu

Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

+Indeks