Ini Dia Manfaat Minum Teh Jahe Bagi Kesehatan

Oleh : nurul kinanti/idntimes | Jumat, 12 April 2019 | 14:09 WIB



Wartakesehatan.com - Teh Jahe mengandung vitamin C dan asam amino yang lebih tinggi dari teh lainnya, serta juga mengandung antioksidan, kalium, fosfor, dan nutrisi lainnya yang banyak sekali khasiatnya untuk kesehatan tubuh.

Wah, kira-kira apa saja ya khasiatnya dari teh jahe ini? Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini!

1. Menurunkan kadar gula darah

Khasiat pertama dari teh jahe untuk kesehatan adalah dapat menurunkan kadar gula darah. Dalam sebuah penelitian, teh jahe dapat menurunkan gula darah puasa sebesar 12% lho. Selain itu, studi jangka panjang yang dilakukan pada peminum teh jahe, menunjukkan bahwa seseorang yang teratur minum teh jahe memiliki toleransi insulin yang lebih baik, dan juga mampu membersihkan glukosa dengan lebih efisien dari darah.

2. Mengatasi mual

Salah satu khasiat terbesar dari teh jahe adalah dapat mengatasi mual. Teh jahe telah dijadikan obat tradisional di berbagai negara di dunia untuk mengatasi rasa mual dan muntah, yang seringkali terjadi di pagi hari maupun saat mabuk perjalanan.

Selain itu, teh jahe juga dapat menghilangkan rasa mual pada ibu hamil, dan penderita kanker yang mengalami mual dan muntah akibat efek samping dari kemoterapi. Rempah-rempah yang ada pada jahe tidak mengandung banyak efek samping, sehingga aman dikonsumsi untuk ibu hamil, dan penderita penyakit lainnya.

3. Menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke

Teh jahe mengandung asam amino, vitamin, dan mineral yang berfungsi untuk membantu memulihkan dan meningkatkan sirkulasi peredaran darah, agar nantinya dapat terhindar dari penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, jahe juga dapat membantu mencegah penumpukan lemak pada arteri, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan juga stroke.

4. Mengatasi kram saat menstruasi

Selain dapat menurunkan rssiko penyakit jantung dan stroke, ternyata teh jahe juga bisa lho mengatasi kram saat sedang menstruasi. Caranya sangat mudah, yaitu rendam handuk pada baskom yang berisi teh jahe hangat, kemudian oleskan handuk tersebut pada perut bagian bawah.

Hal tersebut dapat kamu lakukan secara bersamaan dengan minum secangkir teh jahe hangat yang telah dicampur dengan madu. Cara tersebut sangat efektif lho untuk meredakan rasa sakit akibat kram, serta juga dapat mengendurkan otot-otot yang tegang. Selamat mencoba!

5. Mengatasi radang sendi

Kandungan gingerol yang ada pada jahe, bersifat anti-inflamasi, sehingga dapat mengatasi berbagai macam peradangan yang terjadi pada tubuh, seperti radang sendi, hingga penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson. Selain itu, studi yang dilakukan oleh Georgia College dan Departemen Kinesiologi Universitas Negeri pada tahun 2010, menemukan bahwa jahe mampu mengurangi nyeri otot yang disebabkan oleh olahraga.

Nah, itulah lima khasiat teh jahe untuk kesehatan. Wah, ternyata gak hanya rasanya saja ya yang nikmat dan menyegarkan, tetapi juga kaya manfaat!




#Teh Jahe
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Agar Imunitas Kuat dengan Lytacur

Wartakesehatan.com - Semua orang bisa terinfeksi virus corona Covid-19. Karena virus menyerang dan menginfeksi siapa saja tanpa..
Obat & Penyakit - 5 hari yang lalu

Demam dan Batuk Kering Belum Tentu Corona, Ini Strategi Terapi Alaminya!

Wartakesehatan.com - Kasus positif COVID-19 terus berkembang, berdasarkan data Kementerian Kesehatan kasus positif Covid-19..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 2 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..

+Indeks