Vitamin A Sangat Penting untuk Menjaga Penglihatan

Oleh : nurul kinanti | Sabtu, 18 Mei 2019 | 13:07 WIB



Wartakesehatan.com - Vitamin A berperan penting untuk banyak proses dalam tubuh, mulai dari menjaga kesehatan mata, sistem kekebalan tubuh, fungsi organ, hingga membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam kandungan.

Vitamin A dapat ditemukan dalam buah dan sayur-sayuran seperti wortel, bayam, jeruk, dan produk hewani seperti daging, ayam, ikan, dan susu.

Pria dewasa disarankan untuk mendapatkan 900 mikrogram (mcg), wanita 700 mcg, dan anak-anak serta remaja 300-600 mcg vitamin A per hari.


Berikut manfaat vitamin A bagi tubuh, mengutip Healthline.

1. Penglihatan
Vitamin A sangat penting untuk menjaga penglihatan. Vitamin A dibutuhkan untuk mengubah cahaya yang masuk ke mata menjadi sinyal yang dikirim ke otak. 

Pada orang dewasa, kandungan beta-karoten pada vitamin A dalam jumlah cukup dapat membantu memperlambat penurunan penglihatan seiring bertambahnya usia.

Penelitian menunjukkan, salah satu gejala awal kekurangan vitamin A adalah kebutaan malam. Orang dengan kondisi ini umumnya masih bisa melihat di siang hari. Tapi, penglihatan menurun di malam hari saat gelap atau tingkat cahaya menurun. Oleh karena itu, untuk mencegah kebutaan di malam hari, konsumsi vitamin A.

2. Cegah kanker 

Vitamin A memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan sel. Vitamin A dapat mencegah perkembangan sel abnormal yang tidak terkendali, cikal bakal kanker.

Dalam studi observasional, konsumsi vitamin A dalam bentuk beta-karoten dikaitkan dengan penurunan risiko kanker tertentu seperti limfoma Hodgkin, serviks, paru, dan kandung kemih. 

3. Memperkuat sistem imun 
Vitamin A dapat menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat. Vitamin ini mampu melindungi organ-organ seperti mata, paru-paru, usus dari serangan bakteri dan infeksi. 

Vitamin A juga terlibat dalam produksi dan fungsi sel darah putih yang membantu menangkap bakteri dan patogen di dalam darah.

Kekurangan vitamin A dapat meningkatkan kerentanan tubuh terhadap infeksi. 

4. Cegah jerawat 
Penelitian menunjukkan, kekurangan vitamin A dapat meningkatkan risiko tumbuhnya jerawat. Kekurangan vitamin A membuat protein keratin dalam folikel rambut berlebih sehingga menyebabkan terjadinya penyumbatan dan memicu munculnya jerawat.

5. Pertumbuhan dan reproduksi
Vitamin A penting untuk menjaga sistem reproduksi yang sehat pada pria dan wanita. 

Studi pada tikus menunjukkan, kekurangan vitamin A dalam reproduksi pria dapat menghambat perkembangan sel sperma dan menyebabkan kehamilan. Pada wanita, kekurangan vitamin A mempengaruhi kualitas telur dalam rahim. 

Vitamin A juga berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan embrio yang normal selama kehamilan. Pada wanita hamil, vitamin A terlibat dalam pertumbuhan dan perkembangan banyak organ pada janin seperti sistem saraf, jantung, ginjal, mata, paru-paru, dan pankreas.




#Kesehatan #Vitamin A
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 53 menit yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

5 Cara Pintar Atasi Nyeri saat Haid

Wartakesehatan.com - Pada umumnya wanita merasakan nyeri atau kram perut saat haid (Dismenore) yang dapat berlangsung..
Ibu & Anak - 12 jam yang lalu

Penting! Ibu Hamil jaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum..
Mamin - 13 jam yang lalu

Basmi Jerawat Dengan Makanan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Wajah penuh jerawat dan terlihat kusam adalah tanda telah terjadi penumpukan racun dalam jumlah yang..
Tekhnologi - 14 jam yang lalu

ASUS VivoBook A409, Laptop Klasik dengan NanoEdge Display

Jakarta, Warkes.com - ASUS kembali menghadirkan laptop klasik mainstream ke pasaran Indonesia. Laptop sehari-hari yang..
Tekhnologi - 14 jam yang lalu

Sophia the Robot Gambaran Kecerdasan Manusia di Atas Manusia Buatan

Jakarta, Warkes.com – Bagaimanapun pintarnya robot, tentu merupakan sebuah program yang dalam hal ini dibuat oleh..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Kembangkan Sayap Bisnis di Yogyakarta Toys Kingdom Buku Toko ke Tiga-nya

Yogyakarta, Warkes.com - Toys Kingdom, pusat mainan dan hobi untuk segala usia kembali membuka toko terbaru tepatnya di Jogja..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Waspada, Ruang AC bisa bikin Gemuk

Wartakesehatan.com - Di jaman yang sudah modern ini, AC tampaknya telah jadi bagian kehidupan kita sehari-hari. Di kantor,..

+Indeks