Tomat bisa Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Oleh : Dirk/kabarmaya | Jumat, 12 April 2019 | 08:05 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Kulit termasuk bagian tubuh yang rentan terhadap berbagai ancaman, salah satunya adalah pengaruh sinar matahari.

Ancaman sinar matahari nyatanya tak hanya mampu mengoyak kulit bagian luar saja. Sinar matahari ini ternyata juga dapat mengancam keberlangsungan hidup sel-sel di bagian dalam kulit manusia yang mampu meningkatkan resiko terkena kanker.

Untuk tetap menjaga kesehatan kulit, Anda sebaiknya jangan hanya bergantung pada produk perawatan yang mengandung bahan kimiawi saja. Anda juga harus mulai membiasakan diri untuk mengubah pola hidup dan pola makan dengan mengkonsumsi makanan dan juga minuman yang kaya akan antioksidan. Antioksidan akan membantu merawat kesehatan kulit Anda dari dalam dan beberapa kerusakan kulit yang berasal dari sinar matahari dipastikan tak akan sampai ke akar.

Dilansir dari laman foxnews, berikut merupakan enam jenis makanan dan minuman yang kaya akan kandungan antioksidan sehingga mampu menjaga dan juga melindungi kulit dari berbagai ancaman sinar matahari:

  1. Tomat matang

Tomat matang identik dengan warna merah. Warna ini berasal dari pigmen alami yang bernama lycopen. Pigmen ini kaya akan antioksidan yang tak hanya berfungsi untuk melindungi kulit, tapi diduga juga mampu meminimalisir terjadinya penyakit yang terkait dengan prostat.

  1. Biji cokelat (cocoa)

Flavanols merupakan antioksidan yang terkandung dalam biji cokelat. Seperti antioksidan kebanyakan, flavanols juga berfungsi untuk menjaga kulit dari ancaman yang datang dri  luar, terutama sinar matahari.

  1. Sirip ikan

Sirip ikan kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang dikenal sebagai pelindung alami untuk kesehatan kulit serta jantung.

  1. Paprika

Warna-warna  yang ada di paprika memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan tersebut akan berubah menjadi vitamin A saat Anda mengkonsumsinya. vitamin ini akan menjadi agen pelindung sel kulit sekaligus penghambat terjadinya kerusakan pada lipid atau sejenis lemak tipis yang ada di sekitaran kulit.

  1. Teh hijau

Kesehatan kulit dapat Anda jaga dengan rutin mengkonsumsi teh hijau. Kandungan polifenol catechins dalam teh hijau ternyata tak hanya akan melindungi kulit namun juga bisa menjaga kesehatan keseluruhan tubuh Anda.

  1. Semangka

Sama dengan tomat, semangka juga banyak mengandung pigmen lycopen yang sangat berguna untuk kesehatan kulit Anda.




Fokus : Tomat


#Tomat #Sinar Matahari
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Seks - 56 menit yang lalu

Pentingnya Mengetahui Kesehatan Vagina

Wartakesehatan.com - Vagina yang terletak di bawah area pinggul ini tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus sehingga..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Minum Cokelat Panas Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidak hanya membuat Anda hangat sepanjang musim dingin, cokelat panas ini juga dapat meningkatkan..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Sebatang Rokok Sehari Tingkatkan Kematian

Wartakesehatan.com -  Studi belum lama ini menemukan, satu batang rokok sehari dapat meningkatkan risiko kematian..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Nanas bisa bikin Gigi Putih Alami

Wartakesehatan.com - Gigi putih bisa menjadi satu tanda kesehatan gigi dan mulut yang terjaga. Dengan gigi yang putih,..
Mamin - 4 jam yang lalu

Makan Ikan Lele Beri Manfaat Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Ikan lele sekarang merupakan jenis ikan air tawar yang sering banyak Anda jumpai di pasar. Sebab Ikan..
Ibu & Anak - 5 jam yang lalu

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Mitos hamil mengatakan bahwa ibu hamil ketika makan adalah untuk dua orang, jadi kapasitas dan..
Mamin - 6 jam yang lalu

Makanan Ini Bantu Cegah Serangan Jantung

Wartakesehatan.com - Salah satu penyebab umum serangan jantung adalah pembuluh arteri yang tersumbat. Seperti yang dikutip..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

4 Manfaat Sehat Konsumsi Jahe

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jahe berguna untuk menghangatkan tubuh. Di Makassar, meminum olahan jahe seperti sarabba..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Bahan Alami Ini Mampu Turunkan Kolesterol Jahat

Wartakesehatan.com - Terdapat sederet pencetus tingginya kolesterol jahat, salah satunya karena terlalu banyak menyantap..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Olahraga Terbaik Sekitar Jam 7 sampai Jam 10

Wartakesehatan.com- Menurut spesialis kedokteran olahraga, dr Michael Triangto SpKO, bila ditinjau dari sisi rekreasi..

+Indeks