Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

Oleh : nurul kinanti | Minggu, 16 September 2018 | 11:01 WIB



Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan lebih sebentar dan beberapa lainnya akan lebih lama.

Mengenai haid, ketika darah haid jumlahnya sangat banyak dan tak kunjung berhenti selama berhari-hari, tentunya hal ini akan memunculkan rasa khawatir dalam diri. Khawatir jika ada sesuatu yang salah dalam tubuh khususnya pada rahim maupun sekitarnya. Tapi nih ya, selain darah haid yang sangat banyak dan tak kunjung berhenti, darah haid yang sangat sedikit juga perlu diwaspadai. 

Melansir dari laman boldsky.com, darah haid yang sedikit bisa jadi disebabkan oleh pola hidup yang tak sehat, stres berat maupun penggunaan alat kontrasepsi seperti pil KB. Hanya saja, perlu kita tahu bahwa dalam beberapa kasus, darah haid yang sedikit dan sering terjadi, ini bisa jadi sebagai risiko gejala penyakit tertentu. 

Biasanya, wanita normal dan sehat akan mengeluarkan darah haid sebanyak 30 ml sampai 50 ml setiap periode haid. Tapi, jika dalam satu periode haid seorang wanita mengeluarkan darah kurang dari 30 ml, ini bisa jadi sebagai kondisi Hypomenorrhea. 

Seseorang yang mangalami Hypomenorrha memperlihatkan gejala antara lain darah haid sangat sedikit, tidak haid selama 2 sampai 3 bulan berturut-turut, enemia, letih dan lesu berlebihan, nyeri sendi, infertilitas, hilangnya gairah seksual, pertumbuhan rambut yang berlebihan dan adanya penimbunan berlebih cairan dalam tubuh terutama di panggul serta pergelangan kaki. 

Adapun penyebab dari Hypomenorrha adalah ketidakseimbangan hormon, stres akut, penurunan berat badan secara drastis, lapisan uterus tipis, hipertiroidisme, mendekati menopause, konsumsi pil KB atau obat sejenis, sindrom ovarium polikistik (PCOS), kurang gizi (malnutrisi) dan adanya risiko penyakit ginjal. 

Saat darah haid kamu terlalu sedikit, usahakan untuk memperbaiki pola hidup sehat. Jika darah haid tetap sedikit meski sudah menjalani hidup sehat, jangan segan untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan kamu di dokter terkait. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semakin waspada dengan kesehatan kita. 




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 9 jam yang lalu

4 Jenis Insomnia yang Perlu Diketahui

Wartakesehatan - Dokter dari Klinik Gangguan Tidur Rumah Sakit Umum Pusat Dr Sardjito, Yogyakarta, Astuti,..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Menguap Teryata Miliki Manfaat Kesehatan

Wartakesehatan.com - Menguap adalah indikasi dari perasaan bosan, lelah dan juga mengantuk. Sadar atau tidak, saat kita..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

4 Hal Ini Bantu Menghilangkan Stres

Wartakesehatan.com - Stres seringkali sulit untuk dihindari ya ladies. Tapi masak iya mau menghabiskan hidup hanya untuk..
Seks - 13 jam yang lalu

Pentingnya Mengetahui Kesehatan Vagina

Wartakesehatan.com - Vagina yang terletak di bawah area pinggul ini tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus sehingga..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Minum Cokelat Panas Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidak hanya membuat Anda hangat sepanjang musim dingin, cokelat panas ini juga dapat meningkatkan..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Sebatang Rokok Sehari Tingkatkan Kematian

Wartakesehatan.com -  Studi belum lama ini menemukan, satu batang rokok sehari dapat meningkatkan risiko kematian..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Nanas bisa bikin Gigi Putih Alami

Wartakesehatan.com - Gigi putih bisa menjadi satu tanda kesehatan gigi dan mulut yang terjaga. Dengan gigi yang putih,..
Mamin - 17 jam yang lalu

Makan Ikan Lele Beri Manfaat Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Ikan lele sekarang merupakan jenis ikan air tawar yang sering banyak Anda jumpai di pasar. Sebab Ikan..
Ibu & Anak - 18 jam yang lalu

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Mitos hamil mengatakan bahwa ibu hamil ketika makan adalah untuk dua orang, jadi kapasitas dan..
Mamin - 19 jam yang lalu

Makanan Ini Bantu Cegah Serangan Jantung

Wartakesehatan.com - Salah satu penyebab umum serangan jantung adalah pembuluh arteri yang tersumbat. Seperti yang dikutip..

+Indeks