Ternyata Mentimun Baik untuk Kesehatan Kardiovaskular

Oleh : nurul kinanti | Kamis, 16 Mei 2019 | 22:03 WIB



Wartakesehatan.com - Mentimun seringkali dikaitkan dengan kesehatan. Di masa lalu misalnya, orang-orang India kerap menggunakan mentimun untuk kebutuhan pengobatan. Mentimun juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari salah satu diet menyehatkan yaitu diet Mediterania.

Seperti dilansir dari Medical News Today, konsumsi mentimun berkaitan dengan risiko yang lebih rendah terhadap obesitas, diabetes serta penyakit jantung. Profil kimiawi dalam mentimun juga membuat buah ini memiliki beragam manfaat kesehatan bila dikonsumsi.

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat mentimun bagi kesehatan. Berikut ini adalah cara-cara tersebut.

 

Hidrasi

Salah satu manfaat dari konsumsi mentimun adalah hidrasi karena mentimun tak hanya mengandung air yang tinggi tetapi juga elektrolit penting. Untuk mencegah dehidrasi, mentimun bisa dikonsumsi saat cuaca panas maupun setelah berolahraga.

Mentimun juga bisa ditambahkan ke dalam air putih agar air putih terasa lebih segar. Tambahkan mint ke dalam campuran air putih dan potongan mentimun untuk memberi rasa yang lebih menarik.

Kesehatan Tulang

Asupan vitamin K yang cukup berkaitan dengan tulang sehat yang memiliki risiko lebih kecil untuk mengalami patah atau fraktur. Salah satu sumber makanan yang mengandung vitamin K adalah mentimun.

Konsumsi satu cangkir mentimun dapat memberikan asupan 8,5 mikrogram vitamin K. Menurut Office of Dietary Supplements, perempuan berusia 19 tahun ke atas perlu mendapatkan asupan vitamin K sebesar 90 mikrogram per hari, sedangkan untuk laki-laki 120 mikrogram per hari.

Selain vitamin K, mentimun juga dapat emmabntu penyerapan kalsium. Baik vitamin K maupun kalsium sama-sama berkontribusi dalam menjaga kesehatan tulang.

Kanker

Mentimun kaya akan kandungan nutrien yang dikenal sebagai cucurbitacin. Ada kandungan cucurbitacin A, B, C, D dan E di dalam mentimun. Cucurbitacin diketahui dapat mencegah kanker dengan cara menghentikan sel kanker untuk poliferasi dan bertahan hidup.

Kesehatan Kardiovaskular

American Hearth Association menyarankan orang-orang untuk mengonsumsi lebih banyak serat. Alasannya, serat dapat mencegah penumpukan kolesterol yang berpotensi menyebabkan masalah kardiovaskular di kemudian hari.

Mentimun merupakan salah satu sumber serat yang baik. Serat pada mentimun paling banyak ditemukan pada bagian kulitnya. Selain itu, mentimun juga mengandung kalium dan magnesium yang baik untuk kesehatan jantung.




#Kesehatan #Mentimun
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Diet Tinggi Gula Dapat Memengaruhi Kualitas Sperma

Wartakesehatatan.com - Tak hanya gula darah, tetapi makanan dan minuman manis bisa berpengaruh pada kesehatan..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Kondisi Kaki yang Bisa Mengungkap Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Mulai sekarang jangan sepelekan kondisi kakimu. Seperti diktuip dari everyday health, kondisi kaki bisa..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Tips Pulihkan Rasa Lelah Usai Pulang Kerja

Wartakesehatan.com-Kelelahan setelah pulang bekerja merupakan hal yang tidak bisa dihindari, karenanya Anda perlu mencari cara..
9 jam yang lalu

Cara Mengatasi Alergi Yang Kumat

Wartakesehatan.com-Alergi terjadi karena sistem imun Anda salah mengira zat yang pada dasarnya tidak berbahaya sebagai ancaman..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Stres Berat Bisa Sebabkan Gangguan Jiwa

Wartakesehatan.com-Pada dasarnya, stress merupakan cara tubuh melindungi diri dari bahaya sehingga membuat kita tetap fokus,..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Tips Mengatasi Bornout Saat Bekerja

Wartakesehatan.com-Bornout synndrome adalah sebuah kondisi stres kronis yang berhubungan dengan pekerjaan...
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Mudah

Wartakesehatan.com - Penyakit jantung disebut penyakit yang banyak merenggut nyawa. Oleh karena itu ada beberapa cara menjaga..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Gula Aren Lebih Sehat Daripada Gula Putih

Wartakesehatan.com - Gula sering ditambahkan dalam berbagai makanan dan minuman. Namun hati-hati, jika berlebihan bisa..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Bersepeda Menurunkan Resiko Beberapa Penyakit

Wartakesehatan.com - Rutin bersepeda juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko sejumlah penyakit kronis, seperti diabetes..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

Manfaat Kesehatan Kacang-Kacangan Bagi Anda

Wartakesehatan.com - Nutritionist dari Metropolitan State University of Denver, Malena Perdomo, MS, RDN, CDE menuturkan..

+Indeks