Hindari Kebiasaan yang Picu Kanker Payudara

Oleh : Dirk Christ | Minggu, 18 Agustus 2019 | 19:35 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Perbaikan gaya hidup dan pola makan memegang peranan yang penting untuk mencegah penyakit kanker payudara. Selain itu, tanpa disadari ada beberapa kebiasaan yang dapat memicu terjadinya penyakit kanker payudara.

Anda sebaiknya menghindari kebiasaan-kebiasaan pemicu kanker kanker payudara, berikut ini.

Tidak memberi ASI

Keberhasilan dalam memberikan ASI memang didukung oleh banyak hal. Namun, berbagai penelitian menemukan bahwa tidak memenuhi kewajiban untuk menyusui dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara. Sedangkan penelitian yang dilakukan oleh Journal of the National Cancer Institute, menyebutkan bahwa wanita yang menyusui memiliki risiko 30 persen lebih rendah untuk mengalami kanker payudara.

Kegemukan

Semakin tinggi berat badan Anda, maka risiko mengalami kanker payudara setelah memasuki menopause pun semakin tinggi. Menurut studi dalam jurnal BMJ Open, perempuan yang ukuran panggulnya meningkat drastis dalam waktu 10 tahun, memiliki risiko mengalami kanker payudara. Hal ini disebabkan oleh jaringan lemak yang banyak terkumpul di area pinggang, lebih aktif memicu kanker dibanding jaringan lemak di area lainnya.

Konsumi alkohol

Mengacu pada American Cancer Society, jumlah alkohol yang dikonsumsi sangat memengaruhi risiko kanker payudara, terutama bila Anda termasuk orang yang minum dua hingga lima gelas alkohol sehari. Begitu pula dengan mengonsumsi anggur, karena tiga sampai enam gelas anggur dalam seminggu, dapat meningkatkan risiko kanker payudara sebanyak 15 persen.

Terlambat makan

Hal ini berhubungan dengan kadar glukosa pada tubuh. Saat makan, tubuh memecah gula dan pati menjadi glukosa yang masuk ke dalam aliran darah. Glukosa ini kemudian diarahkan oleh insulin untuk masuk ke dalam sel-sel tubuh, sehingga menjadi energi. Kurangnya insulin dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat dan tetap tinggi, yang secara bersamaan dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Bekerja hingga larut

Jadwal untuk bekerja di malam hari memang sulit untuk dihindari. Namun, berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam jurnal Occupational and Environmental Medicine 2012, mengungkapkan bahwa wanita yang bekerja hingga malam hari, berisiko empat kali lebih tinggi untuk mengalami kanker payudara, dibandingkan mereka yang bekerja di siang hari.




Fokus : Kanker payudara


#Kanker #Payudara
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
3 minggu yang lalu

Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
Liputan Khusus - 3 minggu yang lalu

UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
Liputan Khusus - 4 minggu yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

+Indeks