Awas Polusi Udara Dapat Picu Gagal Ginjal

Oleh : Dirk/krjogja. | Minggu, 23 Juni 2019 | 10:05 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Penemuan terbaru menunjukkan bahwa polusi udara akan meningkatkan perkembangan kelainan imun pada ginjal (membranous nepropathy) yang dapat memicu timbulnya gagal ginjal.

Paparan jangka panjang polusi udara tingkat tinggi  atau Particulate Meter (PM) 2.5, dikaitkan dengan meningkatnya risiko terkena membranous nepropathy. Penelitian sebelumnya juga telah menunjukkan bahwa semakin sering Anda terpapar polusi udara maka semakin tinggi pula risiko terserang penyakit saluran pernapasan dan penyait kardiovaskuler.

Untuk mengetahui bagaimana tingkat polusi udara (PM) dapat memengaruhi kesehatan ginjal, para peneliti mengamati biopsi ginjal yang dikumpulkan selama 11 tahun lalu dari 71.151 pasien dari 938 rumah sakit di China dari segala kelompok usia.

Ginjal yang berasal dari wilayah dengan level polusi udara yang tinggi memiliki tingkat membranous nepropathy yang tinggi. Rata-rata, tingkat perkembangan penyakit ini meningkat 13 persen setiap tahunnya.

"Penemuan utama kami adalah membranous nepropathy meningkat dua kali lipat selama dua dekade akhir di China. Kami menemukan bahwa peningatan tersebut berkaitan dengan penyebaran polusi udara yang ada di setiap wilayah," ujar Fan Fan Hou dari China's Southern Medical University.

Penemuan yang dimuat di Journal of American Society of Nephrology (JASN) itu memperlihatkan bagaimana polusi udara dapat memengaruhi perkembangan penyakit ginjal di daerah urban.




Fokus : Polusi


#Ginjal #Polusi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 jam yang lalu

4 Hal Ini Bantu Menghilangkan Stres

Wartakesehatan.com - Stres seringkali sulit untuk dihindari ya ladies. Tapi masak iya mau menghabiskan hidup hanya untuk..
Seks - 2 jam yang lalu

Pentingnya Mengetahui Kesehatan Vagina

Wartakesehatan.com - Vagina yang terletak di bawah area pinggul ini tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus sehingga..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Minum Cokelat Panas Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidak hanya membuat Anda hangat sepanjang musim dingin, cokelat panas ini juga dapat meningkatkan..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Sebatang Rokok Sehari Tingkatkan Kematian

Wartakesehatan.com -  Studi belum lama ini menemukan, satu batang rokok sehari dapat meningkatkan risiko kematian..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Nanas bisa bikin Gigi Putih Alami

Wartakesehatan.com - Gigi putih bisa menjadi satu tanda kesehatan gigi dan mulut yang terjaga. Dengan gigi yang putih,..
Mamin - 6 jam yang lalu

Makan Ikan Lele Beri Manfaat Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Ikan lele sekarang merupakan jenis ikan air tawar yang sering banyak Anda jumpai di pasar. Sebab Ikan..
Ibu & Anak - 7 jam yang lalu

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Mitos hamil mengatakan bahwa ibu hamil ketika makan adalah untuk dua orang, jadi kapasitas dan..
Mamin - 8 jam yang lalu

Makanan Ini Bantu Cegah Serangan Jantung

Wartakesehatan.com - Salah satu penyebab umum serangan jantung adalah pembuluh arteri yang tersumbat. Seperti yang dikutip..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

4 Manfaat Sehat Konsumsi Jahe

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jahe berguna untuk menghangatkan tubuh. Di Makassar, meminum olahan jahe seperti sarabba..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Bahan Alami Ini Mampu Turunkan Kolesterol Jahat

Wartakesehatan.com - Terdapat sederet pencetus tingginya kolesterol jahat, salah satunya karena terlalu banyak menyantap..

+Indeks