Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Oleh : nurul kinanti | Senin, 17 September 2018 | 08:00 WIB



Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi yang lebih rendah, serta perasaan santai yang lebih mendominasi dibanding orang yang suka menonton televisi atau aktivitas intens yang berkaitan dengan teknologi seperti mengecek Instagram.

Sue Wilkinson MBE, presiden The Reading Agency, menjelaskan kepada Evening Standardbawah efek penyembuhan dari buku yang bagus mungkin bukan sebuah ide yang revolusioner, tapi banyak orang yang tidak menyadari dampak nyata dari membaca buku pada kesehatan mereka.

Membaca terbukti 68 persen lebih baik untuk mengurangi stres dibanding mendengarkan musik, 100 persen lebih efektif dibanding minum secangkir teh, 300 persen lebih baik dibanding keluar berjalan kaki dan 700 persen lebih baik daripada bermain permainan video.

Membaca tidak hanya mempengaruhi kesehatan mental tetapi juga memberi dampak pada kesehatan fisik juga. Berikut adalah beberapa manfaat membaca untuk kesehatan tubuh.

1. Memperpanjang umur

Penelitian dari Yale University School of Public Health menemukan jika orang dewasa yang membaca buku sedikitnya tiga setengah jam dalam seiminggu memiliki umur yang lebih panjang dibanding mereka yang tidak pernah membaca buku.

Penyebabnya adalah membaca menambah konektivitas di antara sel otak yang memperkecil risiko penyakit neurodegeneratif yang memperpendek umur.

2. Mencegah demensia

Membaca juga memperlambat kemunduran kognitif yang membantu pencegahan penyakit seperti Alzheimer.

Penelitian yang diadakan pada 2013 oleh tim peneliti Rush University Medical Centre di Chicago menemukan jika membaca dapat memperlambat demensia.

Penelitian dilakukan pada 295 orang dewasa berumur 89 tahun dan kegiatan otak mereka dianalisis setelah mereka meninggal. Mereka yang rajin membaca sedikit menunjukkan adanya demensia.

3. Memperbaiki kualitas tidur

Tidur nyenyak merupakan satu keharusan untuk kesehatan secara menyeluruh dan membaca dapat membantu orang dapat tidur lebih nyenyak.

Penelitian yang diadakan oleh Universtas Sussex mendapatkan penemuan membaca sebelum tidur dapat mengurangi tingkat stres hingga 68 persen.

Dr David Lewis, ketua penelitian dari penelitian, menyebutkan jika 6 menit membaca dapat secara signifikan membuat rileks tubuh dan pikiran.

Jadi, singkirkan telepon genggam dan bacalah buku sebelum tidur, walau hanya beberapa menit, untuk mendapatkan manfaat tidur yang lebih nyenyak.




#Membaca
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 38 menit yang lalu

Minum Wedang Jahe Menyehatkan Ginjalmu

Wartakesehatan.com - Meski bentuknya kecil, peran ginjal sangat penting dalam fungsi menyaring zat-zat buangan (limbah) dalam..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Teknik Pernapasan yang Benar Merilekskan Pikiran Anda

 tahulah Anda jika bernapas bukan hanya sekadar untuk bertahan hidup tetapi juga memberikan manfaat lain untuk..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Yoga Sangat Baik untuk Kesehatan Mental Anda

Wartakesehatan.com - Yoga merupakan salah satu latihan yang terkenal. Manfaatnya sangat banyak untuk  kesehatan, terutama..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Efek Buruk Begadang Bagi Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com - Banyak tugas kantor daan tugas kampus sering kali membuat seseorang begadang agar semuanya..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Apakah Gula Aren Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes?

Wartakesehatan.com - Tak hanya gula pasir, kita bisa menemui gula pasir, gula merah, atau bahkan sirup. Jika biasanya gula..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Biji Adas Mengurangi Kadar Lemak dalam Tubuh

Wartakesehatan.com - Biji adas juga banyak dijumpai di Indonesia. Khususnya masyarakat Pattae, tak jarang dari mereka..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Srikaya Menajaga Kesehatan Kulit Anda

Wartakesehatan.com - Buah Srikaya dikenal dengan nama ilmiah Annona reticulata, buah tropis ini berasal dari dataran..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Manfaat Minum Air Rebusan Pisang dan Kulitnya?

Wartakesehatan.com - Ternyata tak hanya buahnya, kulitnya yang selama ini dibuang juga punya manfaat untuk kesehatan. Bagaimana..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Susu Kambing Lebih Baik untuk Tubuh, Benarkah ?

Wartakesehatan.com - Dibanding susu kambing, susu sapi memang lebih populer. Pasalnya, di pasaran Anda akan lebih mudah..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Tips Sehat Menghindari Diet Yoyo

Wartakesehatan.com - Diet yoyo adalah kondisi di mana setelah seseorang sukses menurunkan berat badannya, setelah..

+Indeks