Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

Oleh : nurul kinanti | Senin, 17 September 2018 | 10:00 WIB



Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama yang termasuk paling banyak berpengaruh. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Udara
Pencemaran udara sudah tidak bisa dipungkiri lagi sebagai faktor yang mempengaruhi kesehatan. Udara yang kita hirup setiap hari dapat dipastikan dalam kondisi tercemar. Polusi kendaraan bermotor, asap pabrik dan asap rokok menjadi faktor dominan pencemaran udara.

Alangkah baiknya jika kita melakukan hal preventif untuk meminimalisir resiko dari pencemaran udara. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menghijaukan perkarangan rumah kita dengan menanam pepohonan di sekitar rumah untuk menjaga agar lingkungan kita tetap segar.

2. Air
Air merupakan zat yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Tubuh manusia sebagian besar terdiri atas air. Tentu saja tubuh kita memerlukan asupan air yang bersih dan sehat untuk menjaga agar semua organ berfungsi dengan baik. 

Air yang kotor dan tercemar akan mengakibatkan menurunnya kualitas kesehatan kita. Pastikan air yang kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari terbebas dari polusi dan bakteri.

3. Makanan dan Minuman
Sadarkah kita akan makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari selama bertahun-tahun? Yakinkah bahwa makanan dan minuman tersebut diproses dengan tingkat kebersihan yang tinggi?

Jika kita tidak yakin, mungkin ada baiknya makan dan minuman masakan sendiri, makanan dan minuman dari bahan yang alami dan bebas dari zat kimia seperti makanan organik.

4. Keseimbangan Emosi
Emosi turut menyumbang dalam perannya mempengaruhi kesehatan. Emosi seringkali dikaitkan dengan produksi hormon dalam tubuh. Di masa sekarang telah banyak pakar yang mengemukakan pentingnya kecerdasan emosi, karena hal itu cukup penting dalam menjaga kesehatan. Untuk menjaga emosi tetap stabil beraktivitas dan, berekspresi secara wajar dalam kehidupan sehari-hari

5. Olahraga Teratur
Jika pola hidup kita sehat, termasuk berolahraga secara teratur, tubuh kita dapat dikatakan sehat. Hampir semua orang sadar dan setuju akan pentingnya berolahraga. Sayang, hanya sedikit dari kita yang mau melakukannya.

Alangkah baiknya setiap hari kita meluangkan waktu kita beberapa menit untuk berolahraga. Tidak harus olahraga yang sifatnya berat dan menguras banyak tenaga, cukup melakukan olahraga ringan yang dapat kita lakukan di rumah.

6. Istirahat Cukup
Tidur merupakan ritual yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Itulah kenapa Tuhan menciptakan siang dan malam. Agar sebagian dari hari yang kita lalui itu digunakan untuk istirahat, dalam hal ini tidur.

Tidur dibutuhkan untuk mengistirahatkan organ-organ tubuh kita setelah lelah bekerja. Saat kita tidur, metabolisme tubuh bekerja, dari mulai peremajaan sel-sel sampai kepada pembuangan sejumlah toksin yang ada di dalam tubuh.

Jangan sepelekan tidur. Tidur yang berkualitas tidak diukur dari lama atau tidaknya kita tertidur. Tidurlah dengan suasana hati yang tenang agar ketika bangun kita akan merasa segar




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 16 menit yang lalu

Minum Wedang Jahe Menyehatkan Ginjalmu

Wartakesehatan.com - Meski bentuknya kecil, peran ginjal sangat penting dalam fungsi menyaring zat-zat buangan (limbah) dalam..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Teknik Pernapasan yang Benar Merilekskan Pikiran Anda

 tahulah Anda jika bernapas bukan hanya sekadar untuk bertahan hidup tetapi juga memberikan manfaat lain untuk..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Yoga Sangat Baik untuk Kesehatan Mental Anda

Wartakesehatan.com - Yoga merupakan salah satu latihan yang terkenal. Manfaatnya sangat banyak untuk  kesehatan, terutama..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Efek Buruk Begadang Bagi Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com - Banyak tugas kantor daan tugas kampus sering kali membuat seseorang begadang agar semuanya..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Apakah Gula Aren Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes?

Wartakesehatan.com - Tak hanya gula pasir, kita bisa menemui gula pasir, gula merah, atau bahkan sirup. Jika biasanya gula..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Biji Adas Mengurangi Kadar Lemak dalam Tubuh

Wartakesehatan.com - Biji adas juga banyak dijumpai di Indonesia. Khususnya masyarakat Pattae, tak jarang dari mereka..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Srikaya Menajaga Kesehatan Kulit Anda

Wartakesehatan.com - Buah Srikaya dikenal dengan nama ilmiah Annona reticulata, buah tropis ini berasal dari dataran..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Manfaat Minum Air Rebusan Pisang dan Kulitnya?

Wartakesehatan.com - Ternyata tak hanya buahnya, kulitnya yang selama ini dibuang juga punya manfaat untuk kesehatan. Bagaimana..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Susu Kambing Lebih Baik untuk Tubuh, Benarkah ?

Wartakesehatan.com - Dibanding susu kambing, susu sapi memang lebih populer. Pasalnya, di pasaran Anda akan lebih mudah..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Tips Sehat Menghindari Diet Yoyo

Wartakesehatan.com - Diet yoyo adalah kondisi di mana setelah seseorang sukses menurunkan berat badannya, setelah..

+Indeks