Penyebab Vertigo saat Puasa

Oleh : Dirk Christ | Kamis, 16 Mei 2019 | 13:05 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Puasa mungkin tidak mudah dijalani bagi sebagian orang, terutama yang mengalami masalah kesehatan. Menahan lapar dan haus selama kurang lebih 13 jam kadang tidak mudah. Anda mungkin bisa mengalami kelelahan, pusing, sakit kepala, ingin pingsan, bahkan vertigo saat puasa.

Apa yang menyebabkan vertigo saat puasa? Berikut covesia.com mengulasnya dari laman hellosehat.

Apa itu vertigo?

Vertigo adalah rasa tidak seimbang, sehingga Anda merasa seperti sedang berputar atau lingkungan di sekitar anda terasa berputar dan anda merasa pusing akan hal itu. Ini bisa menjadi sangat parah dan membuat anda merasa sulit dalam melakukan aktivitas anda sehari-hari.

Umumnya, vertigo terjadi pada lansia yang sudah berusia 65 tahun ke atas, namun juga bisa terjadi pada usia berapapun.

Vertigo bisa muncul tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa detik atau lebih lama. Saat anda mengalami vertigo, anda akan merasakan kehilangan keseimbangan (membuat sulit untuk berdiri atau bahkan berjalan), merasa sakit, dan pusing.

Apa penyebab vertigo saat puasa?

Vertigo disebabkan karena adanya gangguan keseimbangan dalam tubuh anda, yang bergantung pada berbagai bagian sistem sensorik, seperti mata, saraf sensorik, dan telinga bagian dalam.

Adanya gangguan pada telinga dalam membuat otak menerima sinyal dari telinga bagian dalam yang tidak sesuai dengan apa yang diterima oleh mata dan saraf sensorik. Sehingga, otak anda pun mengalami kebingungan, dan anda merasa pusing serta tidak seimbang.

Saat anda puasa, beberapa hal bisa menjadi pemicu anda mengalami vertigo saat puasa, yaitu:

  • Migrain. Migrain atau sakit kepala sebelah saat puasa dapat menyebabkan anda juga mengalami vertigo, bahkan jika migrain yang anda rasakan tidak terlalu parah. Migrain ini bisa dipicu oleh kebisingan atau sensitif terhadap cahaya. Vertigo yang anda rasakan bisa berlangsung beberapa menit atau lebih lama.
  • Sirkulasi darah yang buruk. Hal ini membuat jantung anda tidak cukup memompa darah sampai ke otak atau telinga bagian dalam, sehingga anda bisa merasa pusing, ingin pingsan, dan tidak seimbang (vertigo).
  • Tekanan darah rendah. Kondisi ini juga dapat menyebabkan aliran darah dari jantung ke otak dan telinga bagian dalam terhambat, sehingga anda bisa mengalami pusing, lemas, dan vertigo saat puasa. Biasanya, anda bisa mengalami hal ini jika berdiri terlalu cepat dari duduk atau berbaring.
  • Gula darah rendah. Saat puasa, umum terjadi gula darah menurun karena tidak ada asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh anda. Hal ini membuat anda merasa lemas, lelah, dan pusing. Juga, dapat menyebabkan vertigo Anda kambuh.
  • Dehidrasi. Kekurangan cairan atau dehidrasi juga umum terjadi saat puasa ketika jumlah cairan yang Anda minum kurang dari jumlah cairan yang keluar dari tubuh anda. Hal ini membuat anda merasa pusing, lemas, dan juga lelah, serta memicu vertigo.



Fokus : Vertigo


#Puasa #Vertigo
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 9 jam yang lalu

4 Jenis Insomnia yang Perlu Diketahui

Wartakesehatan - Dokter dari Klinik Gangguan Tidur Rumah Sakit Umum Pusat Dr Sardjito, Yogyakarta, Astuti,..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Menguap Teryata Miliki Manfaat Kesehatan

Wartakesehatan.com - Menguap adalah indikasi dari perasaan bosan, lelah dan juga mengantuk. Sadar atau tidak, saat kita..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

4 Hal Ini Bantu Menghilangkan Stres

Wartakesehatan.com - Stres seringkali sulit untuk dihindari ya ladies. Tapi masak iya mau menghabiskan hidup hanya untuk..
Seks - 13 jam yang lalu

Pentingnya Mengetahui Kesehatan Vagina

Wartakesehatan.com - Vagina yang terletak di bawah area pinggul ini tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus sehingga..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Minum Cokelat Panas Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidak hanya membuat Anda hangat sepanjang musim dingin, cokelat panas ini juga dapat meningkatkan..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Sebatang Rokok Sehari Tingkatkan Kematian

Wartakesehatan.com -  Studi belum lama ini menemukan, satu batang rokok sehari dapat meningkatkan risiko kematian..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Nanas bisa bikin Gigi Putih Alami

Wartakesehatan.com - Gigi putih bisa menjadi satu tanda kesehatan gigi dan mulut yang terjaga. Dengan gigi yang putih,..
Mamin - 17 jam yang lalu

Makan Ikan Lele Beri Manfaat Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Ikan lele sekarang merupakan jenis ikan air tawar yang sering banyak Anda jumpai di pasar. Sebab Ikan..
Ibu & Anak - 18 jam yang lalu

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Mitos hamil mengatakan bahwa ibu hamil ketika makan adalah untuk dua orang, jadi kapasitas dan..
Mamin - 19 jam yang lalu

Makanan Ini Bantu Cegah Serangan Jantung

Wartakesehatan.com - Salah satu penyebab umum serangan jantung adalah pembuluh arteri yang tersumbat. Seperti yang dikutip..

+Indeks