Rokok Elektrik Membahayakan Kesehatan Gigi

Oleh : Dirk/viva | Minggu, 18 Agustus 2019 | 20:20 WIB


(ilustrasi)

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rokok elektrik dapat membahayakan kesehatan gigi dan gusi layaknya menggunakan rokok konvensional.

"Kami menemukan bahwa ketika uap dari rokok elektrik dibakar, maka sel dalam mulut mengeluarkan protein anti peradangan yang dapat memicu stres pada sel. Hasilnya, stres ini dapat memicu beragai penyakit mulut," ujar Irfan Rahman, ketua peneliti yang merupakan Profesor di Universiy of Rochester School of Medicine and Dentistry Amerika Serikat.

Hampir semua rokok elektrik terdiri dari baterai, komponen pemanas dan catridge untuk menampung cairan (biasanya mengandung perisa, nikotin dan senyawa kimia lain). Rokok elektronik ini akan memanaskan cairan dari dalam catridge mengubahnya menjadi uap yang dihirup oleh penggunanya.

Sebelumnya para peneliti mengira bahwa senyawa yang ditemukan dalam asap rokok adalah penyebab gangguan kesehatan penggunanya, namun dari sebuah data ilmiah termasuk sebuah penelitian yang di publish dalam jurnal Oncotarget menunjukkan hasil yang berbeda.

"Seberapa banyak dan seberapa sering seseorang menghisap rokok elektrik akan menentukan seberapa besar bahaya yang akan menimpa gusi dan giginya." kata Rahman.

Dalam studi yang dilakukan oleh University of Rochester Medical Center ditemukan bahwa perisa dalam cairan rokok elektrik ini juga berperan dalam memicu kerusakan sel dalam mulut.

"Kami menemukan bahwa zat perisa dalam rokok ini membuat kerusakan pada sel dalam mulut semakin parah." ujar Fawad Javed selaku peneliti.

"Penting untuk diingat bahwa rokok elektrik mengandung nikotin, zat yang selama ini dikenal memicu penyakit pada gusi," ujarnya.




Fokus : Rokok Elektrik


#Kesehatan #Rokok #Gigi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Diet Tinggi Gula Dapat Memengaruhi Kualitas Sperma

Wartakesehatatan.com - Tak hanya gula darah, tetapi makanan dan minuman manis bisa berpengaruh pada kesehatan..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Kondisi Kaki yang Bisa Mengungkap Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Mulai sekarang jangan sepelekan kondisi kakimu. Seperti diktuip dari everyday health, kondisi kaki bisa..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Tips Pulihkan Rasa Lelah Usai Pulang Kerja

Wartakesehatan.com-Kelelahan setelah pulang bekerja merupakan hal yang tidak bisa dihindari, karenanya Anda perlu mencari cara..
10 jam yang lalu

Cara Mengatasi Alergi Yang Kumat

Wartakesehatan.com-Alergi terjadi karena sistem imun Anda salah mengira zat yang pada dasarnya tidak berbahaya sebagai ancaman..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Stres Berat Bisa Sebabkan Gangguan Jiwa

Wartakesehatan.com-Pada dasarnya, stress merupakan cara tubuh melindungi diri dari bahaya sehingga membuat kita tetap fokus,..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Tips Mengatasi Bornout Saat Bekerja

Wartakesehatan.com-Bornout synndrome adalah sebuah kondisi stres kronis yang berhubungan dengan pekerjaan...
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Mudah

Wartakesehatan.com - Penyakit jantung disebut penyakit yang banyak merenggut nyawa. Oleh karena itu ada beberapa cara menjaga..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Gula Aren Lebih Sehat Daripada Gula Putih

Wartakesehatan.com - Gula sering ditambahkan dalam berbagai makanan dan minuman. Namun hati-hati, jika berlebihan bisa..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

Bersepeda Menurunkan Resiko Beberapa Penyakit

Wartakesehatan.com - Rutin bersepeda juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko sejumlah penyakit kronis, seperti diabetes..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Manfaat Kesehatan Kacang-Kacangan Bagi Anda

Wartakesehatan.com - Nutritionist dari Metropolitan State University of Denver, Malena Perdomo, MS, RDN, CDE menuturkan..

+Indeks