Jangan Lewatkan Waktu Sarapan, Ini Manfaatnya

Oleh : Dirk/wowkeren | Kamis, 08 Agustus 2019 | 10:00 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Sarapan baik untuk tubuh kamu karena dianggap sebagai energi untuk aktivitas di luar sana. Berikut ini beberapa manfaat lain dari sarapan yang "haram" untuk kamu lewatkan:

Mengontrol Berat Badan
Dalam berbagai penelitian dan sudah sangat banyak jumlahnya yang dilakukan berbagai universitas dan peneliti telah membuktikan bahwa sarapan pagi dapat membantu dalam hal diet. Kok bisa? Hal ini dikarenakan dengan mengisi perut di pagi hari maka ia dapat menekan nafsu makan di siang hari. Selain itu kamu nggk makan berlebihan pada saat siang hari yang dapat merugikan dalam pola diet dan berat badan.

Sarapan juga membantu kamu untuk memilih makanan yang lebih bergizi dibandingkan nggak sarapan. Orang yang nggak sarapan cenderung mengonsumsi berbagai makanan secara "membabi buta" tanpa memikirkan nutrisinya. Lain halnya dengan yang telah melakukan sarapan, kamu lebih selektif memilih makanan bergizi untuk asupan siang hari.

Tingkatkan Konsentrasi Otak
Kegiatan sarapan memperbaiki kadar gula yang menurun drastis semalaman selama tidur. Otak memerlukan asupan energi untuk berpikir dengan daya konsentrasi yang tetap baik. Sarapan merupakan bahan bakar otak agar permulaan kegiatan berjalan baik. Banyak penelitian yang telah menunjukan hasil positif bahwa sarapan dapat membantu konsentrasi dan kemampuan otak untuk berpikir.

Manfaat sarapan juga baik untuk otak. Otak juga mendapatkan nutrisi dari sarapan sehingga dapat berpikir lebih baik dan cepat. Kamu juga bisa merasakan manfaat peningkatan keterampilan kognitif otak dari peningkatan memori untuk konsentrasi yang lebih tinggi bahkan meningkatkan kewaspadaan. Karena otak membutuhkan glukosa dari makanan karbohidrat sangat baik untuk bekerja dengan baik.

Meremehkan dan menganggap sarapan nggak penting berarti akan membuat energi otak akan berkurang. Sehingga hal ini akan berkaitan dengan fungsi otak yang dapat menurun. Oleh karena itu sarapan sangat penting bagi para pelajar dan pekerja.

Nutrisi Terbaik di Awal Hari
Sarapan menyediakan asupan total nordisk yang baik untuk sepanjang hari. Karena memberi kesempatan untuk mengonsumsi makanan yang penuh nutrisi seperti protein, zat besi, vitamin dan serat. Kandungan ini sangat penting untuk membangun tubuh yang sehat dengan kebutuhan nutrisi yang selalu terpenuhi.

Setiap orang harus memulai hari dengan cukup energi sebagai modal untuk melakukan aktivitas. Pagi hari adalah awal aktivitas yang membutuhkan pompa penting dalam satu hari. Energi yang dibutuhkan tentunya berasal dari makanan apalagi setelah berjam-jam nggak ada asupan sama sekali. Oleh karena itu sarapan harus dengan menu sarapan sehat seperti telur, ikan, ayam, nasi, roti, sereal atau oatmeal dan buah-buahan.

Jaga Metabolisme Tubuh
Saat tidur tubuh nggak mengonsumsi makanan sama sekali sehingga pada saat pagi hari, kadar gula dalam tubuh menurun drastis. Karbohidrat yang dikonsumsi di pagi hari merupakan sumber energi untuk beraktivitas namun jika sarapan ini terlewatkan tubuh terpaksa mengambil cadangan gula dari lapisan otot, liver yang disebut glycogen. Kekurangan ini akan menyebabkan metabolisme tubuh nggak seimbang yang dapat berdampak pada berbagai penyakit seperti keluhan di lambung dan maag.

Sarapan selain mengisi tenaga untuk menghadapi aktivitas hari ini adalah juga sebagai pengganti waktu malam yang nggak terisi makanan dan juga menambah kebutuhan gula dalam tubuh. Setelah nggak mengonsumsi makanan selama 12 jam ketika tidur, zat gula dalam tubuh akan turun drastis ke tingkat terendah. Saat itu terjadi tubuh akan menggantinya dengan melepas zat gula yang telah ditimbun di lapisan otot dan liver, yang disebut glycogen.

Cegah Gangguan Kecemasan
Ketika perut dalam keadaan kosong, pastinya akan sangat sulit bagi kita untuk berkonsentrasi dan itu pastinya akan membuat kamu nggak bisa mengawali aktivitas dengan baik. Dengan sarapan, perut yang terisi akan memperbaiki kemampuan berpikir dan menjaga kamu agar tetap berada dalam penampilan mental terbaik. Dengan sarapan, tubuh akan menyediakan bahan bakar bagi otak untuk meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah dan ingatan.

Sarapan juga diketahui dapat memperbaiki kemampuan berpikir dan menjaga kamu agar tetap fokus dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas. Selama tidur otak manusia tetap bekerja dan membutuhkan asupan energi yang cukup sehingga energi tersebut telah berkurang setelah bangun. Kamu memerlukan sarapan untuk mengembalikan energi otak yang berkurang sebagai "bahan bakar" untuk kembali bekerja.

Tingkatkan Kemampuan Atletik
Dengan sarapan akan menjaga kamu dari rasa lapar dan mencegahmu untuk makan berlebih pada siang hari. Hal ini sangat baik sekali untuk menjaga berat badan kamu. Makanan yang dikonsumsi pada saat sarapan mampu menahan lemak dan kalori tinggi sepanjang hari.

Jika melewatkan waktu sarapan, itu akan membuat kamu merasa lapar dan cenderung memilih untuk ngemil sepanjang pagi hingga makan siang. Hal tersebut dapat menyebabkan risiko peningkatan obesitas atau kegemukan. Bila berhasil sarapan secara rutin kamu akan mendapat banyak hal kebaikan. Misalnya meningkatkan kemampuan atletik.

Minimalisir Risiko Penyakit
Menurut sebuah studi, kadar kolesterol jahat (LDL) pada wanita sehat yang nggak sarapan selama dua minggu diduga akan meningkat. Hal ini dibandingkan wanita yang mengonsumsi semangkuk sereal biji-bijian utuh kaya serat dengan susu.

Serat akan mengikat kolesterol dan lebih cepat dibuang keluar tubuh sebelum mencapai arteri. Bahkan menurut penelitian, asupan serat yang tinggi diduga mampu mengurangi risiko penyakit jantung hingga 50 persen dan membantu membuang kelebihan estrogen. Karena kadar estrogen yang tinggi dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Tingkatkan Mood
Hasil penelitian mengenai sarapan pagi banyak mengungkapkan bahwa mereka yang telah sarapan pagi dibandingkan dengan mereka yang nggak memiliki mood yang berbeda. Orang yang sarapan lebih baik moodnya dibandingkan dengan orang yang nggak.

Manfaat sarapan pagi bagi tubuh yakni mengoordinasi tubuh untuk menjadi lebih baik. Kamu yang memiliki masalah pada keseimbangan tubuh bisa memperbaikinya dengan mengkonsumsi sarapan pagi secara teratur. Ini merupakan khasiat ringan yang akan kamu dapatkan di saat mengonsumsi sarapan pagi yang sehat dan segar tiap hari.

Tingkatkan Kesehatan Jantung
Orang yang makan sarapan memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah, garis pinggang yang lebih kecil dan sedikit insulin dalam darah. Orang yang melakukan sarapan pagi cenderung membuat pilihan gaya hidup sehat dibandingkan orang yang nggak. Meskipun penelitian belum meyakinkan hubungan manfaat sarapan pagi dengan hati sehat sangat mungkin komponen dari diet jantung sehat.

Studi menunjukkan bahwa orang yang sarapan memiliki 32 persen lebih kecil kemungkinan untuk terkena diabetes pada usia yang lebih tua dibandingkan dengan mereka yang nggak. Hal ini karena orang yang nggak sarapan pagi akan lebih resisten terhadap insulin. Resistensi insulin meningkatkan risiko terkena diabetes.

Eratkan Hubungan dengan Keluarga
Kebiasaan makan bersama sebelum beraktivitas dapat membuat hubungan dengan anggota keluarga yang lain semakin erat. Hubungan yang memburuk bisa saja berkurang. Hubungan yang erat akan semakin akrab. Sebab satu sama lain akan semakin mengenal.

Dengan duduk bersama dan menyantap makanan akan membuat kamu memiliki hubungan yang erat. LAkukan kebiasaan itu agar kamu dan anggota yang lain bisa semakin menghangat.

Sarapan rupanya memiliki banyak manfaat yang mungkin nggak kamu ketahui. Dengan sarapan setiap pagi kamu bisa mendapat tubuh yang hubungan yang membaik antar anggota keluarga.




Fokus : Sarapan


#Sarapan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Seks - 9 jam yang lalu

Ini Dia 7 Tanda Mr P Anda Sehat

Wartakesehatan.com - Tak sedikit wanita yang mengeluh kejantanan pria berkurang karena Mister P milik pria kesayangan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Kesehatan bisa Memburuk jika Kurang Tidur

Wartakesehatan.com - Dengan tidur di malam hari bisa membuat tubuh kembali bugar dan segar ketika bangun dipagi hari..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Wow, 5 Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri menangis tentu saja pernah dialami setiap orang bahkan sejak keluar dari rahim ibu..
Obat & Penyakit - 12 jam yang lalu

Waspada, Merokok picu Penyakit Demensia

Wartakesehatan - Selama ini banyak ahli yang mengaitkan bahaya merokok dapat berujung pada beberapa penyakit seperti..
Herbal - 13 jam yang lalu

Redakan Batuk Berat dengan Lemon

Wartakesehatan.com - Sebagaimana dikutip Solopos.com dari Sportonlinegroup, batuk berat bisa diredakan..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Waspada, Dampak Buruk Kerokan bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pernahkah Anda kerokan ketika sakit ? Tentunya pernah kan. Kerokan adalah pengobatan alternatif yang..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

8 Manfaat Minum Teh Kunyit

Wartakesehatan.com - Kunyit diklaim sebagai salah satu obat alami atau obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit. Hal..
Mamin - 16 jam yang lalu

5 Bahaya Keseringan Konsumsi Mie Instan

Wartakesehatan.com - Banyak orang yang gemar makan mie instan ,mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua. Mie instan..
Obat & Penyakit - 18 jam yang lalu

Menjadi Pilot Lebih Berisiko Alami Depresi

Wartakesehatan - Mungkin banyak anak kecil yang bercita-cita menjadi pilot karena kerennya membawa pesawat dan..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

4 Bahaya Tato bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tato bisa mengungkapkan memori yang ada di balik ukiran tubuh tersebut. Tato memang bisa menjadi..

+Indeks