Minuman Ini Memiliki Manfaat yang Sama Dengan Kopi

Oleh : nurul kinanti/ | Rabu, 24 April 2019 | 15:04 WIB



Wartakesehatan.com - Tak sekadar minuman biasa, menurut penelitian, kopi dapat membantu mencegah kemunculan penyakit saraf seperti alzheimer atau parkinson.

Hal tersebut, dikarenakan dalam 100 mililiter kopi, mengandung 92 miligram potasium, 0,7 miligram niasin, 0,05 mangan, 8 miligram magnesium dan 0,01 riboflavin. Meski memiliki manfaat yang baik, tak semua orang memiliki toleransi tinggi terhadap kafein. Selain itu, konsumsi kopi berlebih dapat menimbulkan efek buruk seperti kecemasan, jantung berdebar, insomnia, serta kepala pening.

Jika Anda memang tidak bisa meminum kopi, Anda bisa memperoleh manfaat yang sama dengan memilih minuman-minuman berikut.

1. Kopi Akar Dandelion

Rasa pahit kopi seolah tak tergantikan oleh minuman lain. Jika Anda bosan dengan kopi yang biasa, Anda bisa mencoba minuman kopi akar dandelion. Rasanya mirip dengan kopi, tetapi memiliki kandungan kafein yang lebih sedikit. Minuman ini pun mengandung beragam nutrisi seperti vitamin A,B,C dan D, zat besi, kalisium dan magnesium. Kalsium dan magnesium diperlukan tubuh untuk produksi energi.

2. Matcha

Matcha merupakan teh yang dibuat dengan menghaluskan teh hijau hingga menjadi serbuk. Teh matcha mengandung banyak antioksidan, klorofil dan serat. Kandungan ini pun baik untuk mencegah penyakit jantung, baik untuk orang dengan pemilik diabetes tipe 2, dan dipercaya mampu mencegah kanker. Matcha juga mengadung kafein yang cukup sebagai pembangkit energi.

3. Teh Masala

Minuman khas India satu ini patut untuk dicoba. Tampilannya yang berwarna kecoklatan, sekilas mirip dengan teh tarik. Teh masala dibuat dari rempah-rempah seperti kapulaga, kayu manis, pala, cengkeh, dan jahe. Rasa dan aromanya begitu kaya kandungan antioksidan. Teh masala juga cocok dikonsumsi di musim hujan, atau saat udara dingin karena dapat menghangatkan badan.

4. Teh Kunyit

Teh kunyit juga bisa menjadi minuman alternatif pengganti kopi. Minuman ini memiliki warna kuning dengan rasa yang kuat. Kunyit sendiri mengandung kurkumin yang memiliki beragam manfaat, salah satunya untuk memelihara kesehatan pencernaan. Teh kunyit dapat meningkatkan sistem imun, mengurangi inflamasi, mengurangi gejala artritis, mencegah kanker dan alzheimer. Mereka yang memiliki kerusakan hati dan batu empedu sebaiknya memasukkan minuman ini dalam asupan dietnya.

5. Cokelat Panas 

Rasa manis pada coklat panas, bisa menjadi awal baik untuk memulai hari. Cokelat atau kakao mengandung zat bernama anandamide yang baik untuk saraf dan bisa memicu rasa bahagia. Kakao sendiri mengandung magnesium sehingga membuat tubuh tetap aktif.




#Kopi #Minuman
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 50 menit yang lalu

5 Buah Segar ini dapat Membersihkan Usus

Wartakesehatan.com - Usus manusia sangat membutuhkan asupan buah-buahan kaya serat. Karena itu merupakan salah satu..
Herbal - 1 jam yang lalu

Manfaat Sehat dari Lengkuas

Wartakesehatan.com - Lengkuas masuk dalam keluarga jahe, dan mudah ditemukan di kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia,..
Mamin - 2 jam yang lalu

4 Cara Baik untuk Tahan Rasa Lapar

Wartakesehatan.com - Cara ampuh mengatasi rasa lapar yakni dengan makan. Padahal makan terus menerus untuk sebagian besar..
Obat & Penyakit - 3 jam yang lalu

Awas, Patah Hati Kini Jadi Penyakit

Wartakesehatan.com - hati kadang muncul karena adanya masalah dalam hubungan percintaan seseorang. Ternyata patah..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

Keetahui Mitos tentang Obesitas

Wartakesehatan.com - Obesitas adalah penumpukan lemak yang berlebihan, berbeda dengan overweight (kelebihan berat badan)...
5 jam yang lalu

Ingin Anak Gemuk Coba Konsumsi 4 Makanan ini

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri disaat banyak anak lain mengalami obesitas, malah ada beberapa anak yang tipenya susah..
Obat & Penyakit - 6 jam yang lalu

Kanker Payudara Harus Dicegah Sejak Dini

Wartakesehatan - Di Indonesia sendiri kanker payudara menduduki peringkat 2 terbanyak setelah kanker rahim. Mayoritas kanker..
Mamin - 7 jam yang lalu

Minum Teh Jahe bisa Cegah Kenaikan Berat Badan

Wartakesehatan - Air jahe mungkin bagi sebagian orang adalah minuman favorit saat sedang merasa tidak enak badan. Selain itu..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Kenali, 5 Manfaat Daun Pandan

Wartakesehtan.com - Daun pandan biasa nya di jadikan pewangi atau pewarna makanan untuk makanan ataupun minuman. Pandan..
Obat & Penyakit - 21 jam yang lalu

Ini Gejala Awal Demensia, Waspadalah!

Wartakesehatan - Demensia adalah salah satu penyakit yang umum diketahui menyerang orang diusia lanjut. Masih banyak orang..

+Indeks