Ubi Ungu Cocok untuk Diet dan Penderita Diabetes

Oleh : nurul kinanti/idntimes. | Rabu, 24 April 2019 | 22:03 WIB



Wartakesehatan.com - Ubi jalar adalah sesuatu yang sudah familiar ditelinga masyarakat khususnya Indonesia. Hal ini karena ada banyak sekali pengolahan yang menggunakan bahan satu ini. Aspek utama yang diambil dari ubi ungu adalah akarnya, namun berbagai bahian dari tumbuhan ini memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing. Ubi ungu ataupun ubi jalar sangat terkenal akan kandungan karbohidrat nya yang tinggi sehingga beberapa negara bahkan mengonsumsinya sebagai makanan pokok.

Untuk kamu yang penasaran mengenai manfaat yang didapat dari mengonsumsi ubi ungu, simak yuk apa saja!

Banyak sekali orang yang menghindari nasi pada saat diet, tetapi hal ini dapat disiasati dengan mengonsumsi ubi ungu sebagai penggantinya. Ubi ungu memiliki kandungan serat yang cukup tinggi bahkan melebihi kandungan serat didalam kentang sehingga akan menjaga rasa kenyang setelah mengonsumsinya. Selain itu, kandungan karbohidrat yang kompleks, namun rendah kalori tetap memberikan nutrisi yang tinggi bagi siapapun yang mengonsumsinya.

2. Cocok untuk penderita diabetes

Ubi ungu ternyata memiliki manfaat luar biasa karena dapat mengontrol kadar gula dalam tubuh dan menstabilkan kadar glukosa didalam darah. Manfaat ini didapatkan karena ubi ungu memiliki kandungan senyawa anthocyanin yang membantu menekan kadar gula sekaligus sebagai antioksidan. Tentunya kandungan dari ubi ungu ini sangat cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes.

3. Mencegah penuaan dini

Untuk manfaat dalam aspek kecantikan, kita dapat mendapatkan manfaat untuk tampil lebih awet muda dan terhindari dari penuaan dini melalui kandungan yang terdapat didalam ubi ungu. Kandungan antosianin mampu memperlambat sel-sel penuaan dan kandungan antioksidannya mampu mencegah penuaan dini pada seseorang sehingga cocok untuk kecantikan.

4. Mengobati infeksi

Seseorang rentan terkena infeksi karena suatu bakteri sehingga ubi ungu dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai penawarnya. Ada beberapa kandungan khusus didalam ubi ungu yang bermanfaat bagi proses pencegahan infeksi sehingga mampu untuk menghindari hal tersebut. Kandungan ini lah yang sangat bermanfaat bagi seseorang.

5. Mencegah proses pembekuan darah

Pembukuan darah merupakan sesuatu yang berbahaya apabila terjadi pada seseorang sehingga hal ini dapat dicegah melalui konsumsi ubi ungu secara teratur. Hal ini karena terdapat kandungan baik seperti asam klorogenik yang membantu untuk menghindari proses pembekuan darah. Tentunya ubi ungu dapat menjadu salah satu obat alternatif yang alami dan lezat.




#Ubi #Ungu
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Herbal - 31 menit yang lalu

Keputihan juga dapat diatasi dengan Rempah

Wartakesehatan.com - Keputihan bisa menimpa setiap wanita dan merupakan masalah yang cukup memusingkan bagi banyak kaum..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

5 Buah Segar ini dapat Membersihkan Usus

Wartakesehatan.com - Usus manusia sangat membutuhkan asupan buah-buahan kaya serat. Karena itu merupakan salah satu..
Herbal - 2 jam yang lalu

Manfaat Sehat dari Lengkuas

Wartakesehatan.com - Lengkuas masuk dalam keluarga jahe, dan mudah ditemukan di kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia,..
Mamin - 3 jam yang lalu

4 Cara Baik untuk Tahan Rasa Lapar

Wartakesehatan.com - Cara ampuh mengatasi rasa lapar yakni dengan makan. Padahal makan terus menerus untuk sebagian besar..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

Awas, Patah Hati Kini Jadi Penyakit

Wartakesehatan.com - hati kadang muncul karena adanya masalah dalam hubungan percintaan seseorang. Ternyata patah..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

Keetahui Mitos tentang Obesitas

Wartakesehatan.com - Obesitas adalah penumpukan lemak yang berlebihan, berbeda dengan overweight (kelebihan berat badan)...
6 jam yang lalu

Ingin Anak Gemuk Coba Konsumsi 4 Makanan ini

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri disaat banyak anak lain mengalami obesitas, malah ada beberapa anak yang tipenya susah..
Obat & Penyakit - 7 jam yang lalu

Kanker Payudara Harus Dicegah Sejak Dini

Wartakesehatan - Di Indonesia sendiri kanker payudara menduduki peringkat 2 terbanyak setelah kanker rahim. Mayoritas kanker..
Mamin - 8 jam yang lalu

Minum Teh Jahe bisa Cegah Kenaikan Berat Badan

Wartakesehatan - Air jahe mungkin bagi sebagian orang adalah minuman favorit saat sedang merasa tidak enak badan. Selain itu..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

Kenali, 5 Manfaat Daun Pandan

Wartakesehtan.com - Daun pandan biasa nya di jadikan pewangi atau pewarna makanan untuk makanan ataupun minuman. Pandan..

+Indeks