Salmon Sumber Protein dan Asam Amino

Oleh : Dirk/wowkeren | Selasa, 14 Mei 2019 | 20:05 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Salmon merupakan salah satu jenis ikan laut yang memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Selain dengan mengolahnya secara langsung, kamu pun bisa dengan mudah mendapatkan ikan salmon karena banyak sekali rumah makan yang menyediakan sebagai salah satu menu andalan.

Salmon biasanya sering di sajikan dalam bentuk menu sushi di Jepang ataupun di korea. Rupanya ikan yang satu ini kaya akan kandungan manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat makan ikan salmon bagi tubuh:

Sumber Protein
Ikan salmon mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat kandungan protein yang terdapat dalam ikan salmon adalah untuk membantu proses pertumbuhan otot, sebagai sumber energi, pembentukan zat antibodi, membantu proses pembentukan hormon dan mengatur metabolisme dalam tubuh.

Protein yang terdapat dalam ikan salmon mudah diserap dan dicerna oleh tubuh. Ikan salmon nggak mempunyai kandungan protein yang menyebabkan kanker seperti halnya dalam kandungan jenis protein hewani lainnya. Bahkan protein yang juga dikenal sebagai asam amino tersebut sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Surber Asam Amino
Salah satu manfaat ikan salmon yang banyak dicari orang adalah khasiatnya dalam membentuk sel darah merah. Hal ini disebabkan kandungan asam amino yang tinggi dalam ikan salmon. Penelitian terbaru menyebutkan salmon kaya akan asam amino. Fungsi dari nutrisi tersebut adalah menjaga kesehatan persendian, memaksimalkan fungsi insulin dan mencegah inflamasi pada saluran pencernaan.

Asam amino yang terdapat dalam ikan salmon bermanfaat untuk menstabilkan gula dalam darah, membentuk sel darah putih, sebagai pelindung tubuh dari sinar radiasi, meningkatkan energi, sebagai anti bodi tubuh, memperlambat pertumbuhan kanker dan tumor. Nggak hanya itu, ikan salmon ini pun mampu meningkatkan kemampuan sebagai anti bodi dalam tubuh dan meningkatkan fungsi otak.

Sumber Omega 3
Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan salmon sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Seperti diketahui kolesterol jahat dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah dan mengganggu kesehatan. Ikan salmon juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Ikan salmon dapat membantu memperkuat otot-otot jantung, memperbaiki kerusakan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Bahkan kandungan omega 3 yang terdapat dalam ikan salmon juga memberi manfaat untuk mencegah pengerasan arteri yang akan mengurangi resiko terjangkit serangan jantung. Selain itu, kandungan omega 3 yang terdapat dalam ikan salmon juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mengurangi resiko penyakit stroke, memperbaiki pola lipid darah, mengurangi resiko kematian mendadak akibat penyakit jantung, mengurangi resiko penyakit diabetes, meningkatkan fungsi pembuluh darah, selain itu ikan salmon juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Itulah mengapa ikan salmon sangat baik untuk meningkatkan kesuburan dan disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil atau menyusui, guna membantu proses tumbuh kembang bayi yang dimilikinya.

Sumber Vitamin A
Ikan salmon memiliki kandungan vitamin yang membantu menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit kanker, sebagai sumber antioksidan dalam yubuh, sebagai penyembuh luka alami dan berfungsi sebagai sistem imun tubuh. Dengan kandungan gizi ikan salmon yang melimpah, sehingga dapat mendukung perkembangan otak, terutama pada anak-anak.

Ikan salmon juga mengandung vitamin A dan asam amino yang bermanfaat untuk merangsang aktifitas otak. Kandungan asam lemak omega-3 juga dapat mencegah timbulnya penyakit Alzheimer, stroke, kolesterol tinggi dan beberapa lainnya. Ikan salmon dikaitkan dengan manfaat penurunan depresi, serta beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara IQ dengan makanan asam lemak yang kaya akan kandungan omega-3.

Sumber Vitamin D
Ikan salmon memiliki kandungan vitamin D yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, mencegah terjadinya kanker kolon dan prostat, mencegah osteoporosis dan merawat kesehatan kulit. Selama ini siapapun mengenal matahari membantu tubuh mensintesis vitamin D untuk tubuh. Selain itu, vitamin D juga dapat diperoleh dari makanan dan suplemen. Ikan salmon adalah salah satu jenis makanan sumber vitamin D yang sangat baik. Dengan kata lain, ikan salmon bermanfaat bagi peningkatan kesehatan tulang.

Perpaduan antara asam lemak omega-3, vitamin D dan selenium dalam ikan salmon bermanfaat membantu mengelola kadar insulin dalam tubuh sehingga memfasilitasi penyerapan gula yang pada akhirnya akan menurunkan kadar gula darah. Vitamin D telah terbukti memainkan peran penting dalam menurunkan risiko beberapa jenis kanker termasuk kanker payudara, prostat dan kanker kolorektal. Ikan Salmon mengandung tinggi vitamin D dan selenium yang menjadi senjata ampuh dalam melawan beberapa jenis kanker tersebut.

Vitamin D pada ikan ini lebih besar jika dibandingkan dengan sumber vitamin D lainnya. Vitamin D yang terkandung pada ikan salmon sangat baik untuk perkembangan otak anak dan untuk janin yang ada pada ibu hamil. Kamu bisa mengolah ikan salmon ini menjadi beberapa jenis masakan yang lezat. Pastikan memasak ikan salmon ini hingga matang dan sebelum memasaknya kamu bisa mencucinya terlebih dahulu hingga bersih. Sehingga bakteri jahat yang menempel bisa hilang.

Sumber Vitamin B6
Sumber vitamin B6 yang terkandung di dalam ikan salmon bermanfaat untuk meningkatkan energi, sebagai sistem imun tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan otot dan sistem syaraf. Tubuh dianjurkan untuk memiliki vitamin yang cukup. Untuk itu, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin B6 seseuai dengan dosisi yang dianjurkan. Untuk Pria dan wanita dewasa dengan uasi 19-50 tahun jumlah yang direkomendasikan adalah 1,3 mg, Pria 51 tahun ke atas adalah 1,7 mg Sedang wanita 51 tahun ke atas 1,5 mg.

Mengonsumsi vitamin B6 akan memeberikan banyak manfaat. Dengan mengkonsumsi vitamin B6 (pyridoxine) dapat mengatasi penyakit anemia (anemia sideroblastik). Selain itu vitamin ini juga dapat mengatasi penyakit kejang dan dapat mengatasi defisiensi piridoksin. Beberapa penyakit lain yang mungkin bisa di atasi dengan Vitamin B6 adalah degenerasi makula, tekanan darah tinggi, batu ginjal, kanker paru-paru, sakit perut dan muntah pada masa kehamilan.

Sumber Vitamin E
Ikan salmon dikenal sebagai jenis ikan yang memiliki kandungan vitamin E cukup tinggi. Manfaat vitamin E bagi kesehatan tubuh sangat tinggi. Dengan vitamin E tubuh bisa melindungi baik dari dalam maupun dari luar dan mampu mengatasi masalah kulit keriput. Selain itu vitamin E juga mampu mengatasi kurtikula, mengatasi guratan, mencegah penyakit kanker, melawan dampak negatif penggunaan obat-obatan dan membantu mengobati penyakit diabetes.

Kandungan vitamin E menjadi zat antioksidan yang sangat kuat dan bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, menormalkan LDL dalam tubuh dan mengurangi penimbunan plak dalam arteri. Selain itu anti oksidan dalam ikan salmon juga sangat berperan untuk melawan radikal bebas. Konsumsi 3 ons ikan salmon perhari sudah mencukupi kebutuhan vitamin E perhari untuk orang dewasa.

Dikonsumsi matang atau mentah, sesuaikan saja dengan kebutuhanmu. Yang penting sebelum dikonsumsi, ikan salmon telah dibersihkan. Jangan ragu mengonsumsi ikan menyehatkan yang satu ini ya.




Fokus : Ikan Salmon


#Salmon
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Diet Tinggi Gula Dapat Memengaruhi Kualitas Sperma

Wartakesehatatan.com - Tak hanya gula darah, tetapi makanan dan minuman manis bisa berpengaruh pada kesehatan..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Kondisi Kaki yang Bisa Mengungkap Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Mulai sekarang jangan sepelekan kondisi kakimu. Seperti diktuip dari everyday health, kondisi kaki bisa..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Tips Pulihkan Rasa Lelah Usai Pulang Kerja

Wartakesehatan.com-Kelelahan setelah pulang bekerja merupakan hal yang tidak bisa dihindari, karenanya Anda perlu mencari cara..
10 jam yang lalu

Cara Mengatasi Alergi Yang Kumat

Wartakesehatan.com-Alergi terjadi karena sistem imun Anda salah mengira zat yang pada dasarnya tidak berbahaya sebagai ancaman..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Stres Berat Bisa Sebabkan Gangguan Jiwa

Wartakesehatan.com-Pada dasarnya, stress merupakan cara tubuh melindungi diri dari bahaya sehingga membuat kita tetap fokus,..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Tips Mengatasi Bornout Saat Bekerja

Wartakesehatan.com-Bornout synndrome adalah sebuah kondisi stres kronis yang berhubungan dengan pekerjaan...
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Mudah

Wartakesehatan.com - Penyakit jantung disebut penyakit yang banyak merenggut nyawa. Oleh karena itu ada beberapa cara menjaga..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Gula Aren Lebih Sehat Daripada Gula Putih

Wartakesehatan.com - Gula sering ditambahkan dalam berbagai makanan dan minuman. Namun hati-hati, jika berlebihan bisa..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

Bersepeda Menurunkan Resiko Beberapa Penyakit

Wartakesehatan.com - Rutin bersepeda juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko sejumlah penyakit kronis, seperti diabetes..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Manfaat Kesehatan Kacang-Kacangan Bagi Anda

Wartakesehatan.com - Nutritionist dari Metropolitan State University of Denver, Malena Perdomo, MS, RDN, CDE menuturkan..

+Indeks