Makanan Kaya Serat untuk Menjaga Berat Badan

Oleh : nurul kinanti/jawapos | Rabu, 24 April 2019 | 20:17 WIB



Wartakesehatan.com - Dengan bertambahnya umur, maka tak mustahil kalau lemak mulai memenuhi perut dan membuat tubuh terlihat lebih besar.  Untuk itu, lebih baik mengurangi makanan karbohidrat olahan. Makan makanan yang mengandung banyak karbohidrat olahan hanya akan menyebabkan peradangan di dalam tubuh. Tentunya ini berdampak pada penambahan berat badan.

Menjaga tubuh agar tak dipenuhi lemak bisa dilakukan dengan memakan makanan yang memiliki sifat anti-inflamasi.  Selain itu, Anda perlu memilih sumber energi alami yang mengandung banyak serat dan vitamin serta mineral. 

Nah, untuk menjaga berat badan, ada empat makanan alternatif yang kaya akan serat dan anti-inflamasi seperti dilansir dari She Finds.

1. Kacang-Kacangan

Makanan kacang-kacangan yang mengandung tinggi protein dan serat akan membuat Anda lebih kenyang, menyediakan energi besar, dan tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan. Proses kerja makanan ini juga bisa mendorong pembakaran lemak.

Menurut Harvard Health Publishing, kacang-kacangan adalah sumber protein nabati yang baik.  Mereka juga mengandung banyak serat, yang dapat  menghindari Anda dari sembelit dan dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

2. Pisang

Buah yang sudah dipastikan aman dikonsumsi saat diet adalah pisang. Satu pisang dapat memberikan energi yang luar biasa dengan nutrisi seperti vitamin B6, folat, kalium, serat, magnesium, dan bahkan protein. Pisang ukuran sedang memiliki sekitar 105 kalori.

3. Oat

Oatmeal adalah karbohidrat sehat yang sebenarnya dapat menurunkan gula darah Anda. Selain itu juga, ia mengandung serat dalam jumlah tinggi, dan akan memberi energi yang luar biasa.

4. Barley

Barley adalah sumber vitamin B yang sangat baik, yang membantu meningkatkan metabolisme Anda dan mengubah makanan menjadi energi. Selain itu ia mengandung zat besi, tembaga, vitamin E, dan selenium. Barley memiliki banyak serat dan rendah lemak yang dapat menekan nafsu makan Anda.




#Makanan #Berat Badan #Kaya Serat
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 3 menit yang lalu

Jangan Terlalu Sering Mengkonsumsi Suplemen

Wartakesehatan.com - Terutama saat menjalani ibadah puasa seperti sekarang, kita perlu mengkonsumsi suplemen. Jika..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Tips Sehat Jaga dan Turunkan Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Tingginya kadar kolesterol dalam aliran darah dapat memblokir pembuluh darah dan meningkatkan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Cara Sehat Agar Tidur Nyenyak

Wartakesehatan.com - Bagi sebagian orang tidur tak semudah yang dibayangkan. Ada kalanya, sudah 10 menit, 20 menit, bahkan..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Menangis Memiliki 5 Manfaat Kesehatan

Wartakesehatan.com - Sering menangis tidaklah selalu identik dengan cengeng, memiliki mental lemah dan..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Air Dingin dan Air Hangat

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa ahli gizi, air hangat bermanfaat dalam memudahkan proses pencernaan, sementara air dingin..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Makan Kulit Ayam Goreng untuk Buka Puasa? Sehat atau Ngga

Wartakesehatan.com - Meski rasanya sangat enak, sebetulnya sehat atau tidak makan kulit ayam goreng untuk buka puasa? Dikutip..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Konsumsi Yoghurt Dapat Meredakan nyeri PMS

Wartakesehatan.com - Kandungan probiotiknya memberi keuntungan bagi kesehatan pencernaan, begitu juga dengan kalsium dan..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Inilah Manfaat Angkat Beban Bagi Otak

Wartakesehatan.com - Studi terbaru menunjukkan bahwa salah satu latihan yang paling bermanfaat yang dapat dilakukan untuk..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Cara Mudik Sehat Bagi Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Mudik membutuhkan waktu yang tidak sebentar, maka itu membutuhkan kondisi fisik dan mental ibu hamil yang..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Buah Sehat yang Bisa Dikonsumsi Di Bulan Ramadhan

Wartakesehatan.com - Sering kali, karena kesalahan pola makan, perut kita justru membuncit dan ekstra lemak muncul menjelang..

+Indeks