5 Efek Samping Sering Konsumsi Teh Hijau

Oleh : Dirk Christ | Senin, 20 Mei 2019 | 12:00 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Penggunaan teh hijau dalam dunia medis dianggap membantu melawan radikal bebas, menyembuhkan diabetes dan gigi berlubang, menghambat pertumbuhan kanker dan menurunkan kolesterol. Belum lagi kandungan L-tehanine di dalamnya yang dapat mengurangi kecemasan dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Namun di balik semua manfaat yang terkandung dalam teh hijau, ternyata ada beberapa efek samping mengonsumsi teh hijau. Melansir 1health.id, berikut uraiannya:

1. Sakit kepala
Jika mengonsumsi teh hijau untuk waktu yang sangat lama, Anda bisa menderita sakit kepala ringan dalam jangka panjang. Hal ini akan menyebabkan sakit kepala akut yang bersumber dari kafein dalam minuman.

2. Gangguan tidur
Disarankan untuk tidak mengonsumsi teh hijau sebelum tidur. Kafein yang terkandung di dalamnya akan membuat Anda tetap terjaga. Teh hijau juga mengandung asam amino L-tehanine, yang disebut dapat menenangkan dan membantu Anda berkonsentrasi dengan baik, namun hal ini justru akan membuat Anda sulit untuk tidur. Kafein yang terkandung dalam teh hijau ini juga akan menyebabkan insomnia, iritabilitas dan kegelisahan.

3. Gangguan ginjal
Polifenol dalam teh hijau dapat bermanfaat untuk mencegah kanker dan penyakit jantung. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah besar, hal ini akan menyebabkan masalah kesehatan tertentu di hati juga ginjal.

4. Detak jantung tak teratur
Kandungan kafein dalam teh hijau juga dapat mempercepat detak jantung dan menyebabkannya menjadi tidak teratur. Hal ini juga menyebabkan palpitasi jantung yang kemudian menimbulkan nyeri di bagian dada dan perubahan mendadak pada denyut jantung normal sehingga menimbulkan risiko kesehatan serius.

5. Diabetes
Seseorang yang menderita diabetes harus menghindari terlalu banyak minum teh hijau, karena dapat mengganggu kontrol gula darah. Pasien dengan diabetes tipe 2 juga tidak disarankan minum teh hijau karena dapat menyebabkan gangguan pada tingkat insulin.




Fokus : Teh Hijau


#Teh #Teh Hijau
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 11 jam yang lalu

Makanan yang bisa Atasi Insomnia

Wartakesehatan.com - Kekurangan tidur dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari menurunnya kondisi mental dan juga..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Bahanya 'Sleep Apnea' berujung Kematian

Wartakesehatan - Sleep Apnea Merupakan ganguan tidur yang menyebabkan nafas berhenti selama beberapa detik. Penyakit ini..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Pentingnya Mandi pada Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri masih banyak orang yang mengabaikan kebersihan tubuh atau bisa disebut dengan jarang..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Dampak Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Minimnya asupan air mineral, bisa berdampak pada kesehatan tubuh Anda lho. Tak hanya sembelit saja,..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Cara Mengetahui Kesehatan Rambut

Wartakesehatan.com - Penting sekali untuk mengetahui bagaimana perawatan rambut yang tepat sesuai jenis dan juga..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

7 Tips untuk Berhenti Merokok

Wartakesehatan - Beberapa perokok mungkin memiliki keinginan untuk berhenti merokok. Alasannya sederhana karena merokok..
Mamin - 17 jam yang lalu

Jaga Kesehatan Usus dengan 5 Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Usus merupakan organ tubuh yang harus dijaga agar selalu sehat dan bekerja secara optimal. Usus..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Tips Tetap Sehat di Tempat Kerja

Wartakesehatan.com - Selain waktu yang banyak dihabiskan di kantor, gaya hidup tidak sehat, kurang olahraga dan sering..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Cara Alami Ini Bisa Putihkan Gigi

Wartakesehatan.com - Hal yang satu ini mungkin aneh bagi masyarakat indonesia.Mencampurkan teh dengan sedikit susu..
Obat & Penyakit - 20 jam yang lalu

Sabun Anti Bakteri bisa atasi Bisul

Wartakesehatan - Bisul merupakan salah satu gangguan kulit yang umur terjadi. Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang..

+Indeks