Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

Oleh : nurul kinanti | Minggu, 16 September 2018 | 11:01 WIB



Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan lebih sebentar dan beberapa lainnya akan lebih lama.

Mengenai haid, ketika darah haid jumlahnya sangat banyak dan tak kunjung berhenti selama berhari-hari, tentunya hal ini akan memunculkan rasa khawatir dalam diri. Khawatir jika ada sesuatu yang salah dalam tubuh khususnya pada rahim maupun sekitarnya. Tapi nih ya, selain darah haid yang sangat banyak dan tak kunjung berhenti, darah haid yang sangat sedikit juga perlu diwaspadai. 

Melansir dari laman boldsky.com, darah haid yang sedikit bisa jadi disebabkan oleh pola hidup yang tak sehat, stres berat maupun penggunaan alat kontrasepsi seperti pil KB. Hanya saja, perlu kita tahu bahwa dalam beberapa kasus, darah haid yang sedikit dan sering terjadi, ini bisa jadi sebagai risiko gejala penyakit tertentu. 

Biasanya, wanita normal dan sehat akan mengeluarkan darah haid sebanyak 30 ml sampai 50 ml setiap periode haid. Tapi, jika dalam satu periode haid seorang wanita mengeluarkan darah kurang dari 30 ml, ini bisa jadi sebagai kondisi Hypomenorrhea. 

Seseorang yang mangalami Hypomenorrha memperlihatkan gejala antara lain darah haid sangat sedikit, tidak haid selama 2 sampai 3 bulan berturut-turut, enemia, letih dan lesu berlebihan, nyeri sendi, infertilitas, hilangnya gairah seksual, pertumbuhan rambut yang berlebihan dan adanya penimbunan berlebih cairan dalam tubuh terutama di panggul serta pergelangan kaki. 

Adapun penyebab dari Hypomenorrha adalah ketidakseimbangan hormon, stres akut, penurunan berat badan secara drastis, lapisan uterus tipis, hipertiroidisme, mendekati menopause, konsumsi pil KB atau obat sejenis, sindrom ovarium polikistik (PCOS), kurang gizi (malnutrisi) dan adanya risiko penyakit ginjal. 

Saat darah haid kamu terlalu sedikit, usahakan untuk memperbaiki pola hidup sehat. Jika darah haid tetap sedikit meski sudah menjalani hidup sehat, jangan segan untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan kamu di dokter terkait. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semakin waspada dengan kesehatan kita. 




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 53 menit yang lalu

Teknik Pernapasan yang Benar Merilekskan Pikiran Anda

 tahulah Anda jika bernapas bukan hanya sekadar untuk bertahan hidup tetapi juga memberikan manfaat lain untuk..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Yoga Sangat Baik untuk Kesehatan Mental Anda

Wartakesehatan.com - Yoga merupakan salah satu latihan yang terkenal. Manfaatnya sangat banyak untuk  kesehatan, terutama..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Efek Buruk Begadang Bagi Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com - Banyak tugas kantor daan tugas kampus sering kali membuat seseorang begadang agar semuanya..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Apakah Gula Aren Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes?

Wartakesehatan.com - Tak hanya gula pasir, kita bisa menemui gula pasir, gula merah, atau bahkan sirup. Jika biasanya gula..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Biji Adas Mengurangi Kadar Lemak dalam Tubuh

Wartakesehatan.com - Biji adas juga banyak dijumpai di Indonesia. Khususnya masyarakat Pattae, tak jarang dari mereka..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Srikaya Menajaga Kesehatan Kulit Anda

Wartakesehatan.com - Buah Srikaya dikenal dengan nama ilmiah Annona reticulata, buah tropis ini berasal dari dataran..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Manfaat Minum Air Rebusan Pisang dan Kulitnya?

Wartakesehatan.com - Ternyata tak hanya buahnya, kulitnya yang selama ini dibuang juga punya manfaat untuk kesehatan. Bagaimana..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Susu Kambing Lebih Baik untuk Tubuh, Benarkah ?

Wartakesehatan.com - Dibanding susu kambing, susu sapi memang lebih populer. Pasalnya, di pasaran Anda akan lebih mudah..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Tips Sehat Menghindari Diet Yoyo

Wartakesehatan.com - Diet yoyo adalah kondisi di mana setelah seseorang sukses menurunkan berat badannya, setelah..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Lada Putih Mencegah Kanker dan Memperkuat Tulang

Wartakesehatan.com - Merica atau lada putih memiliki rasa yang berbeda dari lada hitam yakni lebih panas ketika dimakan. Namun..

+Indeks