Asam Lambung Naik Dapat Berakhir Pada Kematian

Oleh : Dirk/1health | Senin, 15 Juli 2019 | 14:15 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Berawal dari asam lambung yang naik terus menerus, seseorang bisa mengalami penyakit berbahaya yang dapat berakhir pada kematian.

Penyakit asam lambung atau dikenal dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) ini disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju kerongkongan atau esofagus, sehingga menimbulkan rasa nyeri pada ulu hati dan bahkan sensasi terbakar di bagian dada. Asam lambung bisa naik ke atas, dikarenakan fungsi lower esophageal sphincter (LES) tidak bekerja dengan baik.

LES merupakan lingkaran otot pada bagian bawah esofagus, yang berfungsi sebagai 'pintu' otomatis yang akan terbuka ketika makanan masuk dan menutup segera saat makanan sudah masuk ke dalam lambung, untuk mencegahnya naik ke atas kembali. Bila makanan sampai naik kembali, Anda akan merasakan ketidaknyamanan setelah mengonsumsi makanan. Selain itu mulut juga menjadi pahit dan mual. Bukan hanya itu, penyakit asam lambung juga dapat menyebabkan berbagai keluhan kesehatan lainnya seperti sinusitis, asma, erosi gigi, penyakit tenggorokan kronis, luka pada dinding esofagus,  hingga kanker esofagus.

Penyakit asam lambung sering disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Misalnya seperti mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan dalam waktu singkat, atau terlalu banyak makan keju dan cokelat. Makanan berlemak memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga asam lambung akan diproduksi lebih banyak dan berisiko naik kembali ke esofagus. Selain itu, tentu saja konsumsi makanan asam dan pedas juga menjadi penyebab yang harus dihindari.

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit asam lambung sebaiknya menghindari konsumsi kopi, alkohol, dan minuman bersoda karena dapat memperparah penyakit ini. Selain itu hindari juga makan malam saat menjelang tidur. Usahakan untuk makan lebih dari dua jam sebelum tidur. Semua hal tersebut dapat menyebabkan asam lambung meningkat dan naik ke kerongkongan.

Orang yang kegemukan atau obesitas juga harus mewaspadai penyakit ini karena obesitas merupakan salah satu faktor risiko yang tinggi. Itulah mengapa memiliki berat badan yang ideal menjadi sesuatu yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Memperbaiki gaya hidup dan pola makan menjadi cara yang paling efektif untuk menghindari penyakit ini.




Fokus : Asam Lambung


#Kematian
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Manfaat Sehat Tidur tanpa Pakaian

Wartakesehatan - Banyak ahli dan dokter yang sudah mengatakan bahwa memiliki tidur yang berkualitas dapat membuat tubuh..
Seks - 2 hari yang lalu

Ketahui 5 Fakta tentang Ejakulasi Dini

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri masalah umum yang sering menghantui pria dewasa saat melakukan hubungan seksual..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Jangan sepelekan Jeruk Lemon

Wartakesehatan - Selama ini kita mengenal lemon sebagai minuman yang konsumsi setelah makan makanan...
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Keringat Berlebihan ini 7 Penyebabnya!

Wartakesehatan - Beberapa orang sering mengalami berkeringat secara berlebihan, bahkan tanpa beraktivitas. Sejujurnya..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

10 Manfaat Sehat Jagung

Wartakesehatan.com - Di Indonesia sendiri masih jarang menggunakan jagung sebagai makanan pokok sehari-hari. Padahal..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Turunkan Resiko Diabetes dengan Kopi

Wartakesehatan.com - Sebuah hasil studi membawa kabar baik bagi pecinta kopi. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi kopi..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Diet Sehat dengan Pepaya

Wartakesehatan.com - Banyak wanita pasti ingin memperoleh tubuh yang lansing dan ideal, biasanya untuk memeperoleh tubuh..
Mamin - 3 hari yang lalu

Kebisaan Buruk Pekerja Saat Makan Siang

Wartakesehatan.com - Ada banyak juga orang yang makan siang sambil bekerja. Akibatnya, mereka tidak memakan menu makan..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

4 Manfaat yang Tak Terduga dari Cabe

Wartakesehatan.com - Apakah Anda termasuk orang yang suka makan cabai? Selain memiliki sensasi yang pedas di lidah, cabai..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Buah Plum Berkhasiat bagi Jantung

Wartakesehatan.com - Plum adalah salah satu buah segar dan lezat yang mengandung antioksidan tinggi. Buah plum memiliki..

+Indeks