5 Pilihan Makanan Sehat untuk Sahur

Oleh : Dirk/rima | Sabtu, 18 Mei 2019 | 07:05 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Sebagian besar dari kita tergiur untuk menyantap makanan mengandung karbohidrat dan gula saat sahur. Sayangnya, sajian seperti itu dapat membuat kadar gula dalam tubuh melejit. Dan, ini membuat tekanan makin rendah dari biasa sehingga akibatnya kita jadi lebih cepat lapar. 

Para pakar merekomendasikan makanan kaya protein karena mengandung lebih sedikit gula yang membuat kita dapat menangkal lapar lebih lama. Berikut rekomendasi 5 pilihan makanan untuk sahur yang dikutip dari laman Arabian Business.
 
Telur. Telur adalah salah satu makanan populer untuk sarapan. Makanan ini juga cocok untuk santap sahur. Telur kaya protein sehingga membuat kita kenyang untuk beberapa waktu lamanya. Pakar kesehatan merekomendasikan tambahan keju lembut dan buah agar lebih kenyang dan mendapat lebih banyak energi.
 
Oatmeal. Gantilah sereal dengan oatmeal. Tak hanya mengandung lebih sedikit gula, oatmeal juga kaya protein dan serat yang cocok untuk mengekang nafsu makan.
 
Jeruk. Seporsi kecil jeruk bisa membuat kita tetap berenergi. Jeruk penuh dengan serat dan vitamin C sehingga buah ini pilihan yang baik untuk sahur.

Alpukat. Anda mungkin lebih memilih nasi atau daging, tapi cobalah menyisipkan alpukat dalam menu sahur karena buah ini membuat kenyang lebih lama. Berdasarkan studi NutritionJournal, perempuan yang makan setengah alpukat saat jam makan siang merasa 22 persen lebih kenyang dan 24 persen tidak terlalu lapar tiga jam kemudian ketimbang saat mereka makan siang tanpa sayuran.

Buncis dan kacang-kacangan. Makanan ini kaya serat, zat besi, antioksidan dan vitamin B yang bisa membuat rasa kenyang bisa bertahan selama beberapa jam.
 



Fokus : Sahur


#Makanan #Sahur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 12 jam yang lalu

Makanan yang bisa Atasi Insomnia

Wartakesehatan.com - Kekurangan tidur dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari menurunnya kondisi mental dan juga..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Bahanya 'Sleep Apnea' berujung Kematian

Wartakesehatan - Sleep Apnea Merupakan ganguan tidur yang menyebabkan nafas berhenti selama beberapa detik. Penyakit ini..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Pentingnya Mandi pada Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri masih banyak orang yang mengabaikan kebersihan tubuh atau bisa disebut dengan jarang..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Dampak Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Minimnya asupan air mineral, bisa berdampak pada kesehatan tubuh Anda lho. Tak hanya sembelit saja,..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Cara Mengetahui Kesehatan Rambut

Wartakesehatan.com - Penting sekali untuk mengetahui bagaimana perawatan rambut yang tepat sesuai jenis dan juga..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

7 Tips untuk Berhenti Merokok

Wartakesehatan - Beberapa perokok mungkin memiliki keinginan untuk berhenti merokok. Alasannya sederhana karena merokok..
Mamin - 18 jam yang lalu

Jaga Kesehatan Usus dengan 5 Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Usus merupakan organ tubuh yang harus dijaga agar selalu sehat dan bekerja secara optimal. Usus..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Tips Tetap Sehat di Tempat Kerja

Wartakesehatan.com - Selain waktu yang banyak dihabiskan di kantor, gaya hidup tidak sehat, kurang olahraga dan sering..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Cara Alami Ini Bisa Putihkan Gigi

Wartakesehatan.com - Hal yang satu ini mungkin aneh bagi masyarakat indonesia.Mencampurkan teh dengan sedikit susu..
Obat & Penyakit - 21 jam yang lalu

Sabun Anti Bakteri bisa atasi Bisul

Wartakesehatan - Bisul merupakan salah satu gangguan kulit yang umur terjadi. Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang..

+Indeks