Ubi Ungu Cocok untuk Diet dan Penderita Diabetes

Oleh : nurul kinanti/idntimes. | Rabu, 24 April 2019 | 22:03 WIB



Wartakesehatan.com - Ubi jalar adalah sesuatu yang sudah familiar ditelinga masyarakat khususnya Indonesia. Hal ini karena ada banyak sekali pengolahan yang menggunakan bahan satu ini. Aspek utama yang diambil dari ubi ungu adalah akarnya, namun berbagai bahian dari tumbuhan ini memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing. Ubi ungu ataupun ubi jalar sangat terkenal akan kandungan karbohidrat nya yang tinggi sehingga beberapa negara bahkan mengonsumsinya sebagai makanan pokok.

Untuk kamu yang penasaran mengenai manfaat yang didapat dari mengonsumsi ubi ungu, simak yuk apa saja!

Banyak sekali orang yang menghindari nasi pada saat diet, tetapi hal ini dapat disiasati dengan mengonsumsi ubi ungu sebagai penggantinya. Ubi ungu memiliki kandungan serat yang cukup tinggi bahkan melebihi kandungan serat didalam kentang sehingga akan menjaga rasa kenyang setelah mengonsumsinya. Selain itu, kandungan karbohidrat yang kompleks, namun rendah kalori tetap memberikan nutrisi yang tinggi bagi siapapun yang mengonsumsinya.

2. Cocok untuk penderita diabetes

Ubi ungu ternyata memiliki manfaat luar biasa karena dapat mengontrol kadar gula dalam tubuh dan menstabilkan kadar glukosa didalam darah. Manfaat ini didapatkan karena ubi ungu memiliki kandungan senyawa anthocyanin yang membantu menekan kadar gula sekaligus sebagai antioksidan. Tentunya kandungan dari ubi ungu ini sangat cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes.

3. Mencegah penuaan dini

Untuk manfaat dalam aspek kecantikan, kita dapat mendapatkan manfaat untuk tampil lebih awet muda dan terhindari dari penuaan dini melalui kandungan yang terdapat didalam ubi ungu. Kandungan antosianin mampu memperlambat sel-sel penuaan dan kandungan antioksidannya mampu mencegah penuaan dini pada seseorang sehingga cocok untuk kecantikan.

4. Mengobati infeksi

Seseorang rentan terkena infeksi karena suatu bakteri sehingga ubi ungu dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai penawarnya. Ada beberapa kandungan khusus didalam ubi ungu yang bermanfaat bagi proses pencegahan infeksi sehingga mampu untuk menghindari hal tersebut. Kandungan ini lah yang sangat bermanfaat bagi seseorang.

5. Mencegah proses pembekuan darah

Pembukuan darah merupakan sesuatu yang berbahaya apabila terjadi pada seseorang sehingga hal ini dapat dicegah melalui konsumsi ubi ungu secara teratur. Hal ini karena terdapat kandungan baik seperti asam klorogenik yang membantu untuk menghindari proses pembekuan darah. Tentunya ubi ungu dapat menjadu salah satu obat alternatif yang alami dan lezat.




#Ubi #Ungu
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 15 menit yang lalu

Jangan Terlalu Sering Mengkonsumsi Suplemen

Wartakesehatan.com - Terutama saat menjalani ibadah puasa seperti sekarang, kita perlu mengkonsumsi suplemen. Jika..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Tips Sehat Jaga dan Turunkan Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Tingginya kadar kolesterol dalam aliran darah dapat memblokir pembuluh darah dan meningkatkan..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Cara Sehat Agar Tidur Nyenyak

Wartakesehatan.com - Bagi sebagian orang tidur tak semudah yang dibayangkan. Ada kalanya, sudah 10 menit, 20 menit, bahkan..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Menangis Memiliki 5 Manfaat Kesehatan

Wartakesehatan.com - Sering menangis tidaklah selalu identik dengan cengeng, memiliki mental lemah dan..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Air Dingin dan Air Hangat

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa ahli gizi, air hangat bermanfaat dalam memudahkan proses pencernaan, sementara air dingin..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Makan Kulit Ayam Goreng untuk Buka Puasa? Sehat atau Ngga

Wartakesehatan.com - Meski rasanya sangat enak, sebetulnya sehat atau tidak makan kulit ayam goreng untuk buka puasa? Dikutip..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Konsumsi Yoghurt Dapat Meredakan nyeri PMS

Wartakesehatan.com - Kandungan probiotiknya memberi keuntungan bagi kesehatan pencernaan, begitu juga dengan kalsium dan..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Inilah Manfaat Angkat Beban Bagi Otak

Wartakesehatan.com - Studi terbaru menunjukkan bahwa salah satu latihan yang paling bermanfaat yang dapat dilakukan untuk..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Cara Mudik Sehat Bagi Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Mudik membutuhkan waktu yang tidak sebentar, maka itu membutuhkan kondisi fisik dan mental ibu hamil yang..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Buah Sehat yang Bisa Dikonsumsi Di Bulan Ramadhan

Wartakesehatan.com - Sering kali, karena kesalahan pola makan, perut kita justru membuncit dan ekstra lemak muncul menjelang..

+Indeks