Inilah Manfaat Lari Bagi Tubuh Anda

Oleh : Dirk Christ | Selasa, 25 Juni 2019 | 10:10 WIB


(ist)

Wartakesehaan.com - Olahraga lari tidak hanya murah, tapi juga mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Lari memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti memperlancar aliran darah, meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Di samping itu, lari juga dapat memicu pengeluaran hormon dan enzim yang merangsang jantung dan otot bekerja lebih baik.

Selain dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh, lari juga memiliki manfaat lain yang secara langsung dapat memengaruhi beberapa bagian tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat lari bagi tubuh.

  • Mengurangi berat badan Olahraga lari dapat memicu pembakaran kalori dalam tubuh Anda. Banyaknya kalori yang dibakar dipengaruhi oleh seberapa cepat dan seberapa jauh jarak lari Anda. Meski banyaknya kalori juga dipengaruhi oleh faktor lain misalnya berat badan, tapi setidaknya dalam jarak 1,5 km Anda dapat membakar kurang lebih 100 kalori dari dalam tubuh.
  • Baik bagi kesehatan lutut Melakukan olahraga lari dapat berperan pada lutut yang sehat, bahkan pada penderita arthritis sekalipun. Studi menunjukkan bahwa mereka yang melakukan olahraga lari dapat menurunkan risiko arthritis pada lutut dan pinggul, serta merangsang pertumbuhan tulang rawan pada lutut.
  • Mencegah osteoporosis Olahraga lari dapat memicu pembentukan sel-sel tulang baru. Hal ini yang membuat tulang Anda menjadi lebih kuat dan dapat menurunkan risiko terkena osteoporosis di kemudian hari.
  • Mengurangi risiko jantung koroner Berlari lebih dari 16 km per minggu setidaknya bisa meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam tubuh Anda. Manfaat lari lainnya yang bisa Anda dapat yaitu, berkurangnya kadar trigliserida dan lemak dalam tubuh. Dan jika Anda bisa meningkatkan jarak lari hingga 80 km per minggu, Anda akan mengalami peningkatan HDL yang signifikan. Penelitian menunjukkan mereka yang melakukan olahraga lari teratur dan lebih dari 50 menit dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain melakukan olahraga teratur, Anda perlu menunjangnya dengan makanan yang sehat dan gaya hidup yang sehat.



Fokus : Lari


#Tubuh
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 10 jam yang lalu

4 Jenis Insomnia yang Perlu Diketahui

Wartakesehatan - Dokter dari Klinik Gangguan Tidur Rumah Sakit Umum Pusat Dr Sardjito, Yogyakarta, Astuti,..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Menguap Teryata Miliki Manfaat Kesehatan

Wartakesehatan.com - Menguap adalah indikasi dari perasaan bosan, lelah dan juga mengantuk. Sadar atau tidak, saat kita..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

4 Hal Ini Bantu Menghilangkan Stres

Wartakesehatan.com - Stres seringkali sulit untuk dihindari ya ladies. Tapi masak iya mau menghabiskan hidup hanya untuk..
Seks - 14 jam yang lalu

Pentingnya Mengetahui Kesehatan Vagina

Wartakesehatan.com - Vagina yang terletak di bawah area pinggul ini tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus sehingga..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Minum Cokelat Panas Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidak hanya membuat Anda hangat sepanjang musim dingin, cokelat panas ini juga dapat meningkatkan..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Sebatang Rokok Sehari Tingkatkan Kematian

Wartakesehatan.com -  Studi belum lama ini menemukan, satu batang rokok sehari dapat meningkatkan risiko kematian..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Nanas bisa bikin Gigi Putih Alami

Wartakesehatan.com - Gigi putih bisa menjadi satu tanda kesehatan gigi dan mulut yang terjaga. Dengan gigi yang putih,..
Mamin - 18 jam yang lalu

Makan Ikan Lele Beri Manfaat Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Ikan lele sekarang merupakan jenis ikan air tawar yang sering banyak Anda jumpai di pasar. Sebab Ikan..
Ibu & Anak - 19 jam yang lalu

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Mitos hamil mengatakan bahwa ibu hamil ketika makan adalah untuk dua orang, jadi kapasitas dan..
Mamin - 20 jam yang lalu

Makanan Ini Bantu Cegah Serangan Jantung

Wartakesehatan.com - Salah satu penyebab umum serangan jantung adalah pembuluh arteri yang tersumbat. Seperti yang dikutip..

+Indeks