Burukkah Air Dingin Untuk Kesehatan Tubuh

Oleh : nurul kinanti | Minggu, 16 September 2018 | 07:12 WIB



BACA JUGA :

    Wartakesehatan.com- Menurut ilmu kedokteran, minum air dingin membuat perut Anda kenyang, sehingga lebih sulit mencerna makanan setelah makan. 

     

    Para ahli merasa bahwa tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu normalnya 98,6 °F, ketika Anda meminum air dingin yang kurang dari 36°F (4 derajat celcius). Suplai darah dialihkan dari organ pencernaan untuk mempertahankan suhu ini, sehingga mengganggu proses.

     

    Menurut Ayurveda (ilmu pengobatan kuno India) seperti yang dilansir melalui Times of India, minum air dingin dapat mengganggu fungsi normal dari cairan lambung.  Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2001, minum air dingin dapat menyebabkan migrain pada banyak orang. 

     

    Konsumsi air dingin secara teratur juga menyebabkan kerongkongan membatasi untuk mengkonsumsi makanan. Juga, menurut pengobatan Cina kuno, minum air dingin dengan makanan panas dianggap sebagai ketidakseimbangan yang mengganggu seluruh sistem pencernaan.

     

    Meskipun begitu dipercaya bahwa minum air selama latihan membantu mengontrol pemanasan berlebih dari tubuh dan membuat sesi latihan lebih berhasil. Menurut ahli kebugaran, ini terjadi karena air dingin membantu mempertahankan suhu inti yang lebih rendah.

     

    Diyakini bahwa meminum air dingin membantu menurunkan beberapa kalori, karena mendorong tubuh untuk bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu intinya. Air (dingin atau normal) selalu dianggap baik untuk tubuh dibandingkan dengan minuman dan jus bergula.

     

    Akan tetapi air dingin membuat Anda merasa haus dengan mudah. Sedangkan air hangat membuat Anda kurang haus. Jadi air dingin  bisa berbahaya bagi tubuh karena menyebabkan dehidrasi

     

    Menurut sebuah penelitian, air dingin juga menurunkan detak jantung. Ini merangsang saraf kranial kesepuluh, saraf vagus yang merupakan bagian dari sistem saraf dan bermeditasi menurunkan denyut jantung.

     

    Oleh karena itu penting untuk memutuskan apakah Anda minum air dingin, panas, hangat atau normal, itu semua tergantung pada struktur tubuh internal Anda. Penting untuk minum air hangat setelah makan besar. Tetapi minum air dingin selama latihan bisa dilakukan.




    Kontak Informasi Wartakesehatan
    PT. SIBER MEDIA ABADI

    Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
    Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
    Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

    Baca Juga

      Komentar






      Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

      Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

      Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
      2 bulan yang lalu

      Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

      Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
      Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

      Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

      Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
      Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

      Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

      Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
      Warta Sehat - 3 bulan yang lalu

      Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

      Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
      Warta Sehat - 3 bulan yang lalu

      Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

      Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
      Warta Sehat - 3 bulan yang lalu

      Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

      Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
      Warta Sehat - 3 bulan yang lalu

      Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

      Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
      Warta Sehat - 3 bulan yang lalu

      Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

      Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
      Warta Sehat - 3 bulan yang lalu

      Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

      Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

      +Indeks