Tips Sehat Buka dan Sahur Bagi Penderita Diabetes

Oleh : nurul kinanti | Rabu, 15 Mei 2019 | 15:11 WIB



Wartakesehatan.com - Setiap Muslim tidak ingin meninggalkan puasa meskipun alasan sakit, termasuk sakit diabetes. Mereka selalu mencari cara sehat makan sahur dan berbuka.

Tagar merangkum dari berbagai sumber tentang cara sehat makan sahur dan berbuka bagi penderita diabetes. Diantaranya adalah:

Sahur

1. Minum air putih yang banyak

Bagi penderita diabetes, air putih bisa menstabilkan dan mengontrol kadar gula. Selain itu juga mencegah dehidrasi.

2. Makan sahur mendekati Imsak

Selain untuk mempersingkat waktu puasa, makan sahur mendekati Imsak akan membuat seorang penderita diabetes punya banyak waktu untuk makan secara bertahap, dari makanan pembuka sampai makanan berat agar kandungan gula darah tidak naik.

3. Makan dalam porsi sedang

Meskipun tidak akan makan dan minum selama lebih dari 12 jam, tapi bukan berarti harus menimbun kalori secara besar-besaran.

4. Hindari konsumsi kafein

Kafein akan mengakibatkan banyak membuang air putih. Bagi penderita diabetes hal itu tidak baik karena cairan tubuh akan banyak berkurang dan menjadi lemas.

Buka Puasa

1. Minum air putih yang banyak

Air putih sangat berguna dan bermanfaat untuk setiap orang. Khusus untuk penderita diabetes, air putih dapat membuat kadar gula tetap stabil dan mengontrol konsentrasinya.

2. Menghindari makanan dan minuman manis

Menghindari yang manis saat buka memang sulit, karena hampir semua yang disajikan adalah minuman manis, dari teh, es buah, kolak, makanan ringan, dan masih banyak lagi. Tapi seorang penderita diabetes harus disiplin untuk menghindari makanan jenis itu.

Perlu diingat, saat berpuasa, kadar gula menurun sangat drastis, Lalu mengonsumsi makanan manis saat berbuka akan meningkatkan kandungan gula darah juga secara drastis. Kondisi itu dapat memicu hiperglikemia yang beresiko tinggi untuk penderita diabetes. Hiperglikemia terlalu tinggi bisa mengakibatkan komplikasi atau mudah tertular penyakit lain. Intinya selalu disiplin dan tidak berlebihan saat berbuka.

3. Jauhi gorengan

Ini juga sulit, karena di setiap makanan kecil pasti terdapat gorengan yang gurih dan nikmat, seperti pisang goreng, mendoan, dan masih banyak lagi. Padahal penderita diabetes sangat dilarang makan gorengan atau makanan yang digoreng. Gorengan sarat akan kandungan lemak tidak sehat yang bisa meningkatkan kolesterol. Kondisi itu bisa memicu penyakit jantung koroner.

4. Hindari konsumsi beberapa jenis buah dan sayur

Ternyata ada beberapa buah dan sayur yang tidak cocok bagi penderita diabetes, karena bisa mengakibatkan lonjakan kadar gula darah. Beberapa diantaranya adalah; mangga, stroberi, labu, dan kentang.

5. Menyeimbangkan kandungan makanan

Menyeimbangkan dalam hal ini adalah memastikan makanan yang dikonsumsi mengandung protein, karbohidrat, dan sayuran, serta makanan berserat (buah) untuk menjaga stamina dan mengatur kadar gula selama puasa Ramadhan.

6. Menyegerakan saat berbuka

Dengan menyegerakan saat berbuka, seorang penderita diabetes telah mengamalkan sunah Rasul dan menjaga agar kadar gula darah tidak terlalu rendah. Kadar gula yang terlalu rendah bisa mengakibatkan tidak sadarkan diri.

7. Kenali tubuh Anda

Sebagai seorang penderita diabetes, mereka harus peka terhadap kondisi tubuh saat melaksanakan ibadah puasa. Terdapat tiga sinyal umum yang sering terjadi pada penderita diabetes saat berpuasa, Yaitu:

- Hipoglikemia adalah kondisi kadar gula darah yang menurun, dimana tubuh menjadi lemas, sedikit kejang, lalu pingsan.

- Hiperglikemia adalah kadar gula darah yang naik drastis, dimana penglihatan akan kabur dan tidak jelas, lelah, sakit kepala, hingga haus yang berlebihan.

- Ketoasidosis diabetes adalah kondisi ketika tubuh tidak mampu mengolah kadar gula darah karena kekurangan insulin, ciri-cirinya adalah dehidrasi, mual dan muntah, serta bisa mengakibatkan koma.

Bagi penderita diabetes, sakit juga sebuah anugerah yang harus dijalani dengan iklas. Jadi meskipun ibadah puasa di bulan Ramadan adalah sebuah kewajiban, kesehatan kita juga prioritas yang utama




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 22 menit yang lalu

Jangan Terlalu Sering Mengkonsumsi Suplemen

Wartakesehatan.com - Terutama saat menjalani ibadah puasa seperti sekarang, kita perlu mengkonsumsi suplemen. Jika..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Tips Sehat Jaga dan Turunkan Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Tingginya kadar kolesterol dalam aliran darah dapat memblokir pembuluh darah dan meningkatkan..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Cara Sehat Agar Tidur Nyenyak

Wartakesehatan.com - Bagi sebagian orang tidur tak semudah yang dibayangkan. Ada kalanya, sudah 10 menit, 20 menit, bahkan..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Menangis Memiliki 5 Manfaat Kesehatan

Wartakesehatan.com - Sering menangis tidaklah selalu identik dengan cengeng, memiliki mental lemah dan..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Air Dingin dan Air Hangat

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa ahli gizi, air hangat bermanfaat dalam memudahkan proses pencernaan, sementara air dingin..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Makan Kulit Ayam Goreng untuk Buka Puasa? Sehat atau Ngga

Wartakesehatan.com - Meski rasanya sangat enak, sebetulnya sehat atau tidak makan kulit ayam goreng untuk buka puasa? Dikutip..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Konsumsi Yoghurt Dapat Meredakan nyeri PMS

Wartakesehatan.com - Kandungan probiotiknya memberi keuntungan bagi kesehatan pencernaan, begitu juga dengan kalsium dan..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Inilah Manfaat Angkat Beban Bagi Otak

Wartakesehatan.com - Studi terbaru menunjukkan bahwa salah satu latihan yang paling bermanfaat yang dapat dilakukan untuk..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Cara Mudik Sehat Bagi Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Mudik membutuhkan waktu yang tidak sebentar, maka itu membutuhkan kondisi fisik dan mental ibu hamil yang..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Buah Sehat yang Bisa Dikonsumsi Di Bulan Ramadhan

Wartakesehatan.com - Sering kali, karena kesalahan pola makan, perut kita justru membuncit dan ekstra lemak muncul menjelang..

+Indeks