Apa Saja yang Terjadi Ketika Tubuh Kurang Tidur ?

Oleh : nurul kinanti/bantennews | Jumat, 05 April 2019 | 10:01 WIB



Wartakesehatan.com  - Kurang tidur disebut juga meningkatkan risiko kanker, diabetes, dan bahkan kecelakaan ketika berkendara lho detikers. Berdasarkan data dari AASM, sekitar 1 dari 3 orang dewasa di Amerika memiliki jam tidur yang kacau dan mereka tidak cukup terlelap dan puas.

Kira-kira apa saja ya yang terjadi pada tubuh jika tidak cukup tidur? Berikut di antaranya, dikutip dari detik.com.

1. Mudah lupa

Tidak tidur semalaman tidak hanya membuat kamu menjadi pribadi yang lebih pelupa, berdasarkan sebuah penelitian, tidak tidur semalaman berdampak pada pembelajaran dan memori dalam otak.

Peneliti menyimpulkan bahwa tidur sangat penting untuk proses konsolidasi hal-hal yang dipelajari oleh manusia di otak. Dengan kata lain, kita perlu istirahat yang tepat untuk mengunci informasi baru dan memasukkannya ke memori.

2. Tidak bisa berpikir

Melewatkan satu malam untuk tidur bisa menyebabkan beberapa masalah kognisi (berpikir). Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Experimental Brain Research, sekelompok 18 pria diberi tugas untuk dikerjakan hingga selesai.

Tugas pertama dikerjakan setelah tidur semalaman. Tugas berikutnya dikerjakan setelah tidak tidur semalaman. Fungsi otak, termasuk memori, pengambilan keputusan, penalaran, dan pemecahan masalah, akan memburuk, bersama dengan fungsi untuk bereaksi dan waspada.

3. Libido menurun

Tidak cukup tidur bisa mengurangi gairah seks pada orang dewasa. Satu penelitian, pria muda yang tidak mendapatkan tidur berkualitas selama periode satu minggu menunjukkan penurunan kadar testosteron.

Tidur 5 jam atau kurang dari itu mampu mengurangi kadar hormon seks sebanyak 10 hingga 15 persen. Para pria yang dilibatkan dalam riset itu juga melaporkan bahwa suasana hati dan kekuatan mereka, secara keseluruhan menurun drastis setiap malam berturut-turut.

4. Kulit tidak segar

Dalam sebuah penelitian, sekelompok orang berusia antara 30 dan 50 tahun dievaluasi berdasarkan kebiasaan tidur mereka dan kondisi kulit mereka.
Hasil studi menunjukkan, mereka yang kurang tidur akan memiliki kerutan halus, garis-garis halus di wajah, warna kulit tidak merata, dan kulit mengendur. Orang yang kurang tidur juga cenderung tidak puas dengan penampilan mereka, daripada rekan-rekan mereka yang cukup istirahat.

5. Berat badan naik

Sebuah studi meneliti hubungan antara tidur dan berat badan pada 21.469 orang dewasa di atas usia 20 tahun. Orang yang tidur kurang dari 5 jam, setiap malam selama studi tiga tahun, lebih cenderung bertambah bobot badannya dan akhirnya menjadi gemuk. Sedangkan mereka yang tidur antara 7 dan 8 jam, bernasib lebih baik dari mereka yang kurang tidur.




#Kurang Tidur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 34 menit yang lalu

Waspadai, 4 Gejala Penyakit Kanker

Wartakesehatan - Kanker merupakan penyakit paling mematikan di dunia, selain menyerang organ bahkan sel-sel tertentu..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Manfaat Sehat Kacang Almond

Wartakesehatan.com - Almond merupakan sumber protein baik yang mengandung asam lemak esensial, vitamin E, dan magnesium,"..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Redakan Nyeri Menstruasi dengan 6 Cara ini!

Wartakesehatan - Siklus bulanan bagi wanita atau menstruasi terjadi ketika remaja pada usia 10 tahun. Bagi wanita..
Mamin - 3 jam yang lalu

7 Sayuran yang Kaya Vitamin K

Wartakesehatan.com - Vitamin memang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita , agar tubuh selalu sehat. Misalkan vitamin K..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Pepaya Bermanfaat bagi Kesehatan Wanita

Wartakesehatan.com - Pepaya merupakan buah yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan sekarang sudah menyebar luas dan..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Waspada, Reaksi Gigitan Nyamuk

Wartakesehatan.com - Beberapa penyakit bisa didatangkan oleh nyamuk, salah satunya demam berdarah. Seringkali kita anggap..
Mamin - 6 jam yang lalu

4 Makanan ini, Bersihkan Paru-paru Perokok

Wartakesehatan - Tak bisa dipungkiri sejak anak-anak, remaja hingga dewasa kita telah diperingatkan tentang bahaya..
Herbal - 7 jam yang lalu

Jamu Tradisional anti Anemia

Wartakesehatan.com - Mungkin sebagian orang lebih memilih menggunakan obat dan jamu tradisional dibandingkan dengan obat..
Kecantikan - 8 jam yang lalu

Waspada, Jerawat bisa memicu Bunuh Diri

Wartakesehatan.com - Setiap orang pasti tidak asing dengan yang namanya jerawat. Jerawat adalah suatu keadaan di mana..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Lemon Hangat Bantu Turunkan Berat Badan

Wartakesehatan.com - Kandungan vitamin C dalam lemon dinilai mampu menjaga kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Tapi..

+Indeks