Awas, Ngemil di Malam Hari Bisa Merusak Otak!

Oleh : Dirk Christ | Sabtu, 20 April 2019 | 23:35 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Sering menunda-nunda makan hingga larut malam atau selalu ngemil saat malam hari? Awas, negemil di malam hari bukan hanya bikin gemuk, tapi juga bisa merusak otak.

Dikutip dari Indian Express, para peneliti menyatakan bahwa mengonsumsi makanan di saat jam tidur setiap harinya sangat berbahaya. Terlebih bagi fungsi otak untuk belajar dan menyimpan memori.

"Kami telah menemukan bukti pertama bahwa mengonsumsi makanan di waktu yang salah dapat memiliki efek yang jauh untuk belajar dan memori," kata Dawn Loh dari University of California, Los Angeles.

Penelitian yang melibatkan tikus ini bertujuan untuk mendalami objek baru tersebut. Selama penelitian, tikus dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama akan diberi makan pada malam hari dan sebagian lainnya pada siang hari, saat tikus biasanya tidur.

Setelah makan, tikus tersebut kemudian dipisahkan ke dalam kandang khusus dan diberikan kejutan. Keesokan harinya, para tikus dikembalikan ke kandang mereka untuk mendapatkan kejutan.

Ternyata tikus yang makan ketika mereka seharusnya tidur akan mengalami gangguan dalam mengingat. Mereka juga memiliki lebih banyak kesulitan untuk mengenali objek baru dan menunjukkan perubahan dalam hippocampus mereka, daerah otak yang terlibat dalam belajar dan memori.

"Pengingat dalam otak kita dirancang untuk selalu tetap dan teratur pada jadwal tertentu," kata Christopher Colwell, profesor psikiatri dan ilmu biobehavioral yang juga dari University of California, Los Angeles.

Sayangnya, penelitian ini masih belum sepenuhnya dapat dilakukan pada manusia. Sehingga, pengaruh makan di jam istirahat tubuh masih harus dibuktikan lebih lanjut. Namun, hasil ini tetap penting sebagai peringatan bagi mereka yang sering begadang atau bekerja shift malam.

Maka, Colwell menyarankan untuk menyesuaikan dengan pola tidur mereka yang konsisten pada satu jadwal. Sayangnya, masih banyak pekerja yang bekerja di malam hari selama seminggu, kemudian minggu depan kembali ke jadwal bekerja di siang hari.

"Hal ini yang menjadi penyebab hancurnya siklus tubuh," tutup Colwell.




Fokus : Ngemil


#Malam #Ngemil
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Seks - 5 jam yang lalu

Ereksi 3-5 kali Semalam Menandakan Kesehatan Pria

Wartakesehatan.com - Seorang Profesor dan Direktur dari Divisi Urologi di Southern Illinois University School of Medicine,..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Konsumsi Pare Menyembuhkan Gangguan Pernafasan

Wartakesehatan.com - Ternyata pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Dampak Buruk Minum Teh Setelah Makan

Wartakesehatan.com - Tahukah kalian kalau ternyata minum teh setelah makan punya dampak buruk bagi tubuh? Dikutip..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Dampak Tak Terduga Dari Diabetes

Wartakesehatan.com - Menurut Osama Hamdy Direktur Inpatient Diabetes Program at the Joslin Diabetes Center, Boston,..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Buah Srikaya Ampuh Turunkan Kolesterol Jahat

Wartakesehatan.com - Buah srikaya cukup mudah ditemui dimanapun. Di toko buah atau pun di pasar. Buah srikaya memiliki daging..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Konsumsi Cokelat Meningkatkan Sirkulasi Darah

Wartakesehatan.com - Bagi mereka yang takut gemuk sering kali menghindari coklat. Karena kandungan lemak yang..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

6 Manfaat Terong yang Perlu Anda Tahu

Wartakesehatan.com - Terong mempunyai banyak jenis mulai dari terong ungu, belanda dan juga terong bulat dan masih..
Mamin - 12 jam yang lalu

Bahaya !! Makanan Sehat Ternyata Mengandung Racun

Wartakesehatan.com - Ini dia lima makanan yang dianggap sehat, namun ternyata mengandung racun berbahaya, seperti dilansir..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

6 Manfaat Sehat Buah Pir

Wartakesehatan.com - Buah Pir merupakan buah yang memiliki rasa buah yang manis keasaman yang menjadikannya sangat segar..
14 jam yang lalu

Bayam Efektif Mengurangi Kembung

Waartakesehatan.com - Makanan sehat merupakan kunci untuk menjaga tubuh tetap sehat dan mendapatkan berat badan ideal,..

+Indeks