Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Oleh : nurul kinanti | Senin, 17 September 2018 | 08:00 WIB



Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi yang lebih rendah, serta perasaan santai yang lebih mendominasi dibanding orang yang suka menonton televisi atau aktivitas intens yang berkaitan dengan teknologi seperti mengecek Instagram.

Sue Wilkinson MBE, presiden The Reading Agency, menjelaskan kepada Evening Standardbawah efek penyembuhan dari buku yang bagus mungkin bukan sebuah ide yang revolusioner, tapi banyak orang yang tidak menyadari dampak nyata dari membaca buku pada kesehatan mereka.

Membaca terbukti 68 persen lebih baik untuk mengurangi stres dibanding mendengarkan musik, 100 persen lebih efektif dibanding minum secangkir teh, 300 persen lebih baik dibanding keluar berjalan kaki dan 700 persen lebih baik daripada bermain permainan video.

Membaca tidak hanya mempengaruhi kesehatan mental tetapi juga memberi dampak pada kesehatan fisik juga. Berikut adalah beberapa manfaat membaca untuk kesehatan tubuh.

1. Memperpanjang umur

Penelitian dari Yale University School of Public Health menemukan jika orang dewasa yang membaca buku sedikitnya tiga setengah jam dalam seiminggu memiliki umur yang lebih panjang dibanding mereka yang tidak pernah membaca buku.

Penyebabnya adalah membaca menambah konektivitas di antara sel otak yang memperkecil risiko penyakit neurodegeneratif yang memperpendek umur.

2. Mencegah demensia

Membaca juga memperlambat kemunduran kognitif yang membantu pencegahan penyakit seperti Alzheimer.

Penelitian yang diadakan pada 2013 oleh tim peneliti Rush University Medical Centre di Chicago menemukan jika membaca dapat memperlambat demensia.

Penelitian dilakukan pada 295 orang dewasa berumur 89 tahun dan kegiatan otak mereka dianalisis setelah mereka meninggal. Mereka yang rajin membaca sedikit menunjukkan adanya demensia.

3. Memperbaiki kualitas tidur

Tidur nyenyak merupakan satu keharusan untuk kesehatan secara menyeluruh dan membaca dapat membantu orang dapat tidur lebih nyenyak.

Penelitian yang diadakan oleh Universtas Sussex mendapatkan penemuan membaca sebelum tidur dapat mengurangi tingkat stres hingga 68 persen.

Dr David Lewis, ketua penelitian dari penelitian, menyebutkan jika 6 menit membaca dapat secara signifikan membuat rileks tubuh dan pikiran.

Jadi, singkirkan telepon genggam dan bacalah buku sebelum tidur, walau hanya beberapa menit, untuk mendapatkan manfaat tidur yang lebih nyenyak.




#Membaca
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 6 menit yang lalu

Jagung yang Bermanfaat untuk Kulit Sehat

Wartakesehatan.com - Kita biasa mengenal jagung untuk dimakan, baik jagung rebus maupun menjadi camilan lezat lain. Namun,..
Herbal - 1 jam yang lalu

Keputihan juga dapat diatasi dengan Rempah

Wartakesehatan.com - Keputihan bisa menimpa setiap wanita dan merupakan masalah yang cukup memusingkan bagi banyak kaum..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

5 Buah Segar ini dapat Membersihkan Usus

Wartakesehatan.com - Usus manusia sangat membutuhkan asupan buah-buahan kaya serat. Karena itu merupakan salah satu..
Herbal - 2 jam yang lalu

Manfaat Sehat dari Lengkuas

Wartakesehatan.com - Lengkuas masuk dalam keluarga jahe, dan mudah ditemukan di kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia,..
Mamin - 4 jam yang lalu

4 Cara Baik untuk Tahan Rasa Lapar

Wartakesehatan.com - Cara ampuh mengatasi rasa lapar yakni dengan makan. Padahal makan terus menerus untuk sebagian besar..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

Awas, Patah Hati Kini Jadi Penyakit

Wartakesehatan.com - hati kadang muncul karena adanya masalah dalam hubungan percintaan seseorang. Ternyata patah..
Obat & Penyakit - 6 jam yang lalu

Keetahui Mitos tentang Obesitas

Wartakesehatan.com - Obesitas adalah penumpukan lemak yang berlebihan, berbeda dengan overweight (kelebihan berat badan)...
7 jam yang lalu

Ingin Anak Gemuk Coba Konsumsi 4 Makanan ini

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri disaat banyak anak lain mengalami obesitas, malah ada beberapa anak yang tipenya susah..
Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

Kanker Payudara Harus Dicegah Sejak Dini

Wartakesehatan - Di Indonesia sendiri kanker payudara menduduki peringkat 2 terbanyak setelah kanker rahim. Mayoritas kanker..
Mamin - 9 jam yang lalu

Minum Teh Jahe bisa Cegah Kenaikan Berat Badan

Wartakesehatan - Air jahe mungkin bagi sebagian orang adalah minuman favorit saat sedang merasa tidak enak badan. Selain itu..

+Indeks