Bagaimana Cara Menghindari Sembelit Saat Puasa?

Oleh : nurul kinanti | Sabtu, 18 Mei 2019 | 12:01 WIB



Wartakesehatan.com - Sembelit saat puasa disebabkan berbagai hal. Mulai dari kurangnya asupan cairan, jadwal makan yang berubah, serta kurangnya konsumsi makanan berserat. Keluhan ini biasanya dirasakan dengan perut terasa penuh, sulit buang air besar, tinja keras, hingga rasa mengganjal di anus.

Meski terkesan sepele, sembelit tidak boleh dibiarkan begitu saja. Selain mengganggu puasa, sembelit juga memicu berbagai gangguan kesehatan lain yang lebih kompleks. Lantas, bagaimana cara menghindari sembelit saat puasa? Simak tips kesehatan yang dilansir dari Boldsky berikut:

Cukupi kebutuhan cairan

Memenuhi kebutuhan cairan selama berpuasa sangat penting membantu melancarkan pencernaan dan mencegah dehidrasi. Minumlah air putih minimal delapan gelas setiap hari untuk menjaga kesehatan pencernaan. Hindari mengonsumsi produk olahan susu seperti keju, es krim, dan yoghurt yang dapat menyebabkan sembelit karena tinggi protein dan laktosa.

Perbanyak asupan serat

Jangan lupa mengonsumsi makanan tinggi serat saat sahur dan berbuka. Selain mencegah dan meredakan sembelit, makanan berserat mampu menghalau rasa lapar saat berpuasa. Sebab, makanan berserat lebih lambat dicerna sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Hindari mengonsumsi gorengan, daging merah, dan makanan cepat saji jika ingin terbebas dari sembelit.

Olahraga

Olahraga ringan membantu mencegah dan mengatasi sembelit. Sebab, aktivitas fisik dapat merangsang usus bergerak lebih aktif sehingga memudahkan proses buang air besar. Tidak perlu yang terlalu berat. Cukup lakukan olahraga ringan seperti jalan santai, peregangan, yoga, atau bersepeda guna mencegah sembelit dan menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa.




#Sembelit #Puasa
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 6 menit yang lalu

6 Penyebab Migrain yang Harus Diketahui

Wartakesehatan.com - Migrain adalah gangguan kronis yang ditandai dengan terjadinya sakit kepala ringan hingga berat yang..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...
Obat & Penyakit - 12 jam yang lalu

5 Cara Pintar Atasi Nyeri saat Haid

Wartakesehatan.com - Pada umumnya wanita merasakan nyeri atau kram perut saat haid (Dismenore) yang dapat berlangsung..
Ibu & Anak - 13 jam yang lalu

Penting! Ibu Hamil jaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum..
Mamin - 14 jam yang lalu

Basmi Jerawat Dengan Makanan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Wajah penuh jerawat dan terlihat kusam adalah tanda telah terjadi penumpukan racun dalam jumlah yang..
Tekhnologi - 14 jam yang lalu

ASUS VivoBook A409, Laptop Klasik dengan NanoEdge Display

Jakarta, Warkes.com - ASUS kembali menghadirkan laptop klasik mainstream ke pasaran Indonesia. Laptop sehari-hari yang..
Tekhnologi - 14 jam yang lalu

Sophia the Robot Gambaran Kecerdasan Manusia di Atas Manusia Buatan

Jakarta, Warkes.com – Bagaimanapun pintarnya robot, tentu merupakan sebuah program yang dalam hal ini dibuat oleh..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Kembangkan Sayap Bisnis di Yogyakarta Toys Kingdom Buku Toko ke Tiga-nya

Yogyakarta, Warkes.com - Toys Kingdom, pusat mainan dan hobi untuk segala usia kembali membuka toko terbaru tepatnya di Jogja..

+Indeks