Dampak Negatif Cahaya Lampu bagi Kesehatan Tubuh

Oleh : nurul kinanti | Sabtu, 18 Mei 2019 | 17:09 WIB



Wartakesehatan.com - Menurut hasil penelitian para ahli, tidur di malam hari dengan lampu yang menyala bisa menyebabkan beberapa masalah pada kesehatan seperti obesitas, depresi pikiran, bahkan parahnya lagi terkena kanker.

Tentunya Anda tidak mau hal ini terjadi bukan? Jadi lebih baik mulailah membiasakan diri untuk tidur dengan suasana yang gelap atau setidaknya dengan intensitas cahaya yang minim sekali.

Yuk langsung saja kita simak apa saja dampak buruk cahaya lampu bagi kesehatan tubuh:

1. Terjadinya Obesitas atau Kegemukan 

Banyak orang beranggapan bahwa obesitas terjadi karena terlalu banyak makan atau tidak pernah berolahraga. Namun, ternyata setelah diteliti faktor obesitas lainnya adalah disebabkan tidur dengan lampu yang menyala. Dampak dari cahaya lampu di malam hari saat tidur ini yang mengubah pola makan hingga Anda akan sulit mengontrol makan. Hal ini menyebabkan berat badan naik secara drastis.

2. Meningkatnya Depresi

Menurut hasil penelitian, tidur dengan lampu menyala akan menimbulkan perubahan fisiologis terhadap tubuh. Ini akan berakibat pada perubahan kondisi tertentu pada otak dan akhirnya menimbulkan depresi. Namun, untuk dampak yang ini masih terus diteliti oleh para ahlinya.

3. Mengganggu Sistem Reproduksi

Terkadang orang yang bekerja dengan pergantian shift lebih rentan terhadap masalah kesehatan reproduksi. Kenapa? Karena biasanya orang yang memiliki bagian shift malam akan lebih banyak terkena cahaya lampu malam.

Ini tentunya tidak baik untuk kesehatan sistem reproduksi. Terutama jika Anda adalah wanita. Bekerja shift malam seperti inilah yang nantinya akan mengganggu siklus menstruasi. Selain itu juga waktu tidur akan mulai terganggu hingga Anda akan merasa lemas tidak segar saat bangun di pagi hari.

4. Tumbuhnya Sel Kanker

Cahaya lampu di malam hari juga bisa membangunkan sel-sel kanker. Inilah salah satu penyebab tumbuhnya sel kanker prostat pada pria dan sel kanker payudara pada wanita. Oleh sebab itu Anda perlu berpikir ulang jika ingin tidur dengan lampu yang menyala di malam hari.




#Lampu #Cahaya
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 6 menit yang lalu

6 Penyebab Migrain yang Harus Diketahui

Wartakesehatan.com - Migrain adalah gangguan kronis yang ditandai dengan terjadinya sakit kepala ringan hingga berat yang..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...
Obat & Penyakit - 12 jam yang lalu

5 Cara Pintar Atasi Nyeri saat Haid

Wartakesehatan.com - Pada umumnya wanita merasakan nyeri atau kram perut saat haid (Dismenore) yang dapat berlangsung..
Ibu & Anak - 13 jam yang lalu

Penting! Ibu Hamil jaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum..
Mamin - 14 jam yang lalu

Basmi Jerawat Dengan Makanan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Wajah penuh jerawat dan terlihat kusam adalah tanda telah terjadi penumpukan racun dalam jumlah yang..
Tekhnologi - 14 jam yang lalu

ASUS VivoBook A409, Laptop Klasik dengan NanoEdge Display

Jakarta, Warkes.com - ASUS kembali menghadirkan laptop klasik mainstream ke pasaran Indonesia. Laptop sehari-hari yang..
Tekhnologi - 14 jam yang lalu

Sophia the Robot Gambaran Kecerdasan Manusia di Atas Manusia Buatan

Jakarta, Warkes.com – Bagaimanapun pintarnya robot, tentu merupakan sebuah program yang dalam hal ini dibuat oleh..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Kembangkan Sayap Bisnis di Yogyakarta Toys Kingdom Buku Toko ke Tiga-nya

Yogyakarta, Warkes.com - Toys Kingdom, pusat mainan dan hobi untuk segala usia kembali membuka toko terbaru tepatnya di Jogja..

+Indeks