Bunga Echinacea Mengendalikan Kadar Gula Darah

Oleh : nurul kinanti | Selasa, 14 Mei 2019 | 14:03 WIB



Wartakesehatan.com- Echinacea adalah bunga yang banyak tumbuh di Eropa dan Amerika Utara.Bunga  echinacea berbentuk seperti duri landak yang sedang marah. Di Amerika, bunga ini digunakan untuk salah satu pengobatan herbal yang populer. Apa saja manfaat bunga ini?

 

1. Menjaga Kekebalan Tubuh

Echinacea memiliki kandungan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bunga ini mampu mencegah serangan flu, serta memberikan penyembuhan yang cepat jika terserang flu. 

Bagi kamu yang sedang mengonsumsi obat penekan sistem imun sebaiknya menghindari untuk mengonsumsi echinacea. Hal ini dapat memberikan efek samping yang buruk bagi tubuh.

Selain untuk orang dewasa, memberikan ekstrak bunga echinacea pada anak dan bayi dapat menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit. Namun harus dikonsultasikan terlebih dulu kepada dokter untuk pemberian ekstrak echinacea tersebut pada bayi. Selain itu, echinacea juga bagus untuk mencegah infeksi bakteri vagina, salah satunya keputihan. 

2. Pereda Nyeri

Bunga echinacea juga dapat digunakan untuk penghilang rasa nyeri, di antaranya sakit perut, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan sakit gigi. Gunakan echinacea yang telah dikeringkan dengan cara diseduh sebagai teh. Selain itu, kamu juga bisa mencampurnya pada menu masakan seperti saus pasta.

3. Mengatasi Masalah Jerawat

Banyak produk kecantikan menggunakan saripati bunga echinacea ini untuk produk penghilang jerawat. Hal ini disebabkan, kandungan pada bunga ini mampu mengatasi bakteri pada jerawat.

4. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan tanin di dalam bunga achinacea mampu mencegah penuaan dini. Ekstrak pada bunga ini dapat menyegarkan kulit dan membuat wajah tampak lebih muda. Keriput dan tanda penuaan juga dapat teratasi jika kamu menggunakan secara teratur.


5. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Echinacea sangat bagus untuk mengatasi diabetes. Bunga ini mampu mengendalikan gula darah di dalam tubuh. Tidak saja untuk penderita diabetes, echinacea juga mampu menjaga gula darah rendah.

Ekstrak bunga echinacea dapat diolah dengan dua cara, yaitu kering dan cair. Ekstrak bubuk kering dapat kamu konsumsi dengan dosis 300-500 mg dan dapat dikonsumsi 3 kali sehari. Sementara ekstrak cair dapat dikonsumsi 2,5 ml yang bisa diminum 3 kali sehari. Selain itu banyak beredar di pasaran suplemen atau obat yang mengandung ekstrak echinea.





Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 36 menit yang lalu

Jangan Terlalu Sering Mengkonsumsi Suplemen

Wartakesehatan.com - Terutama saat menjalani ibadah puasa seperti sekarang, kita perlu mengkonsumsi suplemen. Jika..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Tips Sehat Jaga dan Turunkan Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Tingginya kadar kolesterol dalam aliran darah dapat memblokir pembuluh darah dan meningkatkan..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Cara Sehat Agar Tidur Nyenyak

Wartakesehatan.com - Bagi sebagian orang tidur tak semudah yang dibayangkan. Ada kalanya, sudah 10 menit, 20 menit, bahkan..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Menangis Memiliki 5 Manfaat Kesehatan

Wartakesehatan.com - Sering menangis tidaklah selalu identik dengan cengeng, memiliki mental lemah dan..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Air Dingin dan Air Hangat

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa ahli gizi, air hangat bermanfaat dalam memudahkan proses pencernaan, sementara air dingin..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Makan Kulit Ayam Goreng untuk Buka Puasa? Sehat atau Ngga

Wartakesehatan.com - Meski rasanya sangat enak, sebetulnya sehat atau tidak makan kulit ayam goreng untuk buka puasa? Dikutip..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Konsumsi Yoghurt Dapat Meredakan nyeri PMS

Wartakesehatan.com - Kandungan probiotiknya memberi keuntungan bagi kesehatan pencernaan, begitu juga dengan kalsium dan..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Inilah Manfaat Angkat Beban Bagi Otak

Wartakesehatan.com - Studi terbaru menunjukkan bahwa salah satu latihan yang paling bermanfaat yang dapat dilakukan untuk..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Cara Mudik Sehat Bagi Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Mudik membutuhkan waktu yang tidak sebentar, maka itu membutuhkan kondisi fisik dan mental ibu hamil yang..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Buah Sehat yang Bisa Dikonsumsi Di Bulan Ramadhan

Wartakesehatan.com - Sering kali, karena kesalahan pola makan, perut kita justru membuncit dan ekstra lemak muncul menjelang..

+Indeks