Ini Dia Tips Mudik Sehat dan Perjalanan Lancar

Oleh : nurul kinanti | Rabu, 15 Mei 2019 | 13:03 WIB



Wartakesehatan.com - Saat mudik, tentu kita masih menjalani ibadah puasa. Itu sebabnya persiapan perlu dilakukan jauh-jauh hari agar perjalanan mudik nyaman dan lancar sampai tujuan.

Beberapa waktu lalu, drg. Kartini Rustandi, M.Kes, Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan, membeberkan tips mudik sehat agar perjalanan mudik menjadi lancar.

Pertama, kata dia, yang harus dipersiapkan adalah mindset. "Kalau mudik lewat jalur darat, tentu kita sudah sering dengar ada titik-titik yang rawan macet. Kita harus siap mental, setting mindset pulang kampung mau senang-senang jadi harus positif thinking, sehingga ketika ketemu macet kita tidak emosi yang bisa berujung ke kelelahan," ujar drg. Kartini Rustandi.
 
Kelelahan sendiri, kata drg. Kartini, merupakan salah satu pemicu kecelakaan. Sehingga dengan meminimalisir faktor lelah, risiko kecelakaan saat mudik bisa dicegah.

Tips selanjutnya, kata drg. Kartini, adalah pengemudi harus dalam kondisi fit. Itu sebabnya, kata dia, persiapan mudik harus dilakukan jauh-jauh hari, termasuk mengecek kondisi kesehatan. Jika Anda membawa kendaraan roda dua atau empat, maka pastikan tekanan darah Anda dalam kondisi normal ketika akan mudik nanti.

"Pastikan kondisinya baik. Sedang emosi, punya riwayat hipertensi bawa mobil, itu bahaya. Jadi mau pulang mudik, jangan besok berangkat baru prepare, tapi harus jauh-jauh hari. Termasuk cek mobil dilakukan. Tidak terutup kemungkinan ban gundul, rem kurang baik bisa mencelakakan diri kita," jelasnya.

Selain itu, pastikan membawa bekal yang cukup selama perjalanan mudik. Terlebih, kata drg. Kartini, jika seseorang membawa anak kecil, lanjut usia (lansia), bumil, atau orang dalam kondisi sakit. Setidaknya, bawalah air minum, makanan camilan, dan buah-buahan agar kebutuhan vitamin dan mineral tetap tercukupi selama mudik.

"Otomatis membawa bekal karena tidak tahu apakah kita bisa keluar di pintu tol sesuai tepat waktu? Harus bawa bekal air putih, makanan, buah-buahan terutama, karena bisa menambah asupan vitamin dan mineralnya. Jangan sampai bawa anak kecil tidak bawa makanan. Kalau mau nyetir, ingat sebelum berangkat harus cukup istirahat," terangnya menutup perbincangan.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Tips Sehat Jaga dan Turunkan Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Tingginya kadar kolesterol dalam aliran darah dapat memblokir pembuluh darah dan meningkatkan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Cara Sehat Agar Tidur Nyenyak

Wartakesehatan.com - Bagi sebagian orang tidur tak semudah yang dibayangkan. Ada kalanya, sudah 10 menit, 20 menit, bahkan..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Menangis Memiliki 5 Manfaat Kesehatan

Wartakesehatan.com - Sering menangis tidaklah selalu identik dengan cengeng, memiliki mental lemah dan..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Air Dingin dan Air Hangat

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa ahli gizi, air hangat bermanfaat dalam memudahkan proses pencernaan, sementara air dingin..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Makan Kulit Ayam Goreng untuk Buka Puasa? Sehat atau Ngga

Wartakesehatan.com - Meski rasanya sangat enak, sebetulnya sehat atau tidak makan kulit ayam goreng untuk buka puasa? Dikutip..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Konsumsi Yoghurt Dapat Meredakan nyeri PMS

Wartakesehatan.com - Kandungan probiotiknya memberi keuntungan bagi kesehatan pencernaan, begitu juga dengan kalsium dan..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Inilah Manfaat Angkat Beban Bagi Otak

Wartakesehatan.com - Studi terbaru menunjukkan bahwa salah satu latihan yang paling bermanfaat yang dapat dilakukan untuk..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Cara Mudik Sehat Bagi Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Mudik membutuhkan waktu yang tidak sebentar, maka itu membutuhkan kondisi fisik dan mental ibu hamil yang..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Buah Sehat yang Bisa Dikonsumsi Di Bulan Ramadhan

Wartakesehatan.com - Sering kali, karena kesalahan pola makan, perut kita justru membuncit dan ekstra lemak muncul menjelang..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Jaga Kesehatan Gigi Agar Terlihat Putih Sehat

Wartakesehatan.com -  Dengan gigi yang putih dan bersih ini tentunya akan menambah rasa percaya diri. Munculnya tren..

+Indeks