Rokok Elektrik Membahayakan Kesehatan Gigi

Oleh : Dirk/viva | Minggu, 19 Mei 2019 | 15:05 WIB


(ilustrasi)

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rokok elektrik dapat membahayakan kesehatan gigi dan gusi layaknya menggunakan rokok konvensional.

"Kami menemukan bahwa ketika uap dari rokok elektrik dibakar, maka sel dalam mulut mengeluarkan protein anti peradangan yang dapat memicu stres pada sel. Hasilnya, stres ini dapat memicu beragai penyakit mulut," ujar Irfan Rahman, ketua peneliti yang merupakan Profesor di Universiy of Rochester School of Medicine and Dentistry Amerika Serikat.

Hampir semua rokok elektrik terdiri dari baterai, komponen pemanas dan catridge untuk menampung cairan (biasanya mengandung perisa, nikotin dan senyawa kimia lain). Rokok elektronik ini akan memanaskan cairan dari dalam catridge mengubahnya menjadi uap yang dihirup oleh penggunanya.

Sebelumnya para peneliti mengira bahwa senyawa yang ditemukan dalam asap rokok adalah penyebab gangguan kesehatan penggunanya, namun dari sebuah data ilmiah termasuk sebuah penelitian yang di publish dalam jurnal Oncotarget menunjukkan hasil yang berbeda.

"Seberapa banyak dan seberapa sering seseorang menghisap rokok elektrik akan menentukan seberapa besar bahaya yang akan menimpa gusi dan giginya." kata Rahman.

Dalam studi yang dilakukan oleh University of Rochester Medical Center ditemukan bahwa perisa dalam cairan rokok elektrik ini juga berperan dalam memicu kerusakan sel dalam mulut.

"Kami menemukan bahwa zat perisa dalam rokok ini membuat kerusakan pada sel dalam mulut semakin parah." ujar Fawad Javed selaku peneliti.

"Penting untuk diingat bahwa rokok elektrik mengandung nikotin, zat yang selama ini dikenal memicu penyakit pada gusi," ujarnya.




Fokus : Rokok Elektrik


#Kesehatan #Gigi #Rokok
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 12 jam yang lalu

Makanan yang bisa Atasi Insomnia

Wartakesehatan.com - Kekurangan tidur dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari menurunnya kondisi mental dan juga..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Bahanya 'Sleep Apnea' berujung Kematian

Wartakesehatan - Sleep Apnea Merupakan ganguan tidur yang menyebabkan nafas berhenti selama beberapa detik. Penyakit ini..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Pentingnya Mandi pada Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri masih banyak orang yang mengabaikan kebersihan tubuh atau bisa disebut dengan jarang..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Dampak Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Minimnya asupan air mineral, bisa berdampak pada kesehatan tubuh Anda lho. Tak hanya sembelit saja,..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Cara Mengetahui Kesehatan Rambut

Wartakesehatan.com - Penting sekali untuk mengetahui bagaimana perawatan rambut yang tepat sesuai jenis dan juga..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

7 Tips untuk Berhenti Merokok

Wartakesehatan - Beberapa perokok mungkin memiliki keinginan untuk berhenti merokok. Alasannya sederhana karena merokok..
Mamin - 18 jam yang lalu

Jaga Kesehatan Usus dengan 5 Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Usus merupakan organ tubuh yang harus dijaga agar selalu sehat dan bekerja secara optimal. Usus..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Tips Tetap Sehat di Tempat Kerja

Wartakesehatan.com - Selain waktu yang banyak dihabiskan di kantor, gaya hidup tidak sehat, kurang olahraga dan sering..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Cara Alami Ini Bisa Putihkan Gigi

Wartakesehatan.com - Hal yang satu ini mungkin aneh bagi masyarakat indonesia.Mencampurkan teh dengan sedikit susu..
Obat & Penyakit - 21 jam yang lalu

Sabun Anti Bakteri bisa atasi Bisul

Wartakesehatan - Bisul merupakan salah satu gangguan kulit yang umur terjadi. Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang..

+Indeks