Vitamin A Sangat Penting untuk Menjaga Penglihatan

Oleh : nurul kinanti | Sabtu, 18 Mei 2019 | 13:07 WIB



Wartakesehatan.com - Vitamin A berperan penting untuk banyak proses dalam tubuh, mulai dari menjaga kesehatan mata, sistem kekebalan tubuh, fungsi organ, hingga membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam kandungan.

Vitamin A dapat ditemukan dalam buah dan sayur-sayuran seperti wortel, bayam, jeruk, dan produk hewani seperti daging, ayam, ikan, dan susu.

Pria dewasa disarankan untuk mendapatkan 900 mikrogram (mcg), wanita 700 mcg, dan anak-anak serta remaja 300-600 mcg vitamin A per hari.


Berikut manfaat vitamin A bagi tubuh, mengutip Healthline.

1. Penglihatan
Vitamin A sangat penting untuk menjaga penglihatan. Vitamin A dibutuhkan untuk mengubah cahaya yang masuk ke mata menjadi sinyal yang dikirim ke otak. 

Pada orang dewasa, kandungan beta-karoten pada vitamin A dalam jumlah cukup dapat membantu memperlambat penurunan penglihatan seiring bertambahnya usia.

Penelitian menunjukkan, salah satu gejala awal kekurangan vitamin A adalah kebutaan malam. Orang dengan kondisi ini umumnya masih bisa melihat di siang hari. Tapi, penglihatan menurun di malam hari saat gelap atau tingkat cahaya menurun. Oleh karena itu, untuk mencegah kebutaan di malam hari, konsumsi vitamin A.

2. Cegah kanker 

Vitamin A memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan sel. Vitamin A dapat mencegah perkembangan sel abnormal yang tidak terkendali, cikal bakal kanker.

Dalam studi observasional, konsumsi vitamin A dalam bentuk beta-karoten dikaitkan dengan penurunan risiko kanker tertentu seperti limfoma Hodgkin, serviks, paru, dan kandung kemih. 

3. Memperkuat sistem imun 
Vitamin A dapat menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat. Vitamin ini mampu melindungi organ-organ seperti mata, paru-paru, usus dari serangan bakteri dan infeksi. 

Vitamin A juga terlibat dalam produksi dan fungsi sel darah putih yang membantu menangkap bakteri dan patogen di dalam darah.

Kekurangan vitamin A dapat meningkatkan kerentanan tubuh terhadap infeksi. 

4. Cegah jerawat 
Penelitian menunjukkan, kekurangan vitamin A dapat meningkatkan risiko tumbuhnya jerawat. Kekurangan vitamin A membuat protein keratin dalam folikel rambut berlebih sehingga menyebabkan terjadinya penyumbatan dan memicu munculnya jerawat.

5. Pertumbuhan dan reproduksi
Vitamin A penting untuk menjaga sistem reproduksi yang sehat pada pria dan wanita. 

Studi pada tikus menunjukkan, kekurangan vitamin A dalam reproduksi pria dapat menghambat perkembangan sel sperma dan menyebabkan kehamilan. Pada wanita, kekurangan vitamin A mempengaruhi kualitas telur dalam rahim. 

Vitamin A juga berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan embrio yang normal selama kehamilan. Pada wanita hamil, vitamin A terlibat dalam pertumbuhan dan perkembangan banyak organ pada janin seperti sistem saraf, jantung, ginjal, mata, paru-paru, dan pankreas.




#Kesehatan #Vitamin A
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 12 jam yang lalu

Makanan yang bisa Atasi Insomnia

Wartakesehatan.com - Kekurangan tidur dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari menurunnya kondisi mental dan juga..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Bahanya 'Sleep Apnea' berujung Kematian

Wartakesehatan - Sleep Apnea Merupakan ganguan tidur yang menyebabkan nafas berhenti selama beberapa detik. Penyakit ini..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Pentingnya Mandi pada Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri masih banyak orang yang mengabaikan kebersihan tubuh atau bisa disebut dengan jarang..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Dampak Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Minimnya asupan air mineral, bisa berdampak pada kesehatan tubuh Anda lho. Tak hanya sembelit saja,..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Cara Mengetahui Kesehatan Rambut

Wartakesehatan.com - Penting sekali untuk mengetahui bagaimana perawatan rambut yang tepat sesuai jenis dan juga..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

7 Tips untuk Berhenti Merokok

Wartakesehatan - Beberapa perokok mungkin memiliki keinginan untuk berhenti merokok. Alasannya sederhana karena merokok..
Mamin - 18 jam yang lalu

Jaga Kesehatan Usus dengan 5 Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Usus merupakan organ tubuh yang harus dijaga agar selalu sehat dan bekerja secara optimal. Usus..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Tips Tetap Sehat di Tempat Kerja

Wartakesehatan.com - Selain waktu yang banyak dihabiskan di kantor, gaya hidup tidak sehat, kurang olahraga dan sering..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Cara Alami Ini Bisa Putihkan Gigi

Wartakesehatan.com - Hal yang satu ini mungkin aneh bagi masyarakat indonesia.Mencampurkan teh dengan sedikit susu..
Obat & Penyakit - 21 jam yang lalu

Sabun Anti Bakteri bisa atasi Bisul

Wartakesehatan - Bisul merupakan salah satu gangguan kulit yang umur terjadi. Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang..

+Indeks