7 Manfaat Mandi Air Hangat

Oleh : Dirk/cosmo | Selasa, 30 Juli 2019 | 08:10 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Sering kali kita menggunakan air hangat untuk mandi pada saat malam hari.Berendam atau mandi air hangat ternyata memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya?

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Berendam air hangat sangat baik bagi kesehatan leher karena air tersebut dapat berpengaruh pada tekanan fisik sekaligus meningkatkan kapasitas hati kita. Ketika kita berada di dalam air, jantung akan bekerja lebih cepat dan lebih kuat.

2. Membantu kita tidur lebih nyenyak

Air panas dapat membuat tubuh lebih rileks yang sangat berpengaruh bagi tidur yang baik. Ketika tubuh  memasuki mandi air hangat, air panas dapat meningkatkan suhu tubuh dan melemaskan otot-otot. Relaksasi otot-otot tidak hanya membantu kita rileks secara fisik, tetapi juga mental, dan banyak dari kita membutuhkan ketenangan pikiran setelah melakukan beragam aktivitas.

3. Menurunkan tekanan darah

Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa berendam dalam air panas dapat menurunkan tekanan darah.

4. Menurunkan berat badan

Studi lain menunjukkan bahwa orang yang menderita diabetes dan rendam dalam bak mandi air panas secara teratur dapat mengurangi tingkat gula dan glukosa dalam darah. Studi ini menemukan bahwa berendam dalam air panas selama sekitar 20-30 menit dalam 6 hari seminggu dapat membuat ia kehilangan hampir 2,5 pon atau setara dengan 2 kilo. Wow!

5. Membersihkan kulit

Meskipun saat mandi kita dapat membersihkan kulit, ternyata berendam air panas akan membuat kulit kita lebih bersih lho. Setelah berendam air panas, pori-pori akan terbuka, dan dapat membersihkan kotoran dan racun di kulit kita. Hasilnya setelah berendam, perasaan segar dan kulit lebih bersih.

6. Mengurangi sakit kepala

Sebagian besar sakit kepala disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah di kepala. Efek positif dari air panas adalah dapat menormalkan pembuluh darah kita serta meringankan tekanan pada pembuluh darah dan menyembuhkan sakit kepala kita.

7. Membantu meringankan gejala batuk dan flu

Uap panas dari mandi air panas bisa mengeringkan lendir yang menumpuk di tenggorokan kita, yang merupakan salah satu alasan paling umum dari sakit batuk terus-menerus. Selain itu, mandi air panas juga dapat meringankan gejala flu. Berendam air hangat 10-15 menit ditambah dengan istirahat yang baik dapat membantu kita merasa lebih baik. 




Fokus : Mandi


#Mandi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 43 menit yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

5 Cara Pintar Atasi Nyeri saat Haid

Wartakesehatan.com - Pada umumnya wanita merasakan nyeri atau kram perut saat haid (Dismenore) yang dapat berlangsung..
Ibu & Anak - 12 jam yang lalu

Penting! Ibu Hamil jaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum..
Mamin - 13 jam yang lalu

Basmi Jerawat Dengan Makanan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Wajah penuh jerawat dan terlihat kusam adalah tanda telah terjadi penumpukan racun dalam jumlah yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

ASUS VivoBook A409, Laptop Klasik dengan NanoEdge Display

Jakarta, Warkes.com - ASUS kembali menghadirkan laptop klasik mainstream ke pasaran Indonesia. Laptop sehari-hari yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

Sophia the Robot Gambaran Kecerdasan Manusia di Atas Manusia Buatan

Jakarta, Warkes.com – Bagaimanapun pintarnya robot, tentu merupakan sebuah program yang dalam hal ini dibuat oleh..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Kembangkan Sayap Bisnis di Yogyakarta Toys Kingdom Buku Toko ke Tiga-nya

Yogyakarta, Warkes.com - Toys Kingdom, pusat mainan dan hobi untuk segala usia kembali membuka toko terbaru tepatnya di Jogja..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Waspada, Ruang AC bisa bikin Gemuk

Wartakesehatan.com - Di jaman yang sudah modern ini, AC tampaknya telah jadi bagian kehidupan kita sehari-hari. Di kantor,..

+Indeks