Asam Lambung Naik Dapat Berakhir Pada Kematian

Oleh : Dirk/1health | Senin, 15 Juli 2019 | 14:15 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Berawal dari asam lambung yang naik terus menerus, seseorang bisa mengalami penyakit berbahaya yang dapat berakhir pada kematian.

Penyakit asam lambung atau dikenal dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) ini disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju kerongkongan atau esofagus, sehingga menimbulkan rasa nyeri pada ulu hati dan bahkan sensasi terbakar di bagian dada. Asam lambung bisa naik ke atas, dikarenakan fungsi lower esophageal sphincter (LES) tidak bekerja dengan baik.

LES merupakan lingkaran otot pada bagian bawah esofagus, yang berfungsi sebagai 'pintu' otomatis yang akan terbuka ketika makanan masuk dan menutup segera saat makanan sudah masuk ke dalam lambung, untuk mencegahnya naik ke atas kembali. Bila makanan sampai naik kembali, Anda akan merasakan ketidaknyamanan setelah mengonsumsi makanan. Selain itu mulut juga menjadi pahit dan mual. Bukan hanya itu, penyakit asam lambung juga dapat menyebabkan berbagai keluhan kesehatan lainnya seperti sinusitis, asma, erosi gigi, penyakit tenggorokan kronis, luka pada dinding esofagus,  hingga kanker esofagus.

Penyakit asam lambung sering disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Misalnya seperti mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan dalam waktu singkat, atau terlalu banyak makan keju dan cokelat. Makanan berlemak memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga asam lambung akan diproduksi lebih banyak dan berisiko naik kembali ke esofagus. Selain itu, tentu saja konsumsi makanan asam dan pedas juga menjadi penyebab yang harus dihindari.

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit asam lambung sebaiknya menghindari konsumsi kopi, alkohol, dan minuman bersoda karena dapat memperparah penyakit ini. Selain itu hindari juga makan malam saat menjelang tidur. Usahakan untuk makan lebih dari dua jam sebelum tidur. Semua hal tersebut dapat menyebabkan asam lambung meningkat dan naik ke kerongkongan.

Orang yang kegemukan atau obesitas juga harus mewaspadai penyakit ini karena obesitas merupakan salah satu faktor risiko yang tinggi. Itulah mengapa memiliki berat badan yang ideal menjadi sesuatu yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Memperbaiki gaya hidup dan pola makan menjadi cara yang paling efektif untuk menghindari penyakit ini.




Fokus : Asam Lambung


#Kematian
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Seks - 9 jam yang lalu

Ini Dia 7 Tanda Mr P Anda Sehat

Wartakesehatan.com - Tak sedikit wanita yang mengeluh kejantanan pria berkurang karena Mister P milik pria kesayangan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Kesehatan bisa Memburuk jika Kurang Tidur

Wartakesehatan.com - Dengan tidur di malam hari bisa membuat tubuh kembali bugar dan segar ketika bangun dipagi hari..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Wow, 5 Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri menangis tentu saja pernah dialami setiap orang bahkan sejak keluar dari rahim ibu..
Obat & Penyakit - 12 jam yang lalu

Waspada, Merokok picu Penyakit Demensia

Wartakesehatan - Selama ini banyak ahli yang mengaitkan bahaya merokok dapat berujung pada beberapa penyakit seperti..
Herbal - 13 jam yang lalu

Redakan Batuk Berat dengan Lemon

Wartakesehatan.com - Sebagaimana dikutip Solopos.com dari Sportonlinegroup, batuk berat bisa diredakan..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Waspada, Dampak Buruk Kerokan bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pernahkah Anda kerokan ketika sakit ? Tentunya pernah kan. Kerokan adalah pengobatan alternatif yang..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

8 Manfaat Minum Teh Kunyit

Wartakesehatan.com - Kunyit diklaim sebagai salah satu obat alami atau obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit. Hal..
Mamin - 16 jam yang lalu

5 Bahaya Keseringan Konsumsi Mie Instan

Wartakesehatan.com - Banyak orang yang gemar makan mie instan ,mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua. Mie instan..
Obat & Penyakit - 17 jam yang lalu

Menjadi Pilot Lebih Berisiko Alami Depresi

Wartakesehatan - Mungkin banyak anak kecil yang bercita-cita menjadi pilot karena kerennya membawa pesawat dan..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

4 Bahaya Tato bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tato bisa mengungkapkan memori yang ada di balik ukiran tubuh tersebut. Tato memang bisa menjadi..

+Indeks