Efek Berlebihan Olahraga bagi Tubuh

Oleh : Dirk/tribun | Jumat, 02 Agustus 2019 | 09:05 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Rajin olahraga memang baik tapi jangan lupa untuk punya hari istirahat. Olahraga tiap hari tanpa ada hari istirahat juga tak baik.

Apa yang terjadi ketika tubuh berlatih terlalu keras? Michelle Opperman, direktur Group Fitness for Crunch dan Jan Milano, seorang pelatih kebugaran punya jawabannya. Dampak olahraga terlalu keras ternyata serius, mulai dari dampak fisiologi hingga psikologi parah dan diberi nama overtraining syndrome.

Beginilah yang terjadi pada tubuh ketika kita tak memberi tubuh istirahat setelah berolahraga berat :

1. Cadangan glikogen habis
Opperman dan Milano mengatakan glikogen di tubuh kita berkurang. Glikogen adalah sumber energi tubuh dan sesuatu yang tak boleh habis dari tubuh. Milano mengatakan kekurangan glikogen dapat menyebabkan respon laktat yang rendah. Ini artinya, otot menjadi lelah dengan cepat.

2. Kortikosteroid naik
Kortison dan kortisol (hormon stres) tak baik untuk penurunan berat badan dan bahkan menyebabkan penahanan lemak perut. Milano mengatakan kenaikan kedua hormon ini dapat menekan kekebalan tubuh dengan mencegah reaksi limfosit terhadap antigen sehingga sel-sel kekebalan tubuh tak dapat memerangi penyakit. Latihan berlebihan sama dengan membuat diri jadi mudah sakit.

3. Kerja jantung berlebihan
"Baik detak jantung olahraga maupun detak jantung latihan submaksimal meningkat," kata Milano. Baik-baiklah pada jantung dan jangan paksa jantung bekerja keras.

4. Kinerja memburuk
Opperman mengatakan bila istirahat yang cukup tak dimasukkan dalam program latihan, kinerja (seperti pembentukan otot dan menjadi lebih kuat) justru menurun. Hal ini dikarenakan otot tak memulihkan diri dan meregenerasi.

5. Kehilangan massa otot
Saat olahraga itu otot bekerja keras dan mengalami kerusakan. Tanpa satu hari istirahat tak ada pemulihan otot. Alhasil otot malah berkurang.

6. Merasa tak enak
Sobek kecil di otot yang tak pulih menyebabkan inflamasi dan bengkak. Opperman mengatakan perasaan itu dapat ekstrim dan berhari-hari. Kita pun merasa kelelahan secara fisik selama periode panjang sehingga membuat kita sulit olahraga dan beraktivitas sehari-hari.

7. Mengganggu pikiran
Kelelahan otot bukan hanya terjadi di tubuh. Kelelahan dan stres pun mempengaruhi kesehatan mental."Terjadi penurunan motivasi dan percaya diri. Di sisi lain terjadi peningkatan tensi, depresi dan kemarahan," kata Milano.




Fokus : Olahraga


#Olahraga
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 26 menit yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

5 Cara Pintar Atasi Nyeri saat Haid

Wartakesehatan.com - Pada umumnya wanita merasakan nyeri atau kram perut saat haid (Dismenore) yang dapat berlangsung..
Ibu & Anak - 12 jam yang lalu

Penting! Ibu Hamil jaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum..
Mamin - 13 jam yang lalu

Basmi Jerawat Dengan Makanan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Wajah penuh jerawat dan terlihat kusam adalah tanda telah terjadi penumpukan racun dalam jumlah yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

ASUS VivoBook A409, Laptop Klasik dengan NanoEdge Display

Jakarta, Warkes.com - ASUS kembali menghadirkan laptop klasik mainstream ke pasaran Indonesia. Laptop sehari-hari yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

Sophia the Robot Gambaran Kecerdasan Manusia di Atas Manusia Buatan

Jakarta, Warkes.com – Bagaimanapun pintarnya robot, tentu merupakan sebuah program yang dalam hal ini dibuat oleh..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Kembangkan Sayap Bisnis di Yogyakarta Toys Kingdom Buku Toko ke Tiga-nya

Yogyakarta, Warkes.com - Toys Kingdom, pusat mainan dan hobi untuk segala usia kembali membuka toko terbaru tepatnya di Jogja..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Waspada, Ruang AC bisa bikin Gemuk

Wartakesehatan.com - Di jaman yang sudah modern ini, AC tampaknya telah jadi bagian kehidupan kita sehari-hari. Di kantor,..

+Indeks