Konsumsi Jengkol Teryata Dapat Mencegah Anemia

Oleh : Dirk/makassartoday | Kamis, 08 Agustus 2019 | 11:10 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Sebagian Orang menganggap jengkol adalah sayuran fanatik dan menganggap jenis sayuran ini sangat istimewa. bahkan saat harga jengkol melambung tinggi pun mereka tidak ragu untuk membelinya.

Terlebas dari kedua fenomena di atas, tahukah anda jika sayuran yang identik dengan bau yang khas tersebut menyimpan sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Penasaran bukan? Berikut ulasannya:

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Manusia

1. Pembentukan jaringan tubuh

Belum banyak yang mengetahui bahwa kandungan protein di dalam jengkol jauh lebih banyak dibanding kacang hijau dan kedelai. Karena kandungan protein yang tinggi jengkol dapat membantu pembentukan jaringan tubuh.

2. Mencegah anemia

Anemia diakibatkan oleh kurangnya zat besi di dalam tubuh, dan jengkol sendiri kaya akan zat besi sehingga sangat tepat sekali untuk dikonsumsi jika ingin terhindar dari anemia.

3. Memperkuat tulang dan gigi

Jengkol memiliki dua zat yang sangat bagus untuk memperkuat tulang dan gigi. Zat tersebut adalah kalsium dan fosfor.

4. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas adalah penyebab penyakit kanker. Penting bagi kita untuk menjaga asupan gizi di dalam tubuh agar dapat mengangkal radikal bebas. Membiasakan mengkonsumsi jengkol setiap hari adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk menangkal radikal bebas.
Jengkol memiliki banyak vitamin sepert vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C.

5. Memperlancar pencernaan

Pencernaan yang tidak lancar diakibatkan oleh kurangnya serat di dalam tubuh.akan menyebabkan endapan-endapan di dalam saluran pencernaan. Hal inilah yang menimbulkan kegemukan. Jika anda tidak ingin hal tersebut terjadi, maka belajarlah untuk memulai mengkonsumsi jengkol. Kandungan serat yang kaya dari jengkol dapat memperlancar pencernaan.

 

6. Mencegah diabetes

Tahukan anda bahwa jengkol memiliki kandungan zat yang tidak dimiliki oleh sumber makanan lainnya. Zat tersebut adalah zat asam jengkolat. Nah, dari asam jengkolat inilah yang menyebabkan jengkol menjadi makanan pencegah diabetes.

7. Mengatasi masalah penyempitan pembuluh darah

Buah jengkol kaya akan kandungan mineral. Sedangkan kandungan mineral sendiri berfungsi untuk memperlebar pembuluh darah. Untuk mengkonsumsi jengkol yang baik, hindari untuk memasak terlalu matang. Jika jengkol terlalu matang kandungan mineral yang terdapat di dalam jengkol akan menghilang.

8. Untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada janin yang masih dalam kandungan

Kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi pada buah jengkol adalah alasan mengapa ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi jengkol. Dengan mengkonsumsi jengkol sewajarnya dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada janin.

9. Menstabilkan organ-organ vital didalam tubuh

Mengkonsumsi jengkol akan menjaga asupan asam folat dan vitamin B3. Jika kekurang asupan asam folat dan vitamin B3 maka akan mengakibatkan terganggunya sistem kerja organ vital kita. Untuk ibu hamil sendiri, asam folat dapat memperlancar ASI.

10. Mengontrol kadar gula darah

Zat gula alami yang terkandung di dalam jengkol dapat digunakan untuk menghilangkan kadar gula yang tidak baik untuk kesehatan. Dengan begitu kadar gula dalam darah akan lebih terkontrol. Sehingga sangat cocok sekali untuk dikonsumsi para penderita diabetes.

11. Menjaga kesehatan jantung

Jengkol memiliki anti toksin yang dapat menghilangkan racun di dalam darah. Selain itu juga terdapat antioksidan yang dapat menjaga kesehatan pada jantung. Dengan mengkonsumsi jengkonl peredaran darah juga menjadi lebih lancar.

Setelah melihat fakta-fakta di atas tentang manfaat jengkol yang begitu besar untuk kesehatan tubuh, masihkah anda ragu untuk mengkonsumsinya?




Fokus : Jengkol


#Anemia #Jengkol
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Agar Imunitas Kuat dengan Lytacur

Wartakesehatan.com - Semua orang bisa terinfeksi virus corona Covid-19. Karena virus menyerang dan menginfeksi siapa saja tanpa..
Obat & Penyakit - 5 hari yang lalu

Demam dan Batuk Kering Belum Tentu Corona, Ini Strategi Terapi Alaminya!

Wartakesehatan.com - Kasus positif COVID-19 terus berkembang, berdasarkan data Kementerian Kesehatan kasus positif Covid-19..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 2 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..

+Indeks