Kesehatan Spesial Konsumsi Brokoli

Oleh : nurul kinanti | Selasa, 16 April 2019 | 17:01 WIB



Wartakesehatan.com - Ngomong-ngomong soal brokoli, ternyata sayuran satu ini juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan beberapa diantaranya belum begitu populer sehingga tidak banyak orang yang mengetahui. Adapun beberapa manfaat kesehatan special jika kita makan brokoli mentah diantaranya adalah:

Mengandung senyawa anti kanker

Menurut penelitian yang dilakukan oleh tim dari Oregon State University, senyawa anti kanker dalam brokoli yang disebut sulforaphane tidak hanya dapat mencegah kanker tetapi juga dapat meningkatkan efektivitas terapi kanker, terutama di antara pasien pendeita kanker prostat. Senyawa ini dapat memicu kematian sel kanker prostat dan dengan demikian menunda perkembangan penyakit tersebut ke tahap lebih parah. Hal ini lantas lantas dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kemoterapi.

Di sisi lain peneliti mengatakan bahwa pasien membutuhkan lebih dari jumlah yang biasanya dikonsumsi saat makan brokoli. Sehingga mereka perlu mendapatkan asupan sulforaphane yang cukup dengan mengkonsumsinya sebagai suplemen.

Membersihkan (detoksifikasi) tubuh, terutama yang disebabkan oleh polutan udara

Polusi udara telah menjadi masalah kronis dan menyebar di banyak bagian dunia. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kecambah brokoli dapat secara signifikan mendetoksifikasi tubuh dan menghilangkan iritasi yang mungkin berasal dari polusi udara tersebut.

Penelitian ini dilakukan oleh Sekolah Kesehatan Publik Johns Hopkins Bloomberg. Dalam uji klinis yang berlangsung selama 12 minggu, 291 pria dan wanita Cina tinggal di daerah yang paling tercemar di negara itu. Satu kelompok mengonsumsi minuman dengan bubuk brokoli kering yang dibekukan sementara yang lain minum jus dari jeruk nipis dan nanas. Mereka yang mengonsumsi bubuk brokoli mengeluarkan benzena, karsinogen, sebanyak 60% dibandingkan mereka yang tidak. Selain itu, mereka yang mengonsumsi minuman brokoli juga mengeluarkan acrolein, suatu iritan, sekitar 23%.

Mengurangi risiko cacat progeria

Progeria adalah penyakit langka ditandai dengan penuaan tubuh yang cepat. Banyak pasien penderita penyakit ini tidak bisa hidup lebih dari 30 tahun. Beberapa ahli menyatakan bahwa belum diketahui obat untuk penyakit progeria, tetapi senyawa dalam brokoli diteliti dapat mengurangi cacat protein yang disebut progerin dan memperlambat perkembangannya. Studi yang dilakukan oleh Technische Universitaet Muenchen menemukan senyawa sulforaphane dapat mencegah akumulasi progerin dalam sel.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Hal Ini Sangat Baik Dilakukan Di Pagi Hari

Wartakesehatan.com - Berolahraga sangat baik untuk membakar lebih banyak lemak dan membantu metabolisme. Selain itu, ada..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Cara Efektif Atasi susah Tidur di Malam Hari

Wartakesehatan.com - Memang tidur merupakan hal yang cukup sepele, namun bagi sebagian masyarakat tidur sangatlah berharga..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Mitos Kesehatan yang Banyak Dipercayai Masyarakat

Wartakesehatan.com - Tak semua informasi yang Anda peroleh belum tentu lengkap dan benar. Apalagi, perkembangan dunia..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Konsumsi Paprika Merah Bisa Memperpanjang Umur

Wartakesehatan.com - Sampai berapa umur kita memang hanya Allah yang tahu. Namun sebagai manusia kita harus berusaha agar..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Daun Sirih dan Cara Mengkonsumsinya

Wartakesehatan.com - Daun sirih yang dikunyah biasanya diisi dengan cagar mawar, cincang pinang, biji adas kering, bubuk..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Banyaknya Manfaat Dari Minyak Zaitun

Wartakesehatan.com - Minyak buah zaitun populer digunakan mulai dari bahan masakan, masker kecantikan, hingga ramuan..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Vitamin A & B dalam Buah Duku Sangat Bermanfaat

Wartakesehatan.com - Buah duku berasal dari bagian barat Asia Tenggara yang juga banyak dikenal di Thailand maupun..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Bobot Badan Turun Dengan Minum Air Lemon

Wartakesehatan.com - Konsumsi air panas atau air dingin yang dicampur dengan irisan lemon dipercaya dapat meningkatkan..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Biji Nangka Mampu Atasi Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tak hanya buahnya yang manis, biji nangka pun dikenal bisa dimakan. Biasanya terlihat dalam menu sayur..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Wajah Awet Muda Cukup dengan Jeruk Nipis

Wartakesehatan.com - Untuk bisa tetap awet muda banyak orang menghabiskan banyak uang untuk memoles diri di salon kecantikan,..

+Indeks