Burukkah Air Dingin Untuk Kesehatan Tubuh

Oleh : nurul kinanti | Minggu, 16 September 2018 | 07:12 WIB



Wartakesehatan.com- Menurut ilmu kedokteran, minum air dingin membuat perut Anda kenyang, sehingga lebih sulit mencerna makanan setelah makan. 

 

Para ahli merasa bahwa tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu normalnya 98,6 °F, ketika Anda meminum air dingin yang kurang dari 36°F (4 derajat celcius). Suplai darah dialihkan dari organ pencernaan untuk mempertahankan suhu ini, sehingga mengganggu proses.

 

Menurut Ayurveda (ilmu pengobatan kuno India) seperti yang dilansir melalui Times of India, minum air dingin dapat mengganggu fungsi normal dari cairan lambung.  Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2001, minum air dingin dapat menyebabkan migrain pada banyak orang. 

 

Konsumsi air dingin secara teratur juga menyebabkan kerongkongan membatasi untuk mengkonsumsi makanan. Juga, menurut pengobatan Cina kuno, minum air dingin dengan makanan panas dianggap sebagai ketidakseimbangan yang mengganggu seluruh sistem pencernaan.

 

Meskipun begitu dipercaya bahwa minum air selama latihan membantu mengontrol pemanasan berlebih dari tubuh dan membuat sesi latihan lebih berhasil. Menurut ahli kebugaran, ini terjadi karena air dingin membantu mempertahankan suhu inti yang lebih rendah.

 

Diyakini bahwa meminum air dingin membantu menurunkan beberapa kalori, karena mendorong tubuh untuk bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu intinya. Air (dingin atau normal) selalu dianggap baik untuk tubuh dibandingkan dengan minuman dan jus bergula.

 

Akan tetapi air dingin membuat Anda merasa haus dengan mudah. Sedangkan air hangat membuat Anda kurang haus. Jadi air dingin  bisa berbahaya bagi tubuh karena menyebabkan dehidrasi

 

Menurut sebuah penelitian, air dingin juga menurunkan detak jantung. Ini merangsang saraf kranial kesepuluh, saraf vagus yang merupakan bagian dari sistem saraf dan bermeditasi menurunkan denyut jantung.

 

Oleh karena itu penting untuk memutuskan apakah Anda minum air dingin, panas, hangat atau normal, itu semua tergantung pada struktur tubuh internal Anda. Penting untuk minum air hangat setelah makan besar. Tetapi minum air dingin selama latihan bisa dilakukan.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Herbal - 20 menit yang lalu

Keputihan juga dapat diatasi dengan Rempah

Wartakesehatan.com - Keputihan bisa menimpa setiap wanita dan merupakan masalah yang cukup memusingkan bagi banyak kaum..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

5 Buah Segar ini dapat Membersihkan Usus

Wartakesehatan.com - Usus manusia sangat membutuhkan asupan buah-buahan kaya serat. Karena itu merupakan salah satu..
Herbal - 2 jam yang lalu

Manfaat Sehat dari Lengkuas

Wartakesehatan.com - Lengkuas masuk dalam keluarga jahe, dan mudah ditemukan di kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia,..
Mamin - 3 jam yang lalu

4 Cara Baik untuk Tahan Rasa Lapar

Wartakesehatan.com - Cara ampuh mengatasi rasa lapar yakni dengan makan. Padahal makan terus menerus untuk sebagian besar..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

Awas, Patah Hati Kini Jadi Penyakit

Wartakesehatan.com - hati kadang muncul karena adanya masalah dalam hubungan percintaan seseorang. Ternyata patah..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

Keetahui Mitos tentang Obesitas

Wartakesehatan.com - Obesitas adalah penumpukan lemak yang berlebihan, berbeda dengan overweight (kelebihan berat badan)...
6 jam yang lalu

Ingin Anak Gemuk Coba Konsumsi 4 Makanan ini

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri disaat banyak anak lain mengalami obesitas, malah ada beberapa anak yang tipenya susah..
Obat & Penyakit - 7 jam yang lalu

Kanker Payudara Harus Dicegah Sejak Dini

Wartakesehatan - Di Indonesia sendiri kanker payudara menduduki peringkat 2 terbanyak setelah kanker rahim. Mayoritas kanker..
Mamin - 8 jam yang lalu

Minum Teh Jahe bisa Cegah Kenaikan Berat Badan

Wartakesehatan - Air jahe mungkin bagi sebagian orang adalah minuman favorit saat sedang merasa tidak enak badan. Selain itu..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

Kenali, 5 Manfaat Daun Pandan

Wartakesehtan.com - Daun pandan biasa nya di jadikan pewangi atau pewarna makanan untuk makanan ataupun minuman. Pandan..

+Indeks