Ngemil Sehat Usai Buka Puasa

Oleh : Dirk/riaupos | Selasa, 21 Mei 2019 | 19:10 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Setelah waktunya berbuka puasa, keinginan ngemil biasanya akan meningkat di malam hari. Nah, agar gula darah dan bobot tak ikut-ikutan naik, siasati dengan memilih camilan yang tepat. Seperti apa?

Menurut Dr dr Samuel Oetoro, MS, SpGK dari MRCCC Siloam Hospital Semanggi, tak ada yang salah dengan kebiasaan ngemil di malam hari. Ngemil boleh-boleh saja, tapi camilan yang dipilih harus yang sehat.

"Jangan pilih camilannya yang terlampau manis dan berat seperti cake atau brownies. Camilannya harus yang sehat, yaitu yang tinggi serat. Yang paling gampang ya sayuran, salad, atau agar-agar. Tapi hati-hati, cara membuat agar-agar yang salah justru bikin asupan itu tidak sehat," pungkas dr Samuel.

Jika biasanya saat membuat agar-agar gula yang digunakan cukup banyak agar rasanya manis, maka dr Samuel menyarankan Anda untuk tidak lagi demikian. Untuk memberikan rasa manis alami tanpa mengurangi nutrisinya, Anda bisa menggunakan air kelapa.

"Campur air kelapa dengan agar-agar bubuk, dipanaskan sampai mendidih lalu didiamkan sampai dingin. Setelah itu tuang ke cetakan, daging kelapanya dikerok dan dimasukkan ke cetakan juga. Didinginkan di kulkas, itu rasanya enak. Manis tapi sehat, karena manisnya dari air kelapa," tutur dr Samuel.

dr Samuel menekankan pentingnya untuk melupakan rasa manis, terutama untuk urusan camilan. Ini karena selain dapat meningkatkan risiko diabetes, tambahan rasa manis juga membuat Anda ketagihan ngemil sehingga kenaikan berat badan juga menjadi salah satu risikonya




Fokus : Ngemil


#Puasa
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 11 jam yang lalu

Makanan yang bisa Atasi Insomnia

Wartakesehatan.com - Kekurangan tidur dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari menurunnya kondisi mental dan juga..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Bahanya 'Sleep Apnea' berujung Kematian

Wartakesehatan - Sleep Apnea Merupakan ganguan tidur yang menyebabkan nafas berhenti selama beberapa detik. Penyakit ini..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Pentingnya Mandi pada Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri masih banyak orang yang mengabaikan kebersihan tubuh atau bisa disebut dengan jarang..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Dampak Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Minimnya asupan air mineral, bisa berdampak pada kesehatan tubuh Anda lho. Tak hanya sembelit saja,..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Cara Mengetahui Kesehatan Rambut

Wartakesehatan.com - Penting sekali untuk mengetahui bagaimana perawatan rambut yang tepat sesuai jenis dan juga..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

7 Tips untuk Berhenti Merokok

Wartakesehatan - Beberapa perokok mungkin memiliki keinginan untuk berhenti merokok. Alasannya sederhana karena merokok..
Mamin - 17 jam yang lalu

Jaga Kesehatan Usus dengan 5 Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Usus merupakan organ tubuh yang harus dijaga agar selalu sehat dan bekerja secara optimal. Usus..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Tips Tetap Sehat di Tempat Kerja

Wartakesehatan.com - Selain waktu yang banyak dihabiskan di kantor, gaya hidup tidak sehat, kurang olahraga dan sering..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Cara Alami Ini Bisa Putihkan Gigi

Wartakesehatan.com - Hal yang satu ini mungkin aneh bagi masyarakat indonesia.Mencampurkan teh dengan sedikit susu..
Obat & Penyakit - 20 jam yang lalu

Sabun Anti Bakteri bisa atasi Bisul

Wartakesehatan - Bisul merupakan salah satu gangguan kulit yang umur terjadi. Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang..

+Indeks