Awas, Ngemil di Malam Hari Bisa Merusak Otak!

Oleh : Dirk Christ | Senin, 20 Mei 2019 | 21:35 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Sering menunda-nunda makan hingga larut malam atau selalu ngemil saat malam hari? Awas, negemil di malam hari bukan hanya bikin gemuk, tapi juga bisa merusak otak.

Dikutip dari Indian Express, para peneliti menyatakan bahwa mengonsumsi makanan di saat jam tidur setiap harinya sangat berbahaya. Terlebih bagi fungsi otak untuk belajar dan menyimpan memori.

"Kami telah menemukan bukti pertama bahwa mengonsumsi makanan di waktu yang salah dapat memiliki efek yang jauh untuk belajar dan memori," kata Dawn Loh dari University of California, Los Angeles.

Penelitian yang melibatkan tikus ini bertujuan untuk mendalami objek baru tersebut. Selama penelitian, tikus dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama akan diberi makan pada malam hari dan sebagian lainnya pada siang hari, saat tikus biasanya tidur.

Setelah makan, tikus tersebut kemudian dipisahkan ke dalam kandang khusus dan diberikan kejutan. Keesokan harinya, para tikus dikembalikan ke kandang mereka untuk mendapatkan kejutan.

Ternyata tikus yang makan ketika mereka seharusnya tidur akan mengalami gangguan dalam mengingat. Mereka juga memiliki lebih banyak kesulitan untuk mengenali objek baru dan menunjukkan perubahan dalam hippocampus mereka, daerah otak yang terlibat dalam belajar dan memori.

"Pengingat dalam otak kita dirancang untuk selalu tetap dan teratur pada jadwal tertentu," kata Christopher Colwell, profesor psikiatri dan ilmu biobehavioral yang juga dari University of California, Los Angeles.

Sayangnya, penelitian ini masih belum sepenuhnya dapat dilakukan pada manusia. Sehingga, pengaruh makan di jam istirahat tubuh masih harus dibuktikan lebih lanjut. Namun, hasil ini tetap penting sebagai peringatan bagi mereka yang sering begadang atau bekerja shift malam.

Maka, Colwell menyarankan untuk menyesuaikan dengan pola tidur mereka yang konsisten pada satu jadwal. Sayangnya, masih banyak pekerja yang bekerja di malam hari selama seminggu, kemudian minggu depan kembali ke jadwal bekerja di siang hari.

"Hal ini yang menjadi penyebab hancurnya siklus tubuh," tutup Colwell.




Fokus : Ngemil


#Malam #Ngemil
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 17 menit yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

5 Cara Pintar Atasi Nyeri saat Haid

Wartakesehatan.com - Pada umumnya wanita merasakan nyeri atau kram perut saat haid (Dismenore) yang dapat berlangsung..
Ibu & Anak - 12 jam yang lalu

Penting! Ibu Hamil jaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum..
Mamin - 13 jam yang lalu

Basmi Jerawat Dengan Makanan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Wajah penuh jerawat dan terlihat kusam adalah tanda telah terjadi penumpukan racun dalam jumlah yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

ASUS VivoBook A409, Laptop Klasik dengan NanoEdge Display

Jakarta, Warkes.com - ASUS kembali menghadirkan laptop klasik mainstream ke pasaran Indonesia. Laptop sehari-hari yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

Sophia the Robot Gambaran Kecerdasan Manusia di Atas Manusia Buatan

Jakarta, Warkes.com – Bagaimanapun pintarnya robot, tentu merupakan sebuah program yang dalam hal ini dibuat oleh..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Kembangkan Sayap Bisnis di Yogyakarta Toys Kingdom Buku Toko ke Tiga-nya

Yogyakarta, Warkes.com - Toys Kingdom, pusat mainan dan hobi untuk segala usia kembali membuka toko terbaru tepatnya di Jogja..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Waspada, Ruang AC bisa bikin Gemuk

Wartakesehatan.com - Di jaman yang sudah modern ini, AC tampaknya telah jadi bagian kehidupan kita sehari-hari. Di kantor,..

+Indeks