Jangan Langsung Minum Kopi Saat Sahur Bahaya

Oleh : nurul kinanti | Sabtu, 18 Mei 2019 | 18:18 WIB



Wartakesehatan.com - Kopi adalah minuman berkafein paling populer di dunia. Minuman ini memiliki berbagai jenis seperti espresso, latte, cappucino, mocha, dan Americano yang mampu memenuhi berbagai selera. Kopi memang memiliki beragam manfaat baik bagi tubuh, namun konsuminya juga bisa menjadi buruk dalam keadaan tertentu. 

Minum kopi dalam kondisi tepat dapat memberikan manfaat berupa pencegahan penyakit hati, kanker hati, diabetes tipe 2, dan penyakit Parkinsons. Kopi juga mengandung antioksidan yang diperlukan tubuh. Namun, Anda perlu juga mengetahui efek buruk yang akan terjadi ketika meminum kopi dalam keadaan perut kosong. 

Selain itu, kopi juga sebaiknya tidak dikonsumsi mereka yang sedang hamil atau diminum dalam jumlah berlebih. 

Langsung minum kopi saat bangun tidur seperti sahur, tanpa mengasup makanan lain dulu, ternyata bisa merusak sistem pencernaan. Kopi meningkatkan produksi asam klorida dan cairan lambung di perut yang berfungsi membantu meleburkan makanan. 

Ketika perut kosong maka zat asam tersebut akan merusak bagian dalam perut dan membuat iritasi serta menimbulkan maag, seperti diinformasikan Torque Coffee Roasters (12/5). Efek kecanduan kopi juga dapat menimbulkan rasa mual, mulas, kembung, gangguan pencernaan, bahkan dapat menyebabkan muntah dalam situasi yang parah. Hal ini tentu akan mempengaruhi aktivitas Anda sehari-hari. 

Orang yang sensitif terhadap gastritis akan merasakannya dengan cepat. Bahkan perut yang sehat pun akan merasakan dampak negatifnya. Untuk menanganinya, tambahkanlah sedikit susu pada secangkir kopi. 

Ketika bangun tidur, tubuh memproduksi hormon kortisol yang membuat Anda terjaga dan lebih fokus. Hormon ini akan berkurang menjelang siang hingga sore hari. Konsumsi kopi di pagi hari dengan keadaan perut kosong dapat mengganggu hormon kortisol dan membuat tubuh merasa lemas dan lesu. 

Perasaan lemas ini akan mengganggu aktivitas bekerja atau hal lainnya. Maka pastikanlah untuk mengonsumsi makanan padat sebelum minum kopi agar lebih berenergi selama seharian penuh, terlebih saat bulan puasa. 

Konsumsi kopi juga dapat menyebabkan dehidrasi. Efek diuretik pada kopi membuat tubuh lebih sering buang air kecil dan menimbulkan pengeluaran cairan berlebih. Kebiasaan minum kopi sebelum makan juga dapat mengakibatkan naiknya tekanan darah atau meningkatkan detak jantung. 

Kopi juga melepaskan hormon seperti epinefrin dan norepinefrin. Ini bisa membuat Anda mengalami perubahan suasana hati yang tidak menyenangkan. Dalam jangka panjang, kebiasaan ini akan memberikan efek negatif bagi seluruh tubuh dan turut memberikan efek psikologis. Lebih jauh lagi, minum kopi dalam keadaan perut kosong semakin menghilangkan nafsu makan seseorang. 

Berat badan memang bisa turun, namun disertai efek samping seperti sakit kepala, sembelit, dan pusing. Karenanya disarankan untuk mengonsumsi makanan lain terlebih dulu sebelum menikmati kopi terlebih saat sahur di bulan puasa. 




#Kopi #Sahur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Seks - 6 jam yang lalu

Ereksi 3-5 kali Semalam Menandakan Kesehatan Pria

Wartakesehatan.com - Seorang Profesor dan Direktur dari Divisi Urologi di Southern Illinois University School of Medicine,..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Konsumsi Pare Menyembuhkan Gangguan Pernafasan

Wartakesehatan.com - Ternyata pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Dampak Buruk Minum Teh Setelah Makan

Wartakesehatan.com - Tahukah kalian kalau ternyata minum teh setelah makan punya dampak buruk bagi tubuh? Dikutip..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Dampak Tak Terduga Dari Diabetes

Wartakesehatan.com - Menurut Osama Hamdy Direktur Inpatient Diabetes Program at the Joslin Diabetes Center, Boston,..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Buah Srikaya Ampuh Turunkan Kolesterol Jahat

Wartakesehatan.com - Buah srikaya cukup mudah ditemui dimanapun. Di toko buah atau pun di pasar. Buah srikaya memiliki daging..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Konsumsi Cokelat Meningkatkan Sirkulasi Darah

Wartakesehatan.com - Bagi mereka yang takut gemuk sering kali menghindari coklat. Karena kandungan lemak yang..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

6 Manfaat Terong yang Perlu Anda Tahu

Wartakesehatan.com - Terong mempunyai banyak jenis mulai dari terong ungu, belanda dan juga terong bulat dan masih..
Mamin - 13 jam yang lalu

Bahaya !! Makanan Sehat Ternyata Mengandung Racun

Wartakesehatan.com - Ini dia lima makanan yang dianggap sehat, namun ternyata mengandung racun berbahaya, seperti dilansir..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

6 Manfaat Sehat Buah Pir

Wartakesehatan.com - Buah Pir merupakan buah yang memiliki rasa buah yang manis keasaman yang menjadikannya sangat segar..
15 jam yang lalu

Bayam Efektif Mengurangi Kembung

Waartakesehatan.com - Makanan sehat merupakan kunci untuk menjaga tubuh tetap sehat dan mendapatkan berat badan ideal,..

+Indeks