Rokok Elektrik Membahayakan Kesehatan Gigi

Oleh : Dirk/viva | Minggu, 18 Agustus 2019 | 20:20 WIB


(ilustrasi)

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rokok elektrik dapat membahayakan kesehatan gigi dan gusi layaknya menggunakan rokok konvensional.

"Kami menemukan bahwa ketika uap dari rokok elektrik dibakar, maka sel dalam mulut mengeluarkan protein anti peradangan yang dapat memicu stres pada sel. Hasilnya, stres ini dapat memicu beragai penyakit mulut," ujar Irfan Rahman, ketua peneliti yang merupakan Profesor di Universiy of Rochester School of Medicine and Dentistry Amerika Serikat.

Hampir semua rokok elektrik terdiri dari baterai, komponen pemanas dan catridge untuk menampung cairan (biasanya mengandung perisa, nikotin dan senyawa kimia lain). Rokok elektronik ini akan memanaskan cairan dari dalam catridge mengubahnya menjadi uap yang dihirup oleh penggunanya.

Sebelumnya para peneliti mengira bahwa senyawa yang ditemukan dalam asap rokok adalah penyebab gangguan kesehatan penggunanya, namun dari sebuah data ilmiah termasuk sebuah penelitian yang di publish dalam jurnal Oncotarget menunjukkan hasil yang berbeda.

"Seberapa banyak dan seberapa sering seseorang menghisap rokok elektrik akan menentukan seberapa besar bahaya yang akan menimpa gusi dan giginya." kata Rahman.

Dalam studi yang dilakukan oleh University of Rochester Medical Center ditemukan bahwa perisa dalam cairan rokok elektrik ini juga berperan dalam memicu kerusakan sel dalam mulut.

"Kami menemukan bahwa zat perisa dalam rokok ini membuat kerusakan pada sel dalam mulut semakin parah." ujar Fawad Javed selaku peneliti.

"Penting untuk diingat bahwa rokok elektrik mengandung nikotin, zat yang selama ini dikenal memicu penyakit pada gusi," ujarnya.




Fokus : Rokok Elektrik


#Kesehatan #Gigi #Rokok
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 51 menit yang lalu

Waspada, Stres Pengaruhi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata stres berkaitan dengan mengalami serangan jantung, hal ini ditemukan oleh..
Mamin - 12 jam yang lalu

Makanan Terbaik untuk Program Diet Anda

Wartakesehatan.com - Saat memilih jenis makanan, anda harus memilih makanan yang terutama mengandung serat lebih banyak,..
Obat & Penyakit - 13 jam yang lalu

Obati Batuk dan Flu dengan Kunyit

Wartakesehatan - Musim hujan yang datang tak menentu sering membawa bakteri dan virus yang bisa membuat kita mengalami..
Mamin - 14 jam yang lalu

Makanan Cepat Saji bisa Merusak Hormon

Wartakesehatan - Bila Anda ingin sehat, sebaiknya lupakan kesukaan mengonsumsi makanan cepat saji atau fast..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Konsumsi Buah Naga

Wartakesehatan.com - Buah naga termasuk dalam tanaman kaktus-kaktusan. Buah naga ada yang berwarna merah dan ada yang..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Menangis Membuang Racun Pada Tubuh

Wartakesehatan.com - Air mata yang menetes berasal dari kelenjar lakrimal atau saluran air mata. Tak hanya untuk meluapkan..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Tidur Siang bisa Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

4 Asupan Sehat Ini Ternyata picu Ngantuk Siang Hari

Wartakesehatan - Untuk membangkitkan semangat tubuh, mungkin kita bisa memanfaatkan khasiat dengan mengkonsumsi beberapa..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Mulai Memasuki Masa Menopause, Ini Ciri-cirinya

Wartakesehatan.com - Menurut penelitian, wanita yang akan memasuki masa menopause akan dimulai dengan tanda terjadinya:-..
Ibu & Anak - 21 jam yang lalu

Alasan Ilmiah Ibu Hamil Dilarang Merokok

Wartakesehatan.com - Wanita hamil dilarang konsumsi jamu, tidak boleh olahraga terlalu berat, tidak boleh terlalu capek dan..

+Indeks