Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Oleh : nurul kinanti | Senin, 17 September 2018 | 11:01 WIB



Wartakesehatan.comTidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur lelap dengan mudah.

Tetapi, ketika berada pada kondisi tertentu, tanpa disadari terkadang mulut terbuka dengan sendirinya saat seseorang terhanyut dalam mimpi. Dikutip dari Times of India, tidur dengan mulut terbuka selain memalukan dan terlihat konyol, juga berdampak buruk bagi kesehatan.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Oral Rehabilitation, mengungkap bahwa aliran udara yang masuk lewat mulut dapat menghilangkan saliva atau air liur. Sebab, saat bernapas dengan mulut akan menciptakan plak dalam mulut, sehingga pada akhirnya jumlah bakteri jahat dalam mulut jadi meningkat.

Selain itu, bau mulut yang dikenal sebagai halitosis merupakan hasil dari penurunan saliva di mulut. Hal ini terjadi akibat bernapas dari mulut, yang kemudian menurunkan kemampuan mulut untuk membersihkan mulut itu sendiri. Bau mulut juga dianggap kutukan bagi orang yang mengalaminya, juga bagi mereka yang berada di sekitarnya.

Pada dasarnya, bernapas melalui mulut membuat oksigen yang dipasok ke paru-paru menjadi lebih sedikit. Inilah yang menyebabkan kelelahan sepanjang hari lantaran tubuh mengalami kekurangan oksigen.

Bila Anda bertanya-tanya kenapa saat Anda bangun tidur bibir menjadi pecah-pecah, jawabannya adalah karena Anda tidur dalam keadaan mulut mangap. Karena, tidur dengan mulut terbuka akan menyebabkan cairan di mulut mengering.

Hal tersebut bisa mengakibatkan mulut dan bibir menjadi kering, dan itu dapat menyebabkan gangguan kemampuan untuk menelan.

Bahkan lebih parah lagi tidur sambil mangap dapat mempengaruhi posisi gigi yang akan berdapampak pada bentuk bibir dan juga lidah. Ciri-cirinya wajah terlihat lebih pendek, gigi berkerut, dan lubang hidung membesar.

Kalau Anda bernapas dari mulut, maka perawatannya tergantung pada apa yang menjadi akar penyebabnya. Jika bernafas dengan mulut hanya di malam hari saja, maka yang perlu Anda perhatikan adalah berat badan Anda. Karena, faktor kegemukan bisa saja yang menjadi penyebab obstruksi pada pernapasan reguler Anda.

Jadi intinya Anda harus segera mempertimbangkan periksa ke dokter guna memeriksa apa penyebab utamanya, sekaligus mencari tahu apa yang bisa dilakukan. 




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 18 menit yang lalu

Minum Wedang Jahe Menyehatkan Ginjalmu

Wartakesehatan.com - Meski bentuknya kecil, peran ginjal sangat penting dalam fungsi menyaring zat-zat buangan (limbah) dalam..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Teknik Pernapasan yang Benar Merilekskan Pikiran Anda

 tahulah Anda jika bernapas bukan hanya sekadar untuk bertahan hidup tetapi juga memberikan manfaat lain untuk..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Yoga Sangat Baik untuk Kesehatan Mental Anda

Wartakesehatan.com - Yoga merupakan salah satu latihan yang terkenal. Manfaatnya sangat banyak untuk  kesehatan, terutama..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Efek Buruk Begadang Bagi Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com - Banyak tugas kantor daan tugas kampus sering kali membuat seseorang begadang agar semuanya..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Apakah Gula Aren Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes?

Wartakesehatan.com - Tak hanya gula pasir, kita bisa menemui gula pasir, gula merah, atau bahkan sirup. Jika biasanya gula..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Biji Adas Mengurangi Kadar Lemak dalam Tubuh

Wartakesehatan.com - Biji adas juga banyak dijumpai di Indonesia. Khususnya masyarakat Pattae, tak jarang dari mereka..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Srikaya Menajaga Kesehatan Kulit Anda

Wartakesehatan.com - Buah Srikaya dikenal dengan nama ilmiah Annona reticulata, buah tropis ini berasal dari dataran..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Manfaat Minum Air Rebusan Pisang dan Kulitnya?

Wartakesehatan.com - Ternyata tak hanya buahnya, kulitnya yang selama ini dibuang juga punya manfaat untuk kesehatan. Bagaimana..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Susu Kambing Lebih Baik untuk Tubuh, Benarkah ?

Wartakesehatan.com - Dibanding susu kambing, susu sapi memang lebih populer. Pasalnya, di pasaran Anda akan lebih mudah..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Tips Sehat Menghindari Diet Yoyo

Wartakesehatan.com - Diet yoyo adalah kondisi di mana setelah seseorang sukses menurunkan berat badannya, setelah..

+Indeks