Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Oleh : nurul kinanti | Senin, 17 September 2018 | 08:00 WIB



BACA JUGA :

    Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi yang lebih rendah, serta perasaan santai yang lebih mendominasi dibanding orang yang suka menonton televisi atau aktivitas intens yang berkaitan dengan teknologi seperti mengecek Instagram.

    Sue Wilkinson MBE, presiden The Reading Agency, menjelaskan kepada Evening Standardbawah efek penyembuhan dari buku yang bagus mungkin bukan sebuah ide yang revolusioner, tapi banyak orang yang tidak menyadari dampak nyata dari membaca buku pada kesehatan mereka.

    Membaca terbukti 68 persen lebih baik untuk mengurangi stres dibanding mendengarkan musik, 100 persen lebih efektif dibanding minum secangkir teh, 300 persen lebih baik dibanding keluar berjalan kaki dan 700 persen lebih baik daripada bermain permainan video.

    Membaca tidak hanya mempengaruhi kesehatan mental tetapi juga memberi dampak pada kesehatan fisik juga. Berikut adalah beberapa manfaat membaca untuk kesehatan tubuh.

    1. Memperpanjang umur

    Penelitian dari Yale University School of Public Health menemukan jika orang dewasa yang membaca buku sedikitnya tiga setengah jam dalam seiminggu memiliki umur yang lebih panjang dibanding mereka yang tidak pernah membaca buku.

    Penyebabnya adalah membaca menambah konektivitas di antara sel otak yang memperkecil risiko penyakit neurodegeneratif yang memperpendek umur.

    2. Mencegah demensia

    Membaca juga memperlambat kemunduran kognitif yang membantu pencegahan penyakit seperti Alzheimer.

    Penelitian yang diadakan pada 2013 oleh tim peneliti Rush University Medical Centre di Chicago menemukan jika membaca dapat memperlambat demensia.

    Penelitian dilakukan pada 295 orang dewasa berumur 89 tahun dan kegiatan otak mereka dianalisis setelah mereka meninggal. Mereka yang rajin membaca sedikit menunjukkan adanya demensia.

    3. Memperbaiki kualitas tidur

    Tidur nyenyak merupakan satu keharusan untuk kesehatan secara menyeluruh dan membaca dapat membantu orang dapat tidur lebih nyenyak.

    Penelitian yang diadakan oleh Universtas Sussex mendapatkan penemuan membaca sebelum tidur dapat mengurangi tingkat stres hingga 68 persen.

    Dr David Lewis, ketua penelitian dari penelitian, menyebutkan jika 6 menit membaca dapat secara signifikan membuat rileks tubuh dan pikiran.

    Jadi, singkirkan telepon genggam dan bacalah buku sebelum tidur, walau hanya beberapa menit, untuk mendapatkan manfaat tidur yang lebih nyenyak.




    #Membaca
    Kontak Informasi Wartakesehatan
    PT. SIBER MEDIA ABADI

    Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
    Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
    Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

    Baca Juga

      Komentar






      Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

      Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

      Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
      1 bulan yang lalu

      Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

      Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
      Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

      Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

      Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
      Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

      Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

      Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
      Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

      Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

      Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
      Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

      Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

      Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
      Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

      Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

      Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
      Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

      Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

      Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
      Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

      Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

      Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
      Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

      Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

      Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

      +Indeks