Bunga Echinacea Mengendalikan Kadar Gula Darah

Oleh : nurul kinanti | Selasa, 14 Mei 2019 | 14:03 WIB



Wartakesehatan.com- Echinacea adalah bunga yang banyak tumbuh di Eropa dan Amerika Utara.Bunga  echinacea berbentuk seperti duri landak yang sedang marah. Di Amerika, bunga ini digunakan untuk salah satu pengobatan herbal yang populer. Apa saja manfaat bunga ini?

 

1. Menjaga Kekebalan Tubuh

Echinacea memiliki kandungan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bunga ini mampu mencegah serangan flu, serta memberikan penyembuhan yang cepat jika terserang flu. 

Bagi kamu yang sedang mengonsumsi obat penekan sistem imun sebaiknya menghindari untuk mengonsumsi echinacea. Hal ini dapat memberikan efek samping yang buruk bagi tubuh.

Selain untuk orang dewasa, memberikan ekstrak bunga echinacea pada anak dan bayi dapat menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit. Namun harus dikonsultasikan terlebih dulu kepada dokter untuk pemberian ekstrak echinacea tersebut pada bayi. Selain itu, echinacea juga bagus untuk mencegah infeksi bakteri vagina, salah satunya keputihan. 

2. Pereda Nyeri

Bunga echinacea juga dapat digunakan untuk penghilang rasa nyeri, di antaranya sakit perut, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan sakit gigi. Gunakan echinacea yang telah dikeringkan dengan cara diseduh sebagai teh. Selain itu, kamu juga bisa mencampurnya pada menu masakan seperti saus pasta.

3. Mengatasi Masalah Jerawat

Banyak produk kecantikan menggunakan saripati bunga echinacea ini untuk produk penghilang jerawat. Hal ini disebabkan, kandungan pada bunga ini mampu mengatasi bakteri pada jerawat.

4. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan tanin di dalam bunga achinacea mampu mencegah penuaan dini. Ekstrak pada bunga ini dapat menyegarkan kulit dan membuat wajah tampak lebih muda. Keriput dan tanda penuaan juga dapat teratasi jika kamu menggunakan secara teratur.


5. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Echinacea sangat bagus untuk mengatasi diabetes. Bunga ini mampu mengendalikan gula darah di dalam tubuh. Tidak saja untuk penderita diabetes, echinacea juga mampu menjaga gula darah rendah.

Ekstrak bunga echinacea dapat diolah dengan dua cara, yaitu kering dan cair. Ekstrak bubuk kering dapat kamu konsumsi dengan dosis 300-500 mg dan dapat dikonsumsi 3 kali sehari. Sementara ekstrak cair dapat dikonsumsi 2,5 ml yang bisa diminum 3 kali sehari. Selain itu banyak beredar di pasaran suplemen atau obat yang mengandung ekstrak echinea.





Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Diet Tinggi Gula Dapat Memengaruhi Kualitas Sperma

Wartakesehatatan.com - Tak hanya gula darah, tetapi makanan dan minuman manis bisa berpengaruh pada kesehatan..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Kondisi Kaki yang Bisa Mengungkap Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Mulai sekarang jangan sepelekan kondisi kakimu. Seperti diktuip dari everyday health, kondisi kaki bisa..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Tips Pulihkan Rasa Lelah Usai Pulang Kerja

Wartakesehatan.com-Kelelahan setelah pulang bekerja merupakan hal yang tidak bisa dihindari, karenanya Anda perlu mencari cara..
13 jam yang lalu

Cara Mengatasi Alergi Yang Kumat

Wartakesehatan.com-Alergi terjadi karena sistem imun Anda salah mengira zat yang pada dasarnya tidak berbahaya sebagai ancaman..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Stres Berat Bisa Sebabkan Gangguan Jiwa

Wartakesehatan.com-Pada dasarnya, stress merupakan cara tubuh melindungi diri dari bahaya sehingga membuat kita tetap fokus,..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Tips Mengatasi Bornout Saat Bekerja

Wartakesehatan.com-Bornout synndrome adalah sebuah kondisi stres kronis yang berhubungan dengan pekerjaan...
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Mudah

Wartakesehatan.com - Penyakit jantung disebut penyakit yang banyak merenggut nyawa. Oleh karena itu ada beberapa cara menjaga..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Gula Aren Lebih Sehat Daripada Gula Putih

Wartakesehatan.com - Gula sering ditambahkan dalam berbagai makanan dan minuman. Namun hati-hati, jika berlebihan bisa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Bersepeda Menurunkan Resiko Beberapa Penyakit

Wartakesehatan.com - Rutin bersepeda juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko sejumlah penyakit kronis, seperti diabetes..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Manfaat Kesehatan Kacang-Kacangan Bagi Anda

Wartakesehatan.com - Nutritionist dari Metropolitan State University of Denver, Malena Perdomo, MS, RDN, CDE menuturkan..

+Indeks