Minuman Ini Memiliki Manfaat yang Sama Dengan Kopi

Oleh : nurul kinanti/ | Rabu, 24 April 2019 | 15:04 WIB



Wartakesehatan.com - Tak sekadar minuman biasa, menurut penelitian, kopi dapat membantu mencegah kemunculan penyakit saraf seperti alzheimer atau parkinson.

Hal tersebut, dikarenakan dalam 100 mililiter kopi, mengandung 92 miligram potasium, 0,7 miligram niasin, 0,05 mangan, 8 miligram magnesium dan 0,01 riboflavin. Meski memiliki manfaat yang baik, tak semua orang memiliki toleransi tinggi terhadap kafein. Selain itu, konsumsi kopi berlebih dapat menimbulkan efek buruk seperti kecemasan, jantung berdebar, insomnia, serta kepala pening.

Jika Anda memang tidak bisa meminum kopi, Anda bisa memperoleh manfaat yang sama dengan memilih minuman-minuman berikut.

1. Kopi Akar Dandelion

Rasa pahit kopi seolah tak tergantikan oleh minuman lain. Jika Anda bosan dengan kopi yang biasa, Anda bisa mencoba minuman kopi akar dandelion. Rasanya mirip dengan kopi, tetapi memiliki kandungan kafein yang lebih sedikit. Minuman ini pun mengandung beragam nutrisi seperti vitamin A,B,C dan D, zat besi, kalisium dan magnesium. Kalsium dan magnesium diperlukan tubuh untuk produksi energi.

2. Matcha

Matcha merupakan teh yang dibuat dengan menghaluskan teh hijau hingga menjadi serbuk. Teh matcha mengandung banyak antioksidan, klorofil dan serat. Kandungan ini pun baik untuk mencegah penyakit jantung, baik untuk orang dengan pemilik diabetes tipe 2, dan dipercaya mampu mencegah kanker. Matcha juga mengadung kafein yang cukup sebagai pembangkit energi.

3. Teh Masala

Minuman khas India satu ini patut untuk dicoba. Tampilannya yang berwarna kecoklatan, sekilas mirip dengan teh tarik. Teh masala dibuat dari rempah-rempah seperti kapulaga, kayu manis, pala, cengkeh, dan jahe. Rasa dan aromanya begitu kaya kandungan antioksidan. Teh masala juga cocok dikonsumsi di musim hujan, atau saat udara dingin karena dapat menghangatkan badan.

4. Teh Kunyit

Teh kunyit juga bisa menjadi minuman alternatif pengganti kopi. Minuman ini memiliki warna kuning dengan rasa yang kuat. Kunyit sendiri mengandung kurkumin yang memiliki beragam manfaat, salah satunya untuk memelihara kesehatan pencernaan. Teh kunyit dapat meningkatkan sistem imun, mengurangi inflamasi, mengurangi gejala artritis, mencegah kanker dan alzheimer. Mereka yang memiliki kerusakan hati dan batu empedu sebaiknya memasukkan minuman ini dalam asupan dietnya.

5. Cokelat Panas 

Rasa manis pada coklat panas, bisa menjadi awal baik untuk memulai hari. Cokelat atau kakao mengandung zat bernama anandamide yang baik untuk saraf dan bisa memicu rasa bahagia. Kakao sendiri mengandung magnesium sehingga membuat tubuh tetap aktif.




#Kopi #Minuman
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 22 jam yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 1 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Penderita Covid di Indonesia Capai 14.749 dan Terus Naik

Wartakesehatan.com - Angka positif COVID-19 yang terkonfirmasi lewat tes laboratorium di Indonesia kini..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Edukasi Pemeriksaan Rapid Test dan Swab Beredar di WA

Wartakesehatan.com - Sebuah pesan berantai untuk edukasi virus Corona beredar. Isi pesan berantai tersebut sebagai..

+Indeks