Obesitas Bahaya Bagi Kesehatan Anda Lho

Oleh : nurul kinanti | Jumat, 12 April 2019 | 17:10 WIB



Wartakesehatan.com - Obesitas merupakan ancaman yang serius bagi kesehatan. 

“Obesitas dapat menyebabkan komplikasi pada berbagai organ tubuh,” kata dokter spesialis penyakit dalam Dicky Levenus Tahapary pada Seminar Info Sehat FKUI di Jakarta.

Penyebab utama terjadinya obesitas adalah gaya hidup yang tidak sehat. Konsumsi makanan yang tinggi kalori dan rendahnya aktivitas fisik merupakan gara-garanya. Sebagian orang lagi, mengalami obesitas karna faktor genetik, kurang tidur, dan penyakit lainnya. 

"Sayangnya, banyak orang Indonesia yang tidak sadar bahwa obesitas itu penyakit," kata dokter spesialis anak Aman B. Pulungan.

Obesitas ditandai dengan berat badan yang berlebih, juga indeks massa tubuh (IMT) yang di luar batas normal yaitu di atas angka 25. Penumpukan lemak akhirnya menyebabkan kegemukan. 

Masalahnya obesitas bukan soal kegemukan saja, tetapi menjadi faktor risiko berbagai penyakit lainnya. Penyakit yang dapat terjadi karena diabetes adalah diabetes melitus, strok, demensia, hipertensi, penyakit jantung koroner, asma, perlemakan hati, sakit ginjal, kanker, dan banyak lagi. 

Dicky mengatakan bahwa obesitas merupakan problem yang berkaitan dengan berbagai jenis penyakit. Itulah sebabnya persoalan obesitas harus dicegah dan ditangani sedini mungkin. 

Pencegahannya sebetulnya sederhana yakni mengubah gaya hidup lebih sehat seperti pola makan yang sehat dan rutin beraktivitas fisik yaitu olahraga. 

Berat badan normal harus dipertahankan demi kesehatan yang maksimal. Penurunan berat badan dan menjaganya terus stabil dapat mengurangi risiko komplikasi penyakit terkait obesitas. 




#Obesitas
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 22 menit yang lalu

4 Hal Ini Bantu Menghilangkan Stres

Wartakesehatan.com - Stres seringkali sulit untuk dihindari ya ladies. Tapi masak iya mau menghabiskan hidup hanya untuk..
Seks - 1 jam yang lalu

Pentingnya Mengetahui Kesehatan Vagina

Wartakesehatan.com - Vagina yang terletak di bawah area pinggul ini tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus sehingga..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Minum Cokelat Panas Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidak hanya membuat Anda hangat sepanjang musim dingin, cokelat panas ini juga dapat meningkatkan..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Sebatang Rokok Sehari Tingkatkan Kematian

Wartakesehatan.com -  Studi belum lama ini menemukan, satu batang rokok sehari dapat meningkatkan risiko kematian..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Nanas bisa bikin Gigi Putih Alami

Wartakesehatan.com - Gigi putih bisa menjadi satu tanda kesehatan gigi dan mulut yang terjaga. Dengan gigi yang putih,..
Mamin - 5 jam yang lalu

Makan Ikan Lele Beri Manfaat Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Ikan lele sekarang merupakan jenis ikan air tawar yang sering banyak Anda jumpai di pasar. Sebab Ikan..
Ibu & Anak - 6 jam yang lalu

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Mitos hamil mengatakan bahwa ibu hamil ketika makan adalah untuk dua orang, jadi kapasitas dan..
Mamin - 7 jam yang lalu

Makanan Ini Bantu Cegah Serangan Jantung

Wartakesehatan.com - Salah satu penyebab umum serangan jantung adalah pembuluh arteri yang tersumbat. Seperti yang dikutip..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

4 Manfaat Sehat Konsumsi Jahe

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jahe berguna untuk menghangatkan tubuh. Di Makassar, meminum olahan jahe seperti sarabba..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Bahan Alami Ini Mampu Turunkan Kolesterol Jahat

Wartakesehatan.com - Terdapat sederet pencetus tingginya kolesterol jahat, salah satunya karena terlalu banyak menyantap..

+Indeks