Seledri Melindungi Mulut Tetap Sehat dan Segar

Oleh : nurul kinanti | Selasa, 14 Mei 2019 | 16:01 WIB



Wartakesehatan.com - Di Indonesia sendiri, seledri banyak digunakan dan terkenal sebagai bumbu masakan. Pasalnya, tanaman ini memiliki kaya akan nutrisi, vitamin, megnesium dan lain sebagainya.

Sehingga tidak salah jika manfaat seledri yang dikonsumsi dengan rutin sangat berguna bagi menjaga kesehatan tubuh kita.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini manfaat seledri bagi kesehatan tubuh.

1. Turunkan berat badan

Seledri bukan hanya penambah masakan saja, melainkan juga bisa dijadikan jus. Dan manfaat dari jus tersebut dapat membakar banyak kalori di dalam tubuh.

Untuk satu tangkai mempunyai kandungan 15 kalori, nutrisi yang penting, mengontrol metabolisme lemak di dalam tubuh. Artinya, jika Anda ingin berat badan turun atau dalam masa progam diet, bisa mengonsumsi jus seledri.

2. Awet muda

Manfaat seledri lainnya yaitu sebagai anti-penuaan atau bisa menjadi awet muda. Hal itu dikarenakan adanya kandungan vitamin E di dalamnya.

Vitamin E ini bisa membuat wajah terlihat awet muda karena kulit wajah tetap terjaga kelembabannya. Bukan cuma itu, seledri juga mengandung antioksidan yang dapat menjaga kulit dari zat yang berbahaya untuk kulit, yang bisa mengakibatkan penuaan.  

3. Melindungi mulut tetap sehat dan segar

Di bulan puasa ini, tidak sedikit orang yang menghindari untuk berkomunikasi dengan orang lain karena napas yang bau atau tidak segar. Apabila Anda mengalami masalah seperti itu, maka salah satu solusi yang aman adalah dengan memakan seledri.

Napas tidak segar atau bau itu berasal dari bakteri yang bersumber dari bekas makanan yang menempel di antara gigi dengan gusi.

Sementara cara menfaatkan seledri untuk melindungi mulut tetap sehat dan segar, adalah dengan mengunyah seledri, karena diyakini ampuh mengeluarkan sisa makanan yang terjebak itu.

4. Redakan stres

Seperti diulas di atas, bahwa seledri memiliki kandungan magnesium yang bisa berguna untuk mengurangi stres, karena sistem syaraf menjadi tenang.

Untuk itu, tidak ada salahnya yang sering stres karena pekerjaan atau lainnya, bisa diredakan dengan mengonsumsi seledri secara rutin setiap hari. Juga jangan lupa merubah pola hidup seperti tidur atau makan.  

5. Mengurangi kolesterol

Kemudian manfaat seledri lainnya yaitu bisa mengurangi kolesterol di dalam tubuh. Dengan adanya kandungan potasium yang lumayan besar sangat ampuh meminimalisir kolesterol.

6. Menyehatkan mata

Selain wortel, seledri juga bermanfaat untuk menjaga dan menyehatkan mata Anda, karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin A. Memakan seledri dengan rutin setiap hari bisa menjaga kornea mata dan mengatasi mata kering.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Diet Tinggi Gula Dapat Memengaruhi Kualitas Sperma

Wartakesehatatan.com - Tak hanya gula darah, tetapi makanan dan minuman manis bisa berpengaruh pada kesehatan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Kondisi Kaki yang Bisa Mengungkap Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Mulai sekarang jangan sepelekan kondisi kakimu. Seperti diktuip dari everyday health, kondisi kaki bisa..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Tips Pulihkan Rasa Lelah Usai Pulang Kerja

Wartakesehatan.com-Kelelahan setelah pulang bekerja merupakan hal yang tidak bisa dihindari, karenanya Anda perlu mencari cara..
12 jam yang lalu

Cara Mengatasi Alergi Yang Kumat

Wartakesehatan.com-Alergi terjadi karena sistem imun Anda salah mengira zat yang pada dasarnya tidak berbahaya sebagai ancaman..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Stres Berat Bisa Sebabkan Gangguan Jiwa

Wartakesehatan.com-Pada dasarnya, stress merupakan cara tubuh melindungi diri dari bahaya sehingga membuat kita tetap fokus,..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Tips Mengatasi Bornout Saat Bekerja

Wartakesehatan.com-Bornout synndrome adalah sebuah kondisi stres kronis yang berhubungan dengan pekerjaan...
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Mudah

Wartakesehatan.com - Penyakit jantung disebut penyakit yang banyak merenggut nyawa. Oleh karena itu ada beberapa cara menjaga..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Gula Aren Lebih Sehat Daripada Gula Putih

Wartakesehatan.com - Gula sering ditambahkan dalam berbagai makanan dan minuman. Namun hati-hati, jika berlebihan bisa..
Warta Sehat - 23 jam yang lalu

Bersepeda Menurunkan Resiko Beberapa Penyakit

Wartakesehatan.com - Rutin bersepeda juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko sejumlah penyakit kronis, seperti diabetes..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Manfaat Kesehatan Kacang-Kacangan Bagi Anda

Wartakesehatan.com - Nutritionist dari Metropolitan State University of Denver, Malena Perdomo, MS, RDN, CDE menuturkan..

+Indeks