Obesitas Bahaya Bagi Kesehatan Anda Lho

Oleh : nurul kinanti | Jumat, 12 April 2019 | 17:10 WIB



Wartakesehatan.com - Obesitas merupakan ancaman yang serius bagi kesehatan. 

“Obesitas dapat menyebabkan komplikasi pada berbagai organ tubuh,” kata dokter spesialis penyakit dalam Dicky Levenus Tahapary pada Seminar Info Sehat FKUI di Jakarta.

Penyebab utama terjadinya obesitas adalah gaya hidup yang tidak sehat. Konsumsi makanan yang tinggi kalori dan rendahnya aktivitas fisik merupakan gara-garanya. Sebagian orang lagi, mengalami obesitas karna faktor genetik, kurang tidur, dan penyakit lainnya. 

"Sayangnya, banyak orang Indonesia yang tidak sadar bahwa obesitas itu penyakit," kata dokter spesialis anak Aman B. Pulungan.

Obesitas ditandai dengan berat badan yang berlebih, juga indeks massa tubuh (IMT) yang di luar batas normal yaitu di atas angka 25. Penumpukan lemak akhirnya menyebabkan kegemukan. 

Masalahnya obesitas bukan soal kegemukan saja, tetapi menjadi faktor risiko berbagai penyakit lainnya. Penyakit yang dapat terjadi karena diabetes adalah diabetes melitus, strok, demensia, hipertensi, penyakit jantung koroner, asma, perlemakan hati, sakit ginjal, kanker, dan banyak lagi. 

Dicky mengatakan bahwa obesitas merupakan problem yang berkaitan dengan berbagai jenis penyakit. Itulah sebabnya persoalan obesitas harus dicegah dan ditangani sedini mungkin. 

Pencegahannya sebetulnya sederhana yakni mengubah gaya hidup lebih sehat seperti pola makan yang sehat dan rutin beraktivitas fisik yaitu olahraga. 

Berat badan normal harus dipertahankan demi kesehatan yang maksimal. Penurunan berat badan dan menjaganya terus stabil dapat mengurangi risiko komplikasi penyakit terkait obesitas. 




#Obesitas
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 20 menit yang lalu

Waspada, Stres Pengaruhi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata stres berkaitan dengan mengalami serangan jantung, hal ini ditemukan oleh..
Mamin - 12 jam yang lalu

Makanan Terbaik untuk Program Diet Anda

Wartakesehatan.com - Saat memilih jenis makanan, anda harus memilih makanan yang terutama mengandung serat lebih banyak,..
Obat & Penyakit - 13 jam yang lalu

Obati Batuk dan Flu dengan Kunyit

Wartakesehatan - Musim hujan yang datang tak menentu sering membawa bakteri dan virus yang bisa membuat kita mengalami..
Mamin - 14 jam yang lalu

Makanan Cepat Saji bisa Merusak Hormon

Wartakesehatan - Bila Anda ingin sehat, sebaiknya lupakan kesukaan mengonsumsi makanan cepat saji atau fast..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Konsumsi Buah Naga

Wartakesehatan.com - Buah naga termasuk dalam tanaman kaktus-kaktusan. Buah naga ada yang berwarna merah dan ada yang..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Menangis Membuang Racun Pada Tubuh

Wartakesehatan.com - Air mata yang menetes berasal dari kelenjar lakrimal atau saluran air mata. Tak hanya untuk meluapkan..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Tidur Siang bisa Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

4 Asupan Sehat Ini Ternyata picu Ngantuk Siang Hari

Wartakesehatan - Untuk membangkitkan semangat tubuh, mungkin kita bisa memanfaatkan khasiat dengan mengkonsumsi beberapa..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Mulai Memasuki Masa Menopause, Ini Ciri-cirinya

Wartakesehatan.com - Menurut penelitian, wanita yang akan memasuki masa menopause akan dimulai dengan tanda terjadinya:-..
Ibu & Anak - 21 jam yang lalu

Alasan Ilmiah Ibu Hamil Dilarang Merokok

Wartakesehatan.com - Wanita hamil dilarang konsumsi jamu, tidak boleh olahraga terlalu berat, tidak boleh terlalu capek dan..

+Indeks