Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Oleh : nurul kinanti | Senin, 17 September 2018 | 11:01 WIB



BACA JUGA :

    Wartakesehatan.comTidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur lelap dengan mudah.

    Tetapi, ketika berada pada kondisi tertentu, tanpa disadari terkadang mulut terbuka dengan sendirinya saat seseorang terhanyut dalam mimpi. Dikutip dari Times of India, tidur dengan mulut terbuka selain memalukan dan terlihat konyol, juga berdampak buruk bagi kesehatan.

    Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Oral Rehabilitation, mengungkap bahwa aliran udara yang masuk lewat mulut dapat menghilangkan saliva atau air liur. Sebab, saat bernapas dengan mulut akan menciptakan plak dalam mulut, sehingga pada akhirnya jumlah bakteri jahat dalam mulut jadi meningkat.

    Selain itu, bau mulut yang dikenal sebagai halitosis merupakan hasil dari penurunan saliva di mulut. Hal ini terjadi akibat bernapas dari mulut, yang kemudian menurunkan kemampuan mulut untuk membersihkan mulut itu sendiri. Bau mulut juga dianggap kutukan bagi orang yang mengalaminya, juga bagi mereka yang berada di sekitarnya.

    Pada dasarnya, bernapas melalui mulut membuat oksigen yang dipasok ke paru-paru menjadi lebih sedikit. Inilah yang menyebabkan kelelahan sepanjang hari lantaran tubuh mengalami kekurangan oksigen.

    Bila Anda bertanya-tanya kenapa saat Anda bangun tidur bibir menjadi pecah-pecah, jawabannya adalah karena Anda tidur dalam keadaan mulut mangap. Karena, tidur dengan mulut terbuka akan menyebabkan cairan di mulut mengering.

    Hal tersebut bisa mengakibatkan mulut dan bibir menjadi kering, dan itu dapat menyebabkan gangguan kemampuan untuk menelan.

    Bahkan lebih parah lagi tidur sambil mangap dapat mempengaruhi posisi gigi yang akan berdapampak pada bentuk bibir dan juga lidah. Ciri-cirinya wajah terlihat lebih pendek, gigi berkerut, dan lubang hidung membesar.

    Kalau Anda bernapas dari mulut, maka perawatannya tergantung pada apa yang menjadi akar penyebabnya. Jika bernafas dengan mulut hanya di malam hari saja, maka yang perlu Anda perhatikan adalah berat badan Anda. Karena, faktor kegemukan bisa saja yang menjadi penyebab obstruksi pada pernapasan reguler Anda.

    Jadi intinya Anda harus segera mempertimbangkan periksa ke dokter guna memeriksa apa penyebab utamanya, sekaligus mencari tahu apa yang bisa dilakukan. 




    Kontak Informasi Wartakesehatan
    PT. SIBER MEDIA ABADI

    Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
    Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
    Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

    Baca Juga

      Komentar






      Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

      Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

      Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
      2 bulan yang lalu

      Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

      Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
      Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

      Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

      Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
      Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

      Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

      Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
      Warta Sehat - 3 bulan yang lalu

      Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

      Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
      Warta Sehat - 3 bulan yang lalu

      Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

      Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
      Warta Sehat - 3 bulan yang lalu

      Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

      Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
      Warta Sehat - 3 bulan yang lalu

      Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

      Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
      Warta Sehat - 3 bulan yang lalu

      Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

      Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
      Warta Sehat - 3 bulan yang lalu

      Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

      Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

      +Indeks