Hindari Hal Kecil Ini Agar Jantung Anda Sehat

Oleh : nurul kinanti/liputan6 | Rabu, 24 April 2019 | 19:05 WIB



Wartakesehatan.com - Secara garis besar, faktor resiko penyakit jantung dapat dikategorikan dalam dua jenis, yaitu faktor resiko tradisional dan faktor non-tradisional.

Dokter Spesialis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah dr. Ario Soeryo Kuncoro, SpJP(K) menjelaskan, faktor risiko tradisional adalah merokok, makanan, dan gaya hidup. Faktor risiko non-tradisional seperti adanya zat asing yang ada ditubuh dan menjadi pemicu penyakit jantung.

“Penyakit jantung yang didapat dan bawaan. Nah penyakit jantung bisa disebabkan karena penyempitan, koroner, atau akibat dari faktor penumpukan lemak pembuluh darah di jantung. Baik dari ujung kaki sampai kepala ada dampaknya,” kata dr. Ario dalam diskusi bersama Philips Indonesia.

Di Indonesia sendiri, kata dia, masyarakat sudah mulai paham mengenai penyakit jantung dan penyebabnya. Tetapi kurang kesadaran untuk mengaplikasikan gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit kardiovaskular.

“Faktor risiko yang disebabkan perubahan kultur. Makanan, perkembangan teknologi, dan pergeseran dari sikap masyarakat di kota-kota besar. Dulu mau ke mana-mana menjangkau dengan kendaraan umum. Sekarang dengan kendaraan pribadi. Jarak dekat saja naik motor atau ojek online. Terutama di kota-kota besar,” jelasnya.

Karena itu, dr. Ario mengajak masyarakat untuk mulai dari hal yang sederhana. Misalnya dengan mengubah gaya hidup sehari-hari.

1. Kurangi Garam

Sehari maksimal batas yang dianjurkan itu 2 gram garam sehari. “Tapi ternyata kita tuh bisa 15 gram sehari. Ibarat 1 sendok makan enggak berasa garamnya, pasti lebih. Banyak orang tak menyadari camilan juga mengandung garam atau sodium. Lalu masyarakat pedesaan banyak yang tensinya 180, itu karena ternyata suka ikan asin,” jelas dr. Ario.

2. Kurangi Gula

Mengosumsi minuman/makanan manis yang berlebihan bisa menyebabkan diabetes. Angka diabetes cukup menakutkan di Asia Tenggara yakni mencapai 10 kali lipat. Diabetes sendiri bisa memicu timbulnya penyakit jantung.

3. Jauhi Rokok dan Asapnya

Perokok makin bergeser di usia muda. Kemudian adanya pergeseran merokok dengan vape atau elektrik. Ternyata itu juga bisa berdampak bagi jantung, meski asap vape dimodifikasi dengan berbagai rasa seperti stroberi dan lainnya.

“Begitu juga rokok elektrik. Itu sama sekali enggak ada bau dan enggak ada asap. Padahal itu memberikan kadar nikotin yang berbahaya. Masuk ke molekul paru-paru yang lebih kecil. Sialnya lagi bagi kami yang tak merokok atau perokok pasif ikut terpapar bahayanya,” tegas dr. Ario.




#Kesehatan #Jantung
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 50 menit yang lalu

5 Buah Segar ini dapat Membersihkan Usus

Wartakesehatan.com - Usus manusia sangat membutuhkan asupan buah-buahan kaya serat. Karena itu merupakan salah satu..
Herbal - 1 jam yang lalu

Manfaat Sehat dari Lengkuas

Wartakesehatan.com - Lengkuas masuk dalam keluarga jahe, dan mudah ditemukan di kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia,..
Mamin - 2 jam yang lalu

4 Cara Baik untuk Tahan Rasa Lapar

Wartakesehatan.com - Cara ampuh mengatasi rasa lapar yakni dengan makan. Padahal makan terus menerus untuk sebagian besar..
Obat & Penyakit - 3 jam yang lalu

Awas, Patah Hati Kini Jadi Penyakit

Wartakesehatan.com - hati kadang muncul karena adanya masalah dalam hubungan percintaan seseorang. Ternyata patah..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

Keetahui Mitos tentang Obesitas

Wartakesehatan.com - Obesitas adalah penumpukan lemak yang berlebihan, berbeda dengan overweight (kelebihan berat badan)...
5 jam yang lalu

Ingin Anak Gemuk Coba Konsumsi 4 Makanan ini

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri disaat banyak anak lain mengalami obesitas, malah ada beberapa anak yang tipenya susah..
Obat & Penyakit - 6 jam yang lalu

Kanker Payudara Harus Dicegah Sejak Dini

Wartakesehatan - Di Indonesia sendiri kanker payudara menduduki peringkat 2 terbanyak setelah kanker rahim. Mayoritas kanker..
Mamin - 7 jam yang lalu

Minum Teh Jahe bisa Cegah Kenaikan Berat Badan

Wartakesehatan - Air jahe mungkin bagi sebagian orang adalah minuman favorit saat sedang merasa tidak enak badan. Selain itu..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Kenali, 5 Manfaat Daun Pandan

Wartakesehtan.com - Daun pandan biasa nya di jadikan pewangi atau pewarna makanan untuk makanan ataupun minuman. Pandan..
Obat & Penyakit - 21 jam yang lalu

Ini Gejala Awal Demensia, Waspadalah!

Wartakesehatan - Demensia adalah salah satu penyakit yang umum diketahui menyerang orang diusia lanjut. Masih banyak orang..

+Indeks