Kurangi Depresi Dengan Diet Konsumsi Ikan

Oleh : Dirk/bintang | Sabtu, 18 Mei 2019 | 11:10 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa diet dengan banyak mengkonsumsi ikan bisa membantu mengurangi depresi.

Orang yang rajin makan ikan cenderung lebih bahagia, jarang stress dan kehidupannya lebih berkualitas dibandingkan orang yang jarang makan ikan, hal itu dilaporkan berdasarkan studi oleh University of South Australia.

Mengapa demikian? Karena ikan mengandung omega-3, dan asam lemak esensial. Dimana lemak sehat ini memegang peranan penting dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan serta stabilitas mental.

Tidak hanya ikan, asam lemak omega-3 juga banyak terkandung pada kacang-kacangan, biji-bijian, minyak dan buah zaitun murni serta wine (dengan takaran secukupnya).

Bahkan, jika diet kaya omega-3 ini dibarengi dengan diet ala Mediterania yang mengurangi makanan olahan pabrik, daging merah, permen dan cokelat serta karbohidrat putih, maka efek anti depresinya bisa lebih optimal.

Para peneliti asal Australia membuktikan penelitian tersebut, dengan merekrut 82 orang dewasa untuk menjadi partisipan. Mereka berusia 18-65 tahun yang sedang mengalami depresi.

Sebelum penelitian, para partisipan diperiksa kondisi kesehatan mental dan kualitas hidupnya menggunakan skala hitungan DASS (Depression Anxiety Stress Scales) dan PANAS (Positive and Negative Affect Scale). Pola makan mereka juga diperiksa, apakah dietnya termasuk sehat atau lebih banyak konsumsi junk food.

Menurut Dr Natalie Parletta yang menjadi penulis penelitian, ada hubungan yang cukup erat antara pola diet dan pengaruhnya terhadap kondisi mental. Bukan karena depresi, orang jadi cenderung mengonsumsi makanan tidak sehat. Namun apa yang mereka makan sejak awal justru menjadi pemicu depresi.

"Kami menemukan bahwa diet yang miskin nutrisi bisa memprediksi gejala depresi. Bukan ketika orang depresi mereka akan makan junk food, kebiasaan makan junk food justru menyebabkan depresi. Kami telah merekrut responden yang memang sudah menderita depresi. Lalu kami melihat juga orang yang dietnya sehat," ujar Natalie, seperti dikutip dari Daily Mail




Fokus : Depresi


#Depresi #Ikan #Diet
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 11 jam yang lalu

Makanan yang bisa Atasi Insomnia

Wartakesehatan.com - Kekurangan tidur dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari menurunnya kondisi mental dan juga..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Bahanya 'Sleep Apnea' berujung Kematian

Wartakesehatan - Sleep Apnea Merupakan ganguan tidur yang menyebabkan nafas berhenti selama beberapa detik. Penyakit ini..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Pentingnya Mandi pada Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri masih banyak orang yang mengabaikan kebersihan tubuh atau bisa disebut dengan jarang..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Dampak Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Minimnya asupan air mineral, bisa berdampak pada kesehatan tubuh Anda lho. Tak hanya sembelit saja,..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Cara Mengetahui Kesehatan Rambut

Wartakesehatan.com - Penting sekali untuk mengetahui bagaimana perawatan rambut yang tepat sesuai jenis dan juga..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

7 Tips untuk Berhenti Merokok

Wartakesehatan - Beberapa perokok mungkin memiliki keinginan untuk berhenti merokok. Alasannya sederhana karena merokok..
Mamin - 18 jam yang lalu

Jaga Kesehatan Usus dengan 5 Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Usus merupakan organ tubuh yang harus dijaga agar selalu sehat dan bekerja secara optimal. Usus..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Tips Tetap Sehat di Tempat Kerja

Wartakesehatan.com - Selain waktu yang banyak dihabiskan di kantor, gaya hidup tidak sehat, kurang olahraga dan sering..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Cara Alami Ini Bisa Putihkan Gigi

Wartakesehatan.com - Hal yang satu ini mungkin aneh bagi masyarakat indonesia.Mencampurkan teh dengan sedikit susu..
Obat & Penyakit - 21 jam yang lalu

Sabun Anti Bakteri bisa atasi Bisul

Wartakesehatan - Bisul merupakan salah satu gangguan kulit yang umur terjadi. Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang..

+Indeks