Inilah Penyebab Mata Menjadi Minus

Oleh : Dirk/statusfan | Jumat, 14 Juni 2019 | 13:00 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Memiliki mata yang sehat merupakan dambaan setiap manusia, karena dengan mata yang sehat kita dapat leluasa melihat tanpa harus menggunakan alat bantu kacamata atau softlense.
 
Kali ini aku mau sharing tentang apa sajasih penyebab mata bisa menjadi minus menurut beberapa sumber yang aku baca dan menurut pengalaman aku sendiri terutama karena kebetulan aku juga terkena penyakit mata minus ini.
 
1.  Kurang mengonsumsi makanan sehat.
Terkadang kita kurang sadar bahwa makanan sehat yang memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna selain baik untuk kesehatan tubuh kita, juga baik untuk kesehatan mata kita bahkan sangat berpengaruh terhadap mata. Biasakan makan – makanan yang seimbang, baik antara karbohidrat dan sayur – mayor dan dilengkapi dengan buah – buahan. Mengkonsumsi karbohidrat berlebih selain tidak baik bagi tubuh, juga tidak baik untuk ketajaman pada mata.
 
2.  Kebiasaan pola hidup yang tidak sehat.
Kebiasaann pola hidup yang buruk juga dapat memicu penyebab mata minus dan mempengaruhi kesehatan pada mata lho, bahkan lebih buruk lagi dapat merusak mata. Karena kebiasaan pola hidup tidak sehat dapat membuat mata menjadi lelah dan bahkan mata menjadi terbiasa melakukan pekerjaan melihat dengan tidak sesuai dengan kapasitas otot mata kita. Contoh kebiasaan buruk itu antara lain : membaca di tempat yang redup / gelap, kebiasaan membaca sambil tiduran, kebiasaan membaca dengan jarak yang terlalu dekat, dan kebiasaan buruk lainnya.
 
 3. Sering berada di lingkungan yang kurang sehat.
Lingkungan yang kurang sehat tentu dapat mempengaruhi kesehatan dan kebersihan mata, baik lingkungan udara, air, maupun makanan. Sering beradu di jalan raya yang pasti penuh dengan polusi, yang tidak baik terhadap mata, mata menjadi terkena debu dan udara kotor. Polusi dan asap kendaraan sebenarnya juga penyebab mata minus jika terlalu sering terkena polutan udara kotor dan terik sinar mata hari yang berlebih juga tidak baik untuk mata.
 
4. Banyak mengonsumsi gula yang terlalu banyak.
Ternyata penelitian mengungkapkan, bahwa banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis, terutama gula dapat berpengaruh pada mata kita, jadi kita harus seimbang mengonsumsi makan dan minum yang sehat untuk suplay tubuh kita, dan terutama untuk kesehatan dan ketajaman mata kita. 
 
5. Kurangnya mendapat sinar matahari.
Mendapatkan sinar matahari yang cukup dapat membantu menyehatkan mata terutama sinar matahari pagi. Oleh karena itu disarankan agar senantiasa berolahraga pagi selain menyehatkan tubuh juga dapat membantu menyehatkan mata karena terkena sinar matahari pagi.
 
6. Terlalu sering menatap pada layar televisi maupun komputer.
Ini adalah penyebab yang paling umum dan sering dilakukan oleh masyarakat terutama kita sebagai remaja. Melihat dihadapan televisi atau komputer merupakan hal yang sangat sering dilakukan. Tanpa kita sadari keduanya memiliki sinar radiasi tinggi yang dapat memicu penyebab mata minus, karena saat mata kita memelototi layar televisi maupun komputer, mata kita akan berkedip lebih sedikit dari pada saat kita tidak memelototi layar radiasi tersebut. Maka, mengakibatkan selaput mata kita menjadi cepat kering, dan retina bekerja tidak normal, akibatnya mata menjadi cepat minus.
 
Nah itulah beberapa penyebab mata minus yang bisa aku sharing. Yuk mari jaga mata sebelum terkena minus, karena memakai alat bantu melihat itu tidak enak loh. Apalagi memakai kacamata, yang lama kelamaan bisa membuat batang hidung kita lelah karena berat. Bahkan akan sangat ribet ketika kita membawa kendaraan roda dua karena harus memakai helm dan juga ditambah kacamata, sehingga tidak jarang menimbulkan rasa sakit di bagian yang terjepit oleh pegangan kacamata.




Fokus : Mata


#Mata #Minus
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Diet Tinggi Gula Dapat Memengaruhi Kualitas Sperma

Wartakesehatatan.com - Tak hanya gula darah, tetapi makanan dan minuman manis bisa berpengaruh pada kesehatan..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Kondisi Kaki yang Bisa Mengungkap Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Mulai sekarang jangan sepelekan kondisi kakimu. Seperti diktuip dari everyday health, kondisi kaki bisa..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Tips Pulihkan Rasa Lelah Usai Pulang Kerja

Wartakesehatan.com-Kelelahan setelah pulang bekerja merupakan hal yang tidak bisa dihindari, karenanya Anda perlu mencari cara..
9 jam yang lalu

Cara Mengatasi Alergi Yang Kumat

Wartakesehatan.com-Alergi terjadi karena sistem imun Anda salah mengira zat yang pada dasarnya tidak berbahaya sebagai ancaman..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Stres Berat Bisa Sebabkan Gangguan Jiwa

Wartakesehatan.com-Pada dasarnya, stress merupakan cara tubuh melindungi diri dari bahaya sehingga membuat kita tetap fokus,..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Tips Mengatasi Bornout Saat Bekerja

Wartakesehatan.com-Bornout synndrome adalah sebuah kondisi stres kronis yang berhubungan dengan pekerjaan...
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Mudah

Wartakesehatan.com - Penyakit jantung disebut penyakit yang banyak merenggut nyawa. Oleh karena itu ada beberapa cara menjaga..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Gula Aren Lebih Sehat Daripada Gula Putih

Wartakesehatan.com - Gula sering ditambahkan dalam berbagai makanan dan minuman. Namun hati-hati, jika berlebihan bisa..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Bersepeda Menurunkan Resiko Beberapa Penyakit

Wartakesehatan.com - Rutin bersepeda juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko sejumlah penyakit kronis, seperti diabetes..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

Manfaat Kesehatan Kacang-Kacangan Bagi Anda

Wartakesehatan.com - Nutritionist dari Metropolitan State University of Denver, Malena Perdomo, MS, RDN, CDE menuturkan..

+Indeks