Obesitas Bisa Mempengaruhi Kesehatan Otak

Oleh : Dirk/suara | Senin, 15 April 2019 | 16:05 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Orang yang memiliki kelebihan berat badan diketahui berisiko terkena berbagai penyakit seperti kolesterol, darah tinggi, penyakit jantung, kanker dan masih banyak lagi. 

Bahkan studi terkini juga menemukan bahwa obesitas ternyata bisa mempengaruhi kesehatan otak. Sebuah studi yang dilakukan Universitas Cambridge menunjukkan bahwa sejak usia paruh baya, otak orang-orang berkelebihan berat badan menunjukkan tanda-tanda menua 10 tahun lebih cepat ketimbang otak orang-orang berbadan kurus. 

Kesimpulan ini didapat setelah tim peneliti dari Universitas Cambridge meneliti data dari 473 individu berusia di antara 20 dan 87 dan membagi data menjadi dua kategori berdasarkan berat badan: kurus dan gemuk. Mereka menemukan perbedaan-perbedaan yang mencolok dalam hal volume sumsum dalam otak orang gemuk dibanding mereka yang berbadan kurus. 

Studi yang diterbitkan di jurnal Neurobiology of Aging menunjukkan bahwa orang gemuk mengalami pengurangan sumsum otak yang menyebar dibanding orang kurus.

Sumsum otak adalah jaringan yang menghubungkan area-area di otak dan memungkinkan informasi dikomunikasikan antar-wilayah.

Tim peneliti lalu menghitung bagaimana volume sumsum berhubungan dengan dua kelompok usia. mereka menemukan orang bertubuh gemuk, katakanlah 50 tahun memiliki volume sumsum yang sebanding dengan volume sumsum otak orang kurus berusia 60 tahun.

Menyiratkan sebuah perbedaan di usia otak  hingga 10 tahun. Namun para peneliti hanya mengamati perbedaan ini pada orang-orang yang berusia paruh baya ke atas, mengingat otak adalah organ yang pada khususnya rentan selama periode usia tersebut.

"Akan penting juga untuk menemukan apakah perubahan-perubahan ini dapat dikembalikan dengan penurunan berat badan," kata pengarang studi, Profesor Paul Fletcher dari Universitas Cambridge.




Fokus : Obesitas


#Kesehatan otak
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Hal Ini Sangat Baik Dilakukan Di Pagi Hari

Wartakesehatan.com - Berolahraga sangat baik untuk membakar lebih banyak lemak dan membantu metabolisme. Selain itu, ada..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Cara Efektif Atasi susah Tidur di Malam Hari

Wartakesehatan.com - Memang tidur merupakan hal yang cukup sepele, namun bagi sebagian masyarakat tidur sangatlah berharga..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Mitos Kesehatan yang Banyak Dipercayai Masyarakat

Wartakesehatan.com - Tak semua informasi yang Anda peroleh belum tentu lengkap dan benar. Apalagi, perkembangan dunia..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Konsumsi Paprika Merah Bisa Memperpanjang Umur

Wartakesehatan.com - Sampai berapa umur kita memang hanya Allah yang tahu. Namun sebagai manusia kita harus berusaha agar..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Daun Sirih dan Cara Mengkonsumsinya

Wartakesehatan.com - Daun sirih yang dikunyah biasanya diisi dengan cagar mawar, cincang pinang, biji adas kering, bubuk..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Banyaknya Manfaat Dari Minyak Zaitun

Wartakesehatan.com - Minyak buah zaitun populer digunakan mulai dari bahan masakan, masker kecantikan, hingga ramuan..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Vitamin A & B dalam Buah Duku Sangat Bermanfaat

Wartakesehatan.com - Buah duku berasal dari bagian barat Asia Tenggara yang juga banyak dikenal di Thailand maupun..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Bobot Badan Turun Dengan Minum Air Lemon

Wartakesehatan.com - Konsumsi air panas atau air dingin yang dicampur dengan irisan lemon dipercaya dapat meningkatkan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Biji Nangka Mampu Atasi Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tak hanya buahnya yang manis, biji nangka pun dikenal bisa dimakan. Biasanya terlihat dalam menu sayur..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Wajah Awet Muda Cukup dengan Jeruk Nipis

Wartakesehatan.com - Untuk bisa tetap awet muda banyak orang menghabiskan banyak uang untuk memoles diri di salon kecantikan,..

+Indeks