Tips Sehat Batasi Asupan Gula Dalam Tubuh

Oleh : Dirk/1health | Sabtu, 20 Juli 2019 | 18:05 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Sangat penting bagi Anda untuk mengontrol asupan gula ke dalam tubuh. Karena terlalu banyak mengonsumsi gula justru bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Banyak faktor yang membuat tubuh kita mendapatkan gula berlebih setiap harinya, salah satunya adalah lewat makanan yang dikonsumsi. Tapi jangan khawatir, ada banyak tips sehat yang bisa Anda lakukan untuk membatasi asupan gula dalam tubuh.

Hindari gula ganda

Anda harus berpikir ulang ketika mengatakan bahwa oatmeal dan yoghurt adalah makanan yang sehat. Karena oatmeal instant juga mengandung gula tambahan, yaitu sekitar tiga sendok teh gula dalam setiap porsi kecil oatmeal instan. Begitupula dengan yoghurt, meskipun terlihat sehat tetapi banyak kandungan gula yang tersimpan di dalamnya. Meskipun yoghurt memang memiliki gula alami yang berasal dari susu dan buah, tetapi banyak pula yoghurt yang ditambahkan gula dalam bentuk sukrosa atau sirup jagung. Agar lebih aman, sebaiknya cermati kemasan setiap makanan yang akan dikonsumsi untuk melihat kandungan gulanya.

Miliki hati yang sehat
Selain memiliki peranan dalam menyaring berbagai racun dalam tubuh, organ hati juga mengatur keinginan Anda untuk selalu mengonsumsi makanan manis yang mengandung banyak gula. Namun hati yang sehat akan memainkan peranan dalam mengatur kadar gula dalam darah. Jika kadar gula dalam darah tinggi maka akan membuat Anda merasa lapar, tidak mampu berkonsentrasi, bingung, mengakibatkan emosi yang tidak stabil dan terobsebsi terhadap gula. Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan fungsi organ hati dengan cara mengonsumsi makanan-makanan sehat untuk hati.

Berikan makanan sehat bagi bakteri usus
Bakteri usus ternyata memiliki peranan yang mengejutkan terhadap rasa keinginan seseorang terhadap makanan. Sehingga sangat penting bagi kita untuk memberikan makanan yang sehat bagi mereka. Madu adalah salah satu makanan prebiotik yang baik. Makanan lain dengan prebiotik yang baik adalah asparagus, pisang, terong, bawang putih, kefir, gula maple dan yoghurt. Dengan terbiasa memberikan makanan sehat bagi bakteri usus, secara tidak langsung akan memengaruhi jenis makanan yang Anda konsumsi.

Makanlah lebih banyak cokelat
Cokelat adalah makanan yang hebat dalam memberikan kepuasan Anda akan gula atau makanan manis. Cobalah untuk membiasakan diri untuk mengonsumsi dark cokelat, karena selain bisa mengatasi keinginan Anda terhadap gula, makanan tersebut juga sehat bagi tubuh. Dalam ilmu saraf hal itu disebut "pembiasaan gustatory". Dengan kata lain Anda melatih otak untuk dapat memilih makanan yang paling sehat di antara banyak makanan sejenis.

Konsumsi lemak
Mengonsumsi lemak sehat ternyata juga dapat membantu mengurangi keinginan Anda untuk mengonsumsi gula. Hal ini terjadi karena, ketika Anda menuruti hasrat untuk mengonsumsi banyak gula, maka akan berpengaruh terhadap kadar gula darah, dan membuat ketidakseimbangan insulin dalam tubuh. Ketidakseimbangan insulin justru akan menambah keinginan Anda untuk mengonsumsi banyak gula. Berbeda dengan lemak sehat, ketika mengonsumsi lemak sehat maka tidak akan meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, sehingga keinginan Anda untuk mengonsumsi gula dapat ditekan. Sangat disarankan untuk mengonsumsi dua sampai tiga porsi lemak sehat setiap kali Anda makan.




Fokus : Gula


#Tubuh
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

6 Tanda Paru-paru Anda Bermasalah

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri paru-paru adalah salah satu organ vital yang sangat dibutuhkan tubuh..
Seks - 5 jam yang lalu

3 Tanda Keputihan Tidak Normal

Wartakesehatan.com - Keputihan tentu sangat mengganggu wanita, keputihan juga bisa menjadi sinyal mengenai kondisi..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Tingkatkan Stamina dengan 5 Tips ini!

Wartakesehatan -  Menjaga stamina tubuh sangat penting. Stamina mempunyai peranan yang sangat penting pada tubuh..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Bahaya, Jika Menelan Permen Karet

Wartakesehatan - Mengunyah permen karet adalah hal yang pernah dilakukan setiap orang, selain itu bagi beberapa orang..
Mamin - 8 jam yang lalu

Ini Bahaya Konsumsi Makanan yang Dibakar

Wartakesehatan.com - Siapa yang tak suka makanan yang dibakar atau dipanggang? Berbagai makanan barbecuesangatlah..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Awas, Sering Jabat Tangan picu Penyakit

Wartakesehatan.com - Berjabat tangan memang lazim untuk dilakukan saat bersosialisasi. Sebab jabat tangan merupakan..
Obat & Penyakit - 10 jam yang lalu

Cermati 5 Gejala Awal Stroke

Wartakesehatan.com - Stroke kini tak hanya menghinggapi orang yang berusia lanjut. Bahkan, menurut American Heart..
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

Kebiasaan Nonton TV Berisiko Gangguan Paru-paru

Wartakesehatan.com - Tak bisa dipungkiri hampir sebagian besar orang tentu menyukai melihat atau menonton televisi dalam..
Tekhnologi - 12 jam yang lalu

4 Manfaat Bermain bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Menurut Anda, bermain bagi orang dewasa adalah kegiatan yang tabu, kegiatan yang sudah tidak lagi..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Studi: Taoge bisa Turunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Penelitian yang dilakukan oleh Astawan dkk. (1998) juga menunjukkan kecambah kedelai mempunyai..

+Indeks