Gorengan Tetap Sehat dengan Mminyak Zaitun

Oleh : nurul kinanti | Selasa, 21 Mei 2019 | 12:10 WIB



Wartakesehatan.com - Bagi Anda pecinta makanan gurih dan renyah ini, makan gorengan sebenarnya bisa tetap sehat, kok. Asalkan, gunakan minyak zaitun saat menggorengnya.

Minyak zaitun mungkin lebih sering dikenal untuk mengolah salad atau pasta. Tapi jangan salah, minyak yang telah dikenal sehat ini juga bisa digunakan untuk menggoreng, baik menumis atau deep fried.

Tetap sehat dengan minyak zaitun

Dijelaskan oleh ahli gizi Emilia Achmadi, terlalu banyak makan gorengan memang bisa memicu masalah kesehatan. Tapi, Anda bisa menyiasatinya dengan mengganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun yang memiliki kandungan lemak sehat. Sebab, bagaimanapun juga tubuh tetap membutuhkan lemak.

“Lemak itu penting, tapi jenis lemak yang dikonsumsi harus benar. Bahkan, olahragawan membutuhkan lemak untuk beraktivitas,” ucap Emilia pada Kamis (16/5) lalu acara “Sertifikasi Halal Bertolli Olive Oil”.

Menurutnya, salah satu jenis minyak yang cukup sehat untuk dikonsumsi adalah olive oilatau minyak zaitun. Kandungan lemak sehat di dalam minyak zaitun cukup tinggi, yakni 73 persen.

Disebutkan oleh Alberto Perez Martin selaku Head of Asia dari Bertolli Olive Oil, minyak zaitun kini semakin diminati masyarakat Indonesia karena selain memberikan cita rasa tersendiri, minyak ini juga lebih sehat.

Dan tentunya, dengan mendapatkan sertifikasi halal dari MUI, kini Anda yang beragama Muslim bisa lebih tenang dalam mengonsumsinya.

“Dalam proses sertifikasi, MUI melihat langsung proses dari pemetikan bahan hingga proses akhirnya. Kini umat Muslim bisa tenang memilih Bertolli,” jelas Alberto. Jadi, selain sehat, Bertolli Olive Oil juga dijamin halal untuk dikonsumsi.

Pertimbangkan cara mengolah makanan

Dijelaskan oleh Emilia, manfaat dari jenis minyak ini adalah mencegah peradangan, diabetes, kolesterol, serta penyakit jantung. Tak hanya itu, minyak zaitun juga dapat membantu penurunan berat badan hingga mencegah penuaan dini.

Hal ini karena lemak sehat mampu menurunkan kadar LDL yang juga dikenal sebagai lemak jahat. Selain itu, minyak zaitun juga merupakan sumber antioksidan yang baik bagi tubuh.

Itulah sebabnya, dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter mengatakan bahwa cara memasak rendah kolesterol wajib Anda ketahui untuk menghindari risiko penyakit berbahaya. Dengan memahami cara memasak yang sehat, Anda dapat sekaligus mengajak keluarga untuk ikut menjalankan gaya hidup sehat.

“Minyak zaitun merupakan salah satu komponen utama dalam diet sehat Mediterania. Anda dapat menggunakannya ketika hendak memasak pasta atau salad, atau bahkan sebagai pengganti mayones,” terangnya.

Minyak ini juga bisa Anda gunakan untuk menggoreng secara deep fried, untuk mendapatkan tekstur makanan yang renyah. Menarik, kan? Karena ternyata gorengan juga bisa sehat tergantung bagaimana cara pengolahannya.

Selain mempertimbangkan berbagai hal di atas, untuk tetap sehat, dr. Alvin mengingatkan Anda untuk selalu menerapkan pola hidup sehat, termasuk dalam hal mengontrol asupan makanan.

Pola makan merupakan salah satu komponen gaya hidup sehat. Selain menjaga asupan, usahakan hindari kebiasaan tidak sehat seperti merokok dan konsumsi minuman beralkohol. Cara ini juga bisa membantu Anda dalam menangkal stres,” jelasnya

Makan gorengan mungkin sulit dihindari, terutama di bulan puasa seperti saat ini. Namun, Anda tetap bisa menjaga kesehatan meski mengonsumsi makanan yang digoreng, lewat cara mengganti jenis minyak biasa dengan minyak zaitun




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

6 Tanda Paru-paru Anda Bermasalah

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri paru-paru adalah salah satu organ vital yang sangat dibutuhkan tubuh..
Seks - 5 jam yang lalu

3 Tanda Keputihan Tidak Normal

Wartakesehatan.com - Keputihan tentu sangat mengganggu wanita, keputihan juga bisa menjadi sinyal mengenai kondisi..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Tingkatkan Stamina dengan 5 Tips ini!

Wartakesehatan -  Menjaga stamina tubuh sangat penting. Stamina mempunyai peranan yang sangat penting pada tubuh..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Bahaya, Jika Menelan Permen Karet

Wartakesehatan - Mengunyah permen karet adalah hal yang pernah dilakukan setiap orang, selain itu bagi beberapa orang..
Mamin - 9 jam yang lalu

Ini Bahaya Konsumsi Makanan yang Dibakar

Wartakesehatan.com - Siapa yang tak suka makanan yang dibakar atau dipanggang? Berbagai makanan barbecuesangatlah..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Awas, Sering Jabat Tangan picu Penyakit

Wartakesehatan.com - Berjabat tangan memang lazim untuk dilakukan saat bersosialisasi. Sebab jabat tangan merupakan..
Obat & Penyakit - 10 jam yang lalu

Cermati 5 Gejala Awal Stroke

Wartakesehatan.com - Stroke kini tak hanya menghinggapi orang yang berusia lanjut. Bahkan, menurut American Heart..
Obat & Penyakit - 12 jam yang lalu

Kebiasaan Nonton TV Berisiko Gangguan Paru-paru

Wartakesehatan.com - Tak bisa dipungkiri hampir sebagian besar orang tentu menyukai melihat atau menonton televisi dalam..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

4 Manfaat Bermain bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Menurut Anda, bermain bagi orang dewasa adalah kegiatan yang tabu, kegiatan yang sudah tidak lagi..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Studi: Taoge bisa Turunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Penelitian yang dilakukan oleh Astawan dkk. (1998) juga menunjukkan kecambah kedelai mempunyai..

+Indeks