Awas Polusi Udara Dapat Picu Gagal Ginjal

Oleh : Dirk/krjogja. | Selasa, 16 April 2019 | 15:05 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Penemuan terbaru menunjukkan bahwa polusi udara akan meningkatkan perkembangan kelainan imun pada ginjal (membranous nepropathy) yang dapat memicu timbulnya gagal ginjal.

Paparan jangka panjang polusi udara tingkat tinggi  atau Particulate Meter (PM) 2.5, dikaitkan dengan meningkatnya risiko terkena membranous nepropathy. Penelitian sebelumnya juga telah menunjukkan bahwa semakin sering Anda terpapar polusi udara maka semakin tinggi pula risiko terserang penyakit saluran pernapasan dan penyait kardiovaskuler.

Untuk mengetahui bagaimana tingkat polusi udara (PM) dapat memengaruhi kesehatan ginjal, para peneliti mengamati biopsi ginjal yang dikumpulkan selama 11 tahun lalu dari 71.151 pasien dari 938 rumah sakit di China dari segala kelompok usia.

Ginjal yang berasal dari wilayah dengan level polusi udara yang tinggi memiliki tingkat membranous nepropathy yang tinggi. Rata-rata, tingkat perkembangan penyakit ini meningkat 13 persen setiap tahunnya.

"Penemuan utama kami adalah membranous nepropathy meningkat dua kali lipat selama dua dekade akhir di China. Kami menemukan bahwa peningatan tersebut berkaitan dengan penyebaran polusi udara yang ada di setiap wilayah," ujar Fan Fan Hou dari China's Southern Medical University.

Penemuan yang dimuat di Journal of American Society of Nephrology (JASN) itu memperlihatkan bagaimana polusi udara dapat memengaruhi perkembangan penyakit ginjal di daerah urban.




Fokus : Polusi


#Ginjal #Polusi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Hal Ini Sangat Baik Dilakukan Di Pagi Hari

Wartakesehatan.com - Berolahraga sangat baik untuk membakar lebih banyak lemak dan membantu metabolisme. Selain itu, ada..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Cara Efektif Atasi susah Tidur di Malam Hari

Wartakesehatan.com - Memang tidur merupakan hal yang cukup sepele, namun bagi sebagian masyarakat tidur sangatlah berharga..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Mitos Kesehatan yang Banyak Dipercayai Masyarakat

Wartakesehatan.com - Tak semua informasi yang Anda peroleh belum tentu lengkap dan benar. Apalagi, perkembangan dunia..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Konsumsi Paprika Merah Bisa Memperpanjang Umur

Wartakesehatan.com - Sampai berapa umur kita memang hanya Allah yang tahu. Namun sebagai manusia kita harus berusaha agar..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Daun Sirih dan Cara Mengkonsumsinya

Wartakesehatan.com - Daun sirih yang dikunyah biasanya diisi dengan cagar mawar, cincang pinang, biji adas kering, bubuk..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Banyaknya Manfaat Dari Minyak Zaitun

Wartakesehatan.com - Minyak buah zaitun populer digunakan mulai dari bahan masakan, masker kecantikan, hingga ramuan..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Vitamin A & B dalam Buah Duku Sangat Bermanfaat

Wartakesehatan.com - Buah duku berasal dari bagian barat Asia Tenggara yang juga banyak dikenal di Thailand maupun..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Bobot Badan Turun Dengan Minum Air Lemon

Wartakesehatan.com - Konsumsi air panas atau air dingin yang dicampur dengan irisan lemon dipercaya dapat meningkatkan..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Biji Nangka Mampu Atasi Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tak hanya buahnya yang manis, biji nangka pun dikenal bisa dimakan. Biasanya terlihat dalam menu sayur..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Wajah Awet Muda Cukup dengan Jeruk Nipis

Wartakesehatan.com - Untuk bisa tetap awet muda banyak orang menghabiskan banyak uang untuk memoles diri di salon kecantikan,..

+Indeks