Inilah Penyebab Mata Menjadi Minus

Oleh : Dirk/statusfan | Jumat, 14 Juni 2019 | 13:00 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Memiliki mata yang sehat merupakan dambaan setiap manusia, karena dengan mata yang sehat kita dapat leluasa melihat tanpa harus menggunakan alat bantu kacamata atau softlense.
 
Kali ini aku mau sharing tentang apa sajasih penyebab mata bisa menjadi minus menurut beberapa sumber yang aku baca dan menurut pengalaman aku sendiri terutama karena kebetulan aku juga terkena penyakit mata minus ini.
 
1.  Kurang mengonsumsi makanan sehat.
Terkadang kita kurang sadar bahwa makanan sehat yang memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna selain baik untuk kesehatan tubuh kita, juga baik untuk kesehatan mata kita bahkan sangat berpengaruh terhadap mata. Biasakan makan – makanan yang seimbang, baik antara karbohidrat dan sayur – mayor dan dilengkapi dengan buah – buahan. Mengkonsumsi karbohidrat berlebih selain tidak baik bagi tubuh, juga tidak baik untuk ketajaman pada mata.
 
2.  Kebiasaan pola hidup yang tidak sehat.
Kebiasaann pola hidup yang buruk juga dapat memicu penyebab mata minus dan mempengaruhi kesehatan pada mata lho, bahkan lebih buruk lagi dapat merusak mata. Karena kebiasaan pola hidup tidak sehat dapat membuat mata menjadi lelah dan bahkan mata menjadi terbiasa melakukan pekerjaan melihat dengan tidak sesuai dengan kapasitas otot mata kita. Contoh kebiasaan buruk itu antara lain : membaca di tempat yang redup / gelap, kebiasaan membaca sambil tiduran, kebiasaan membaca dengan jarak yang terlalu dekat, dan kebiasaan buruk lainnya.
 
 3. Sering berada di lingkungan yang kurang sehat.
Lingkungan yang kurang sehat tentu dapat mempengaruhi kesehatan dan kebersihan mata, baik lingkungan udara, air, maupun makanan. Sering beradu di jalan raya yang pasti penuh dengan polusi, yang tidak baik terhadap mata, mata menjadi terkena debu dan udara kotor. Polusi dan asap kendaraan sebenarnya juga penyebab mata minus jika terlalu sering terkena polutan udara kotor dan terik sinar mata hari yang berlebih juga tidak baik untuk mata.
 
4. Banyak mengonsumsi gula yang terlalu banyak.
Ternyata penelitian mengungkapkan, bahwa banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis, terutama gula dapat berpengaruh pada mata kita, jadi kita harus seimbang mengonsumsi makan dan minum yang sehat untuk suplay tubuh kita, dan terutama untuk kesehatan dan ketajaman mata kita. 
 
5. Kurangnya mendapat sinar matahari.
Mendapatkan sinar matahari yang cukup dapat membantu menyehatkan mata terutama sinar matahari pagi. Oleh karena itu disarankan agar senantiasa berolahraga pagi selain menyehatkan tubuh juga dapat membantu menyehatkan mata karena terkena sinar matahari pagi.
 
6. Terlalu sering menatap pada layar televisi maupun komputer.
Ini adalah penyebab yang paling umum dan sering dilakukan oleh masyarakat terutama kita sebagai remaja. Melihat dihadapan televisi atau komputer merupakan hal yang sangat sering dilakukan. Tanpa kita sadari keduanya memiliki sinar radiasi tinggi yang dapat memicu penyebab mata minus, karena saat mata kita memelototi layar televisi maupun komputer, mata kita akan berkedip lebih sedikit dari pada saat kita tidak memelototi layar radiasi tersebut. Maka, mengakibatkan selaput mata kita menjadi cepat kering, dan retina bekerja tidak normal, akibatnya mata menjadi cepat minus.
 
Nah itulah beberapa penyebab mata minus yang bisa aku sharing. Yuk mari jaga mata sebelum terkena minus, karena memakai alat bantu melihat itu tidak enak loh. Apalagi memakai kacamata, yang lama kelamaan bisa membuat batang hidung kita lelah karena berat. Bahkan akan sangat ribet ketika kita membawa kendaraan roda dua karena harus memakai helm dan juga ditambah kacamata, sehingga tidak jarang menimbulkan rasa sakit di bagian yang terjepit oleh pegangan kacamata.




Fokus : Mata


#Mata #Minus
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 9 jam yang lalu

4 Jenis Insomnia yang Perlu Diketahui

Wartakesehatan - Dokter dari Klinik Gangguan Tidur Rumah Sakit Umum Pusat Dr Sardjito, Yogyakarta, Astuti,..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Menguap Teryata Miliki Manfaat Kesehatan

Wartakesehatan.com - Menguap adalah indikasi dari perasaan bosan, lelah dan juga mengantuk. Sadar atau tidak, saat kita..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

4 Hal Ini Bantu Menghilangkan Stres

Wartakesehatan.com - Stres seringkali sulit untuk dihindari ya ladies. Tapi masak iya mau menghabiskan hidup hanya untuk..
Seks - 13 jam yang lalu

Pentingnya Mengetahui Kesehatan Vagina

Wartakesehatan.com - Vagina yang terletak di bawah area pinggul ini tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus sehingga..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Minum Cokelat Panas Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidak hanya membuat Anda hangat sepanjang musim dingin, cokelat panas ini juga dapat meningkatkan..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Sebatang Rokok Sehari Tingkatkan Kematian

Wartakesehatan.com -  Studi belum lama ini menemukan, satu batang rokok sehari dapat meningkatkan risiko kematian..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Nanas bisa bikin Gigi Putih Alami

Wartakesehatan.com - Gigi putih bisa menjadi satu tanda kesehatan gigi dan mulut yang terjaga. Dengan gigi yang putih,..
Mamin - 17 jam yang lalu

Makan Ikan Lele Beri Manfaat Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Ikan lele sekarang merupakan jenis ikan air tawar yang sering banyak Anda jumpai di pasar. Sebab Ikan..
Ibu & Anak - 18 jam yang lalu

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Mitos hamil mengatakan bahwa ibu hamil ketika makan adalah untuk dua orang, jadi kapasitas dan..
Mamin - 19 jam yang lalu

Makanan Ini Bantu Cegah Serangan Jantung

Wartakesehatan.com - Salah satu penyebab umum serangan jantung adalah pembuluh arteri yang tersumbat. Seperti yang dikutip..

+Indeks