Olahraga Terbaik Sekitar Jam 7 sampai Jam 10

Oleh : Dirk/detik | Selasa, 16 Juli 2019 | 09:05 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com- Menurut spesialis kedokteran olahraga, dr Michael Triangto SpKO, bila ditinjau dari sisi rekreasi ataupun dari sisi prestasi tentunya olahraga jam berapa pun akan sama baiknya dan tidak ada yang berbeda. Yang jelas, waktu latihan harus terpenuhi atau waktu yang dimiliki harus terpenuhi.

"Namun bila kita berolahraga dengan tujuan kesehatan maka olahraga yang terbaik hanya jam 7 sampai jam 10 pagi," terang dr Michael kepada detikHealth.

dr Michael mengatakan, yang membedakan jam 7 hingga jam 10 pagi dengan waktu-waktu yang lain adalah sinar matahari yang diharapkan dapat mengubah pro vitamin D di kulit menjadi vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

"Bila waktu kita berolahraga adalah pagi namun yang kita maksud adalah subuh jam 4 sampai jam 6 pagi tentunya hal itu tidak merupakan waktu yang ideal untuk merangsang perubahan pro vitamin D menjadi vitamin D," pungkas dokter yang berpraktik di Klinik Slim and Health RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta.

"Artinya latihan subuh tadi akan sama dengan bila kita melakukan pada waktu siang, sore, atau malam hari," sambung dr Michael.


Meski demikian, latihan pada waktu tersebut bukan berarti tidak bermanfaat. Sebab tujuan berlahraga tidak hanya mendapat perubahan pro vitamin D menjadi vitamin D, namun juga adanya benturan-benturan pada tulang dan sendi yang akan memperkuat dan mencegah terjadinya osteoporosis.

"Latihan pada jam berapa saja itu masih dapat kita lakukan dengan baik, apalagi bila tujuan latihan tadi adalah untuk meningkatkan metabolisme tubuh, untuk meningkatkan kemampuan jantung dan paru, meningkatkan kemampuan aerobik, kekuatan otot otot tulang, itu dapat dilakukan jam berapa saja," pungkasnya.

Yang penting, imbuh dr Michael adalah berolahraga, ketimbang tidak berolahraga sama sekali. Apalagi mengingat di jam 7 sampai 10 pagi sebagian besar masyarakat berangkat ke tempat kerja bahkan sudah berada di tempat kerja masing-masing.

"Hanya sedikit sekali individu yang mampu memenuhi kriteria tersebut. Kalau dapat melakukannya pada saat hari libur atau weekend itu tidak akan cukup untuk meningkatkan nilai kesehatan," tandas dr Michael.




Fokus : Olahraga


#Olahraga
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Manfaat Sehat Tidur tanpa Pakaian

Wartakesehatan - Banyak ahli dan dokter yang sudah mengatakan bahwa memiliki tidur yang berkualitas dapat membuat tubuh..
Seks - 2 hari yang lalu

Ketahui 5 Fakta tentang Ejakulasi Dini

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri masalah umum yang sering menghantui pria dewasa saat melakukan hubungan seksual..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Jangan sepelekan Jeruk Lemon

Wartakesehatan - Selama ini kita mengenal lemon sebagai minuman yang konsumsi setelah makan makanan...
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Keringat Berlebihan ini 7 Penyebabnya!

Wartakesehatan - Beberapa orang sering mengalami berkeringat secara berlebihan, bahkan tanpa beraktivitas. Sejujurnya..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

10 Manfaat Sehat Jagung

Wartakesehatan.com - Di Indonesia sendiri masih jarang menggunakan jagung sebagai makanan pokok sehari-hari. Padahal..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Turunkan Resiko Diabetes dengan Kopi

Wartakesehatan.com - Sebuah hasil studi membawa kabar baik bagi pecinta kopi. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi kopi..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Diet Sehat dengan Pepaya

Wartakesehatan.com - Banyak wanita pasti ingin memperoleh tubuh yang lansing dan ideal, biasanya untuk memeperoleh tubuh..
Mamin - 3 hari yang lalu

Kebisaan Buruk Pekerja Saat Makan Siang

Wartakesehatan.com - Ada banyak juga orang yang makan siang sambil bekerja. Akibatnya, mereka tidak memakan menu makan..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

4 Manfaat yang Tak Terduga dari Cabe

Wartakesehatan.com - Apakah Anda termasuk orang yang suka makan cabai? Selain memiliki sensasi yang pedas di lidah, cabai..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Buah Plum Berkhasiat bagi Jantung

Wartakesehatan.com - Plum adalah salah satu buah segar dan lezat yang mengandung antioksidan tinggi. Buah plum memiliki..

+Indeks