Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

Oleh : nurul kinanti | Senin, 17 September 2018 | 09:00 WIB



Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak, menjadi energi yang dapat digunakan kembali oleh tubuh.

Selain itu, sayur dan buah-buahan merah juga mengandung antioksidan yang sehat bagi jantung, seperti antosianin, likopen, flavonoid, dan resveratrol. Antioksidan tersebut mampu melawan kanker, penyakit jantung, dan kanker prostat serta menurunkan risiko stroke, dan degenerasi pada kaum lanjut usia.

Namun ternyata, banyak orang dewasa yang tidak memasukkan sayur dan buah-buahan merah dalam pola makan mereka

Buah merah 
Beberapa buah-buahan merah di antaranya cranberry, pome, ceri, jeruk darah, raspberry, stroberi, semangka, apel merah, anggur, jeruk limau gedang, pir merah, tomat, hingga jambu biji.

Sayuran merah 
Paprika, kacang merah, cabe merah, bit, lobak kini, bawang merah, kentang merah, dan rhubarb. Salah satu yang paling sering kita lihat sehari-hari adalah tomat. 
Buah tomat mengandung level likopen tinggi, sehingga mampu melawan kanker prostat, kanker kerongkongan, dan kanker usus.

Likopen banyak ditemukan pada tomat matang, seperti sup, rebusan tomat dan saus tomat. Buah lainnya yang juga sering ditemui adalah stroberi. Stroberi merupakan sumber folat, potasium, dan vitamin C yang baik. Vitamin C adalah antioksidan yang mampu meningkatkan fungsi sistem imun dan menurunkan kolesterol jahat. Satu porsi stroberi bahkan bisa mengandung lebih banyak vitamin C ketimbang jeruk.

Semangka juga merupakan buah merah yang menjadi sumper likopen. Likopen dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke dengan menurunkan kolesterol jahat. Ada pun sayur merah yang sering kita temukan adalah kacang merah. Kacang merah mengandung banyak serat yang menyehatkan jantung, seng yang mendukung kesehatan reproduksi dan menyembuhkan luka, serta Vitamin B yang memaksimalkan fungsi syaraf.

 

Kacang merah juga mengandung potasium dan folat. Nah, jika khasiat sayur dan buah-buahan merah ternyata sangat banyak, kamu masih mau melewatkannya?




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 9 jam yang lalu

4 Jenis Insomnia yang Perlu Diketahui

Wartakesehatan - Dokter dari Klinik Gangguan Tidur Rumah Sakit Umum Pusat Dr Sardjito, Yogyakarta, Astuti,..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Menguap Teryata Miliki Manfaat Kesehatan

Wartakesehatan.com - Menguap adalah indikasi dari perasaan bosan, lelah dan juga mengantuk. Sadar atau tidak, saat kita..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

4 Hal Ini Bantu Menghilangkan Stres

Wartakesehatan.com - Stres seringkali sulit untuk dihindari ya ladies. Tapi masak iya mau menghabiskan hidup hanya untuk..
Seks - 13 jam yang lalu

Pentingnya Mengetahui Kesehatan Vagina

Wartakesehatan.com - Vagina yang terletak di bawah area pinggul ini tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus sehingga..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Minum Cokelat Panas Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidak hanya membuat Anda hangat sepanjang musim dingin, cokelat panas ini juga dapat meningkatkan..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Sebatang Rokok Sehari Tingkatkan Kematian

Wartakesehatan.com -  Studi belum lama ini menemukan, satu batang rokok sehari dapat meningkatkan risiko kematian..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Nanas bisa bikin Gigi Putih Alami

Wartakesehatan.com - Gigi putih bisa menjadi satu tanda kesehatan gigi dan mulut yang terjaga. Dengan gigi yang putih,..
Mamin - 17 jam yang lalu

Makan Ikan Lele Beri Manfaat Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Ikan lele sekarang merupakan jenis ikan air tawar yang sering banyak Anda jumpai di pasar. Sebab Ikan..
Ibu & Anak - 18 jam yang lalu

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Mitos hamil mengatakan bahwa ibu hamil ketika makan adalah untuk dua orang, jadi kapasitas dan..
Mamin - 19 jam yang lalu

Makanan Ini Bantu Cegah Serangan Jantung

Wartakesehatan.com - Salah satu penyebab umum serangan jantung adalah pembuluh arteri yang tersumbat. Seperti yang dikutip..

+Indeks